6 Drama Korea Ini Angkat Cerita soal Hukum dan Keadilan, Bikin Geregetan

Drama Korea atau drakor yang menceritakan tentang hukum dan bagaimana menegakkan keadilan akan membawa penontonnya menuntaskan kasus-kasus di pengadilan.

oleh Elly Purnama diperbarui 16 Des 2022, 17:39 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 17:30 WIB
Drama Korea Tentang Hukum
Drakor Extraordinary Attorney Woo, Vincenzo, Lawless Lawyer, Law School. (Foto: IMDb)

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea atau drakor bisa merebut hati penggemarnya dengan mengisahkan salah satu aspek dalam kehidupan, yaitu hukum. Menceritakan keadilan, drakor tentang hukum akan membawa penonton menggali setiap kasus dan tuntutan yang ada.

Penonton pun akan dibuat geregetan dengan kenyataan bahwa menjunjung keadilan itu tidaklah mudah. Namun, berkat kegigihan dan sikap jujur para karakter, "adil" bisa didapatkan oleh semua pihak.

Berikut ini enam drakor tentang hukum dan keadilan, terutama di Korea Selatan, dilansir Lifestyle Asia, Jumat (16/12/2022).

1. Extraordinary Attorney Woo

Drakor hukum yang menjadi sorotan utama tahun ini karena alur cerita dan penampilan aktingnya yang cerdik, Extraordinary Attorney Woo mengeksplorasi kehidupan seorang pengacara muda yang mengidap Sindrom Asperger.

Meskipun kondisinya membuatnya berbeda, kepandaian, kreativitas, dan kecerdasannya membuatnya tangguh di ruang sidang. Karunia ingatan yang luar biasa juga tak menghalangi, bahkan membuat karakter Woo Young Woo bisa unggul.

Meskipun demikian, dia berjuang dengan interaksi sosial dan membangun hubungan yang akrab dengan teman dan kolega. Kamu akan dibawa tertawa dan menangis pada saat-saat yang berbeda dalam drama ini.

2. Law School

Drakor ini berlatar belakang Sekolah Hukum Universitas Hankuk. Ceritanya, profesor Seo Byung Ju, seorang mantan jaksa ditemukan tewas dalam keadaan misterius. Profesor Yang Jong Hoon, yang juga seorang jaksa, serta mahasiswa baru Han Joon Hwi dan Kang Sol Ah bekerja untuk mengungkap kebenaran.

Jon Hoon, yang dikenal dengan sikap dinginnya, adalah tersangka utama. Drama ini menyuguhkan wawasan tentang sekolah hukum di Korea Selatan dan memiliki alur cerita menarik. Ditambah, penampilan akting dalam drakor tentang hukum ini sangat memukau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Vincenzo

Drama Korea
Song Joong Ki di serial Vincenzo. (Foto:Netflix)

Drakor tentang hukum yang sangat populer lainnya, Vincenzo menceritakan kisah seorang pengacara mafia (consigliere) Vincenzo Cassano, yang kembali ke Korea Selatan untuk menyelesaikan urusan yang belum tuntas.

Namun, seperti yang diharapkan, dia menemukan dirinya terlibat dalam kasus untuk menghentikan pembongkaran gedung apartemen yang penuh dengan penghuni eksentrik. Pengacara kelas atas Hong Cha Young juga hadir dengan tampilannya yang unik namun efektif di ruang sidang.

Film ini penuh aksi dan teka-teki. Kedua pemeran utama melawan para petinggi perusahaan dan sistem hukum, dengan tema utamanya adalah, "hanya kejahatan yang bisa menghukum kejahatan."

Sementara keadilan itu sendiri adalah subjek yang samar dalam drama ini, penggambaran kesetiaan, tekad, dan kecerdasan yang cepat dapat membuat penonton ketagihan dengan drakor satu ini.


4. Suspicious Partner

Drama Korea
Ji Chang Wook di serial Suspicious Partner. (Foto:Netflix)

Mungkin ini menjadi salah satu drakor paling populer yang berhubungan dengan hukum, Suspicious Partner mengisahkan jaksa Noh Ji Wook bersama trainee-nya Eung Bong Hee terjebak dalam kasus pembunuhan yang misterius.

Eung Bong Hee mengandalkan pengalaman Ji Wook, yang arogan dan ditakuti di ruang sidang untuk membersihkan namanya. Dalam perjalanan menuju keadilan, mereka menemukan serangkaian praktik hukum yang korup, detail yang menguras tenaga, dan cinta.

Ada banyak romansa dan komedi untuk meredakan ketegangan. Belum lagi, karakter-karakternya ditulis dengan cukup baik. Tentu saja, film ini layak ditonton.


5. Lawless Lawyer

Seo Ye Ji - Lawless Lawyes
Seo Ye Ji - Lawless Lawyer. (©tvN)

Drakor 16 episode yang penuh aksi ini menampilkan Bong Sang Pil, mantan gangster, yang menggunakan gelar sarjana hukumnya untuk membalas dendam atas pembunuhan ibunya dan memerangi korupsi. Sang Pil juga membuka kantor hukum di kampung halamannya untuk melancarkan aksinya.

 

6. Witch At Court

Drama ini mengisahkan Ma Yi Deum, seorang jaksa eksentrik yang tidak takut untuk bekerja di sekitar hukum untuk mendapatkan keadilan. Faktanya, dia memalsukan bukti, melakukan serangan pribadi, dan bahkan melakukan sumpah palsu.

Ma Yi Deum bertemu dengan seorang jaksa yang merupakan mantan psikolog anak, nantinya keduanya akan bekerja sama dalam suatu kasus.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya