Kerap Diabaikan, Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Mencuci Kain Berwarna Putih

Berikut ini deretan kesalahan yang kerap orang lakukan saat mencuci kain putih lengkap dengan tips mengatasinya.

oleh Camelia diperbarui 01 Jul 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci
Ilustrasi mesin cuci (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Tren warna setiap tahunnya tentu berubah-ubah tetapi warna putih tentunya tak pernah ketinggalan zaman. Tak heran jika ada banyak benda berwarna putih seperti seprai, handuk, dan taplak meja. Tentunya warna putih juga merupakan warna yang netral dan disukai banyak orang. 

Namun sayangnya mencuci kain linen berwarna putih tidaklah mudah. Meski terlihat simpel tapi nyatanya Anda perlu mengetahui cara yang benar mencuci kain berwarna putih. Jika salah, bukannya membuat kain putih menjadi bersih Anda justru bisa membuatnya menjadi kotor dan kusam. 

Sayangnya, mencapai titik itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ada banyak kesalahan yang kerap orang lakukan saat mencuci baju putih. Dengan pengalaman industri lebih dari 20 tahun, Wayne “The StainMaster” Edelman, CEO Meurice Garment Care, telah berhasil mengatasi noda yang paling sulit, dan ahli dalam mencuci pakaian putih. Dilansir dari Lifehacker, di bawah ini adalah tiga kesalahan cucian umum dan tips untuk mengatasinya:

1. Berpikir putih adalah ketiadaan warna

Hal pertama yang harus dipahami ialah putih bukanlah tanpa warna. Ya, putih itu adalah warna. “Sebagian besar berpikir bahwa kain berwarna putih pada intinya tidaklah berwarna,” kata Edelman. "Tapi tekstil putih pun sebenarnya diwarnai putih dan bisa memudar seperti warna lainnya." Itu mengapa jangan mencampur kain berwarna putih dengan warna lainnya saat mencuci. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Menggunakan pemutih berbahan dasar klorin

Pisahkan Pakaian Putih saat Dicuci
Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

Salah satu hal pertama yang dipelajari orang tentang mencuci pakaian adalah bahwa pemutih adalah cara paling efektif untuk membuat pakaian putih berkilau bersih. Tetapi pemutih dapat menyebabkan serat pada kain memburuk, dan meskipun dapat menghilangkan noda, pemutih juga dapat membuat cucian Anda lebih kuning daripada putih.

“Cara terbaik untuk mencerahkan dan mengembalikan linen atau handuk putih yang bernoda dan gelap adalah dengan merendamnya dalam air hangat [dan] deterjen, dan menggunakan pemutih berbahan dasar natrium,” kata Edelman.


3. Tidak langsung merendam pakaian usai terkena noda

Mencuci Baju - Vania
Ilustrasi Mencuci Baju/https://unsplash.com/Scott Evans

Tidak semua noda langsung muncul di seprai putih. “Noda bening seperti tabir surya, anggur putih, dan lem, mungkin tidak selalu terlihat pada perabotan atau handuk putih Anda, tetapi sebenarnya itu adalah noda gula dan akan menjadi karamel seiring waktu,” jelas Edelman. 

Inilah mengapa serbet atau handuk bisa menjadi putih setelah Anda mencucinya dan menyimpannya, kemudian terlihat kuning saat Anda menariknya keluar.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Edelman mengatakan bahwa Anda harus selalu merendam atau merawat linen putih jika Anda tahu ada sesuatu yang tumpah di atasnya, bahkan jika Anda tidak dapat melihat nodanya.


7 Cara Mencuci Baju yang Benar Agar Tidak Luntur dan Pudar

Tidak Langsung Mencuci Baju setelah Digunakan
Ilustrasi Tumpukan Baju Kotor Credit: unsplash.com/Annie

Cara mencuci baju yang benar agar tidak luntur dan pudar tentunya harus kamu ketahui. Apalagi hal ini terkait penampilanmu sehari-hari. Menggunakan baju yang luntur dan pudar tentunya akan meruntuhkan percaya diri. 

Siapa yang tidak suka dengan warna cerah pada pakaian. Apalagi untuk wanita, warna adalah hal yang penting untuk penampilan. Tentunya tidak keren rasanya memakai pakaian yang luntur karena salah mencuci atau sudah mulai pudar warnanya.

Cara mencuci baju yang benar harus benar-benar diperhatikan. Memang sangat tidak nyaman jika warna baju mulai luntur dan pudar, apalagi ini juga bisa membuat penampilan jadi tampak lusuh. Maka dari itu, kamu bisa memperhatikan beberapa kondisi dalam mencuci pakaian. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020) tentang cara mencuci baju yang benar agar tidak luntur dan pudar.

Selengkapnya...

Infografis 6 Tips Cuci Pakaian Hindari Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 6 Tips Cuci Pakaian Hindari Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya