4 Tempat di Dunia Jadi Zona Terlarang Dilewati Pesawat

Sejumlah tempat ini melarang pesawat melintas demi keselamatan penumpang.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Okt 2018, 16:03 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2018, 16:03 WIB
Pesawat Tergelincir dan Jatuh
Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap penerbangan memiliki rute khusus untuk mencapai tujuan tertentu. Saat pesawat mengudara, ternyata tak semua wilayah di langit bisa bebas dilintasi begitu saja.

Pilot juga harus meminta izin pada lembaga otoritas yang memberikan navigasi penerbangan ketika pesawat sedang mengudara. Pasalnya, ada sejumlah rute yang tidak boleh dilewati.

Alasannya pun bisa beragam. Namun, pelarangan itu sengaja diberlakukan untuk menjaga keselamatan penumpang. Dilansir dari berbagai sumber, ini sejumlah tempat di dunia yang dilarang dilintasi pesawat.

1. Afrika

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Afrika
Ilustrasi Foto Afrika (iStockphoto)

Menurut data Asosiasi Penerbangan Udara Internasional (IATA), Afrika paling rawan dilintasi pesawat. Angka kecelakaan di negara itu sebanyak 6,83 per 1 juta penerbangan pada 2009 hingga 2013. Ini merupakan angka tertinggi di dunia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


2. Rusia

Video Detik-detik Jatuhnya Pesawat Rusia Setelah Ditembak Turki
Inilah video yang merekam kejadian pesawat Rusia yang jatuh setelah ditembak oleh Turki.

Rusia yang dahulu bernama Uni Soviet, melarang penerbangan melintasi negaranya. Menurut data IATA, angka kecelakaan di Eropa sebanyak 0,24 per 1 juta penerbangan. Korban pesawat yang melintasi negara ini adalah Malaysia Airlines MH17. Maskapai tersebut jatuh saat memasuki wilayah udara Ukraina.


3. Inggris

Rahasia Istana Buckingham yang Belum Banyak Terungkap
Rahasia Istana Buckingham yang Belum Banyak Terungkap

Wilayah Buckingham Palace di London, Inggris, juga dilarang dilintasi pesawat. Alasannya, karena bangunan itu sangat penting bagi warga London. Selain Buckingham Palace, Kastil Windsor, Downing Street dan Gedung Parlemen juga dilarang dilintasi karena alasan keamanan.


4. Merritt Island Florida

Ini 4 Tempat di Dunia yang Melarang Pesawat Melintas
(Foto: Wikipedia) Pulau Merrit di Florida, Amerika Serikat melarang pesawat komersil untuk terbang di langit mereka.

Wilayah di AS yang dilarang dilintasi pesawat adalah Merrit Island. Pesawat dilarang melintasi wilayah ini sejauh 5000 kaki di atasnya. Merrit Island merupakan markas Kennedy Space Center milik Nasa. Jadi, jika saat peluncuran roket, tak ada pemberitahuan sebelumnya. Dan itu mengancam penerbangan biasa.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya