Ketahui 3 Alasan Mengapa Kamu Sering Merasa Tidak Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya dapat disebabkan oleh banyak hal. Ketahui alasan mengapa kamu sering kali tidak percaya diri untuk mencari solusinya.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 08 Mar 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 18:05 WIB
Ketahui alasan mengapa kamu sering tidak percaya diri
Ketahui alasan mengapa kamu sering tidak percaya diri

Liputan6.com, Jakarta - Rasa percaya diri merupakan hal yang seharusnya dibangun sejak dini sebab rasa percaya diri dapat mendorong seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya.

Dalam hidup, tidak mengapa jika ada suatu hari di mana kamu merasa kurang percaya diri. Manusiawi jika kamu pernah merasa stres, lelah secara emosional sehingga menyebabkan mental yang tidak stabil dan timbul rasa tidak percaya diri. Pada saat seperti ini, kamu hanya perlu untuk memberikan waktu kepada dirimu sendiri untuk mengatasinya. 

Saat seseorang merasa tidak percaya diri, mereka akan mencoba menjauhkan diri dari orang lain karena timbulnya rasa insecure dan merasa dirinya tidak cukup baik jika dibandingkan dengan orang lain. Pada saat seperti ini, seseorang akan merasa bahwa dirinya berada pada titik terendah dalam hidup. 

Kurangnya rasa percaya diri dapat menyebabkan kamu tidak berkembang sehingga dapat menghambat pekerjaanmu atau bahkan pendidikanmu. Bisa jadi, rasa tidak percaya diri dalam dirimu disebabkan oleh ketidakmampuan akan sesuatu hal, atau bahkan bisa disebabkan oleh rasa benci pada dirimu sendiri. 

Namun, jika kamu hanya menyalahkan diri sendiri, kamu tidak akan berkembang dan stuck pada perasaan tidak percaya diri tersebut. Kamu akan terus menyalahkan dirimu sendiri tanpa melakukan apapun yang mengubah hidupmu atau pemikiranmu. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus tahu apa saja hal yang menjadi penyebab rasa tidak percaya diri yang ada dalam dirimu sehingga kamu dapat mengatasinya dan menjadi pribadi yang lebih baik. Seperti melansir dari Time Of India, Rabu (8/03/2023), berikut penjelasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengalaman Negatif jadi penyebab seseorang tidak percaya diri

Ilustrasi bad mood, sedih, kecewa
Ilustrasi bad mood, sedih, kecewa. (Photo by christopher lemercier on Unsplash)

Jika kamu memiliki masa lalu yang negatif, mungkin hal tersebut menjadi alasan utama kamu merasa tidak percaya diri. Masa lalu negatif yang kamu rasakan, berdampak dalam jangka panjang sehingga membuat dirimu merasa tidak percaya diri dalam melakukan suatu hal. 

Misalnya, kamu memiliki pengalaman negatif dalam melakukan suatu interaksi dengan teman. Kamu merasa insecure dan merasa bahwa temanmu lebih baik darimu sehingga rasa percaya diri yang kamu miliki berkurang.

Atau kamu memiliki pengalaman negatif saat melakukan presentasi di dalam kelas, kamu diberikan beberapa pertanyaan oleh teman-temanmu dan kamu tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa percaya dirimu menjadi rendah dan berdampak pada dirimu di masa depan. 

Jika kamu memiliki pengalaman yang buruk atau tidak berhasil dalam melakukan suatu hal, mungkin hal ini yang menyebabkanmu menjadi seorang yang tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat belajar untuk menerima dirimu sendiri dan belajar dari pengalaman sebelumnya untuk membuat dirimu menjadi lebih baik. 


Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain
Ilustrasi Bermain Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Membandingkan dirimu dengan orang lain dapat menjadi penyebab kurangnya rasa percaya diri yang kamu rasakan.

Jika kamu berada di suatu posisi di mana kamu akan membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan kehilangan kemampuan yang menggambarkan dirimu. Kemudian kamu akan merasa insecure dan merasa tidak cukup baik karena kemampuan yang kamu miliki tidak sebanding dengan kemampuan orang lain. 

Membandingkan dirimu sendiri artinya kamu tidak memiliki kepercayaan akan memampuan yang kamu miliki. Untuk itu, penting untuk menerima diri sendiri, mulai dari kekurangan atau bahkan kelebihan yang kamu miliki. Memfokuskan diri pada kemampuan yang dimiliki jauh lebih penting dibandingkan dengan harus membandingkannya dengan orang lain. 

 


Tidak Mendapat Dukungan

Ilustrasi Sedih
Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/sasint)

Saat kamu tidak mendapat dukungan, kamu akan merasa kurang percaya diri. Sebuah dukungan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan rasa percaya diri, apalagi jika dukungan tersebut diberikan oleh orang yang kamu sayangi.

Jika kamu memiliki seseorang yang percaya dan dapat mendorong dirimu, hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki orang yang mendukung dirimu atau seorang yang mendorong rasa semangat yang ada miliki, mungkin sulit untuk merasa percaya diri pada diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki.

Memiliki seseorang yang menyemangati dan memberi dukungan dalam semua aspek kehidupan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kamu merasa lebih mampu.

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya