9 Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah

Beberapa peristiwa kebakaran hutan ini disebut sebagai kebakaran hutan terbesar dalam sejarah

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Sep 2015, 06:05 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2015, 06:05 WIB
9 Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah
Beberapa peristiwa kebakaran hutan ini disebut sebagai kebakaran hutan terbesar dalam sejarah

Citizen6, Jakarta Kebakaran hutan adalah sebuah kebakaran yang terjadi di alam liar tetapi juga dapat menghanguskan rumah-rumah dan lahan pertanian di sekitarnya. Penyebab umum dari terjadinya kebakaran hutan adalah petir, akibat ulah manusia, maupun pembakaran.

Di penghujung abad ke-20 bumi kita kehilangan hutan sebanyak 25 juta hektar akibat kebakaran. Peristiwa ini berdampak langsung pada ekosistim global dengan naiknya emisi karbon dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kebakaran hutan merupakan bencana lingkungan terbesar sepanjang abad.

Berikut 8 Kebakaran Hutan Terbesar Dalam Sejarah yang melanda bumi.

1. Kebakaran Hutan Chelan, Oregon

Api yang semula berasal dari kilat di Chelan, Washington, terus meluas. Sampai ke 10 negara bagian Amerika, yaitu Oregon, Washington, Idaho, Montana, California, Nevada, North Carolina, Louisiana, Texas and Arizona pada bulan Agustus 2015.

Oleh karena itu, petugas pemadam pun ditambah sampai sebanyak 30 ribu orang. Apalagi, Pusat Pemadam Kebakaran Nasional mencatat sudah sebanyak 2,9 juta hektar wilayah terbakar. Selain itu, ditemukan 41.194 titik api dan menghanguskan 1.074 bangunan.

Begitu mendesaknya bencana kebakaran ini, sampai-sampai Amerika meminta bantuan kepada Australia untuk menjinakkan si jago merah. Amerika juga menerjunkan militernya untuk membantu para pemadam kebakaran.

2. Kebakaran Hutan Peshtigo, Wisconsin

Kebakaran hutan yang terjadi pada 8 Oktober 1871 di hutan Peshtigo, Wisconsin, Amerika Serikat ini menghanguskan lebih dari 3,5 juta hektar lahan hutan dan menewaskan 2.500 orang di Wisconsin. 

3. Kebakaran Hutan Hinckley, Minnesota

Kebakaran Hinckley adalah kebakaran besar yang terjadi pada tanggal 1 September 1894 yang membakar area minimal 810 km² , mungkin lebih dari 1000 km², termasuk kota Hinckley dan Minnesota. Api membunuh ratusan orang, dengan jumlah minimum diperkirakan 418 korban jiwa. Namun, beberapa ahli percaya angka sebenarnya dari korban yang meninggal mendekati hampir 800 korban jiwa. Jika demikian, kebakaran ini adalah kedua paling mematikan dalam sejarah Minnesota setelah peristiwa Cloquet. 

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya