Mason Greenwood Akan Jalani Persidangan Atas Dugaan Kekerasan dan Pemerkosaan Tahun Depan

Penyerang Manchester United, Mason Greenwood dikabarkan bakal menjalani persidangan untuk diadili dengan dugaan kekerasan, pemerkosaan dan pengancaman terhadap kekasihnya yakni Harriet Robson, pada 27 November 2023.

oleh Muhammad Farhan diperbarui 22 Nov 2022, 07:45 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 07:45 WIB
Foto: Mason Greenwood
Mason Greenwood tiba di pengadilan kota Manchester atas tuduhan percobaan kekerasan dan pemerkosaan terhadap kekasihnya. (Dok. The Sun)

Liputan6.com, Jakarta- Penyerang Manchester United, Mason Greenwood akan menjalani persidangan untuk diadili atas dugaan kekerasan, pemerkosaan dan pengancaman kepada kekasihnya, yakni Harriet Robson, pada 27 November 2023 mendatang.

Sky Sports melaporkan bahwa per Selasa (22/11) Mason Greenwood dibebaskan dengan jaminan hingga 10 Februari 2023 usai pesepakbola itu muncul di Minshull Street Crown Court, kota Manchester dalam menghadapi tiga dakwaan tersebut.

Pemain asal Inggris yang hadir mengenakan jas hitam, kemeja putih dan dasi hitam itu berbicara hanya untuk memastikan nama dan tanggal lahirnya serta tidak mengajukan pembelaan selama sidang singkat. Hakim Maurice Greene sudah memberikan Greenwood jaminan dengan kondisi yang sama untuk bebas bersyarat pada bulan lalu setelah sidang pribadi.

Sebelum persidangan ini, Mason Greenwood sudah menjalani persidangan pertamanya pada Januari lalu, dengan tuduhan kekerasan, pemukulan, dan percobaan pemerkosaan terhadap seorang wanita muda usai foto dan video dirinya diposting ke akun Instagram.

Selain itu untuk kronologinya, Greenwood melakukan perilaku mengontrol dan memaksa dalam periode antara November 2018 dan Oktober tahun ini, di mana dia diduga telah membuat komentar yang mengancam dan merendahkan pelapor, serta mengakses hingga memantau akun media sosialnya.

Selanjutnya, upaya pemerkosaan pada Oktober 2021 dan penyerangan sampai menyebabkan cedera fisik terhadap Harriet Robson, Desember 2021. Meski demikian, Mason Greenwood telah diskors oleh Manchester United hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Bahkan pihak Nike juga memutus kontrak Greenwood sebagai brand ambassador dan Electronic Arts (EA) sudah mengeluarkan Greenwood dari FIFA 22. Alhasil ini semua adalah akibat dari tindakan kriminalnya. 


Sempat Dibebaskan Bersyarat, Malah Ketangkap lagi

Foto: Mason Greenwood
Mason Greenwood mengenakan jas hitam dan kemeja putih di dalamnya sambil menunduk untuk hadir ke persidangan secara singkat. (Dok. Sky Sports)

Sebelum Mason Greenwood menjalani persidangan singkat pada Senin (21/11/2022) kemarin waktu setempat dikabarkan penyerang asal Inggris itu tertangkap lagi. Dirinya terciduk melakukan tindakan yang sama dari sebelumnya yaitu pemerkosaan, pemaksaan, dan kekerasan fisik seorang wanita yang tak bisa disebutkan, Sabtu (18/10) lalu.

Setan Merah merespon hal tersebut bahwa akan tetap menangguhkan status sang pemain hingga proses hukum pidana selesai.

"Manchester United mencatat bahwa tuntutan pidana telah diajukan terhadap Mason Greenwood oleh Crown Prosecution Service. Dia tetap diskors oleh klub, menunggu hasil dari proses peradilan," tulis pernyataan MU, dikutip dari Daily Star.

Ini menjadi penangkapan keduanya dalam setahun. Pada Januari lalu, penyerang Timnas Inggris itu juga ditangkap atas kekerasan seksual dan fisik pada pacarnya, Harriet Robson.


Pernah Kena Skandal juga

Foto: Daftar Top Skor Sementara Liga Inggris 2021 / 2022, Manchester United Dominasi Klasemen
Mason Greenwood menjadi pencetak gol tunggal yang berhasil mengantarkan kemenangan Manchester United kala bertandang ke Wolves. Gol tersebut juga berhasil mencetak sejarah menyamai rekor Robbie Fowler. Ia tercatat sudah mengoleksi tiga gol hingga pekan ketiga Liga Inggris. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Mason Greenwood tak terlepas dari tindakan kriminal kala dunia masih dilanda pandemi Covid-19 yang dimana seluruh dunia khususnya Inggris tengah memberlakukan lockdown.

Saat itu, Greenwood bersama Phil Foden segera menjalani debut bersama timnas senior Inggris untuk melakoni pertandingan di Nations League 2020. Namun, kedua pemain tersebut diciduk oleh kepolisian setempat dengan melakukan skandal yaitu memasukan dua wanita ke dalam hotel.

Alhasil Greenwood dan Foden dicoret dari timnas Inggris. Tindakan itu dinilai melanggar protokol kesehatan untuk tidak mengajak siapapun masuk ke dalam kamar hotel demi terhindari dari virus Corona.


Sempat Digadang-gadang Calon Masa Depan MU

Foto: 5 Pesepak Bola yang Pernah Tersandung Kasus Kekerasan, Mason Greenwood Terbaru
Kasus penganiayaan Mason Greenwood ramai usai Harriet Robson mengunggah foto tubuhnya yang mengalami luka-luka dan lebam di Instagram Storynya pada Minggu (30/1/2022). Akibatnya, ia ditahan Kepolisian Manchester Raya setempat dan dibekukan dari skuad MU. (AFP/Paul Ellis)

Terlepas dari kasus pidananya, Mason Greenwood digadang-gadang calon bintang masa depan Manchester United karena bakat dan talentanya yang luar biasa.

Greenwood sendiri pemain paket komplit karena bisa mengisi berbagai posisi di lini serang. Lalu Greenwood juga dianugerahi punya kedua kakinya aktif hingga mengancam jala gawang tim lain.

Selanjutnya cara bermainnya bisa dibilang mirip Robin van Persie, di mana positioning dan timing serta mengambil keputusan menembak bola yang sangat mirip dengan striker asal Belanda tersebut.

Sejak promosi ke tim utama Setan Merah pada 14 April 2019 lalu, dia menyumbangkan 35 gol dan 12 assist dalam 129 pertandingan. Puncak kariernya saat musim 2020/2021 kala masih pandemi Covid-19 tanpa dihadiri penonton. Mason Greenwood tampil ganas bersama Anthony Martial dan Marcus Rashford kala itu mampu mengalahkan statistik milik trio Liverpool yakni Roberto Firmino, Sadis Mane, dan Mohamed Salah atau bisa disebut trio Firmansah.

Banner Infografis MU Menang 6 Kali Beruntun
Banner Infografis MU Menang 6 Kali Beruntun. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya