10 Manfaat Konsumsi Anggur Hitam, Baik untuk Rambut hingga Kulit

Saat Anda mengonsumsi anggur hitam, Anda tidak hanya menikmati rasa manisnya yang segar tetapi juga mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat berkontribusi pada kesehatan Anda

oleh Camelia diperbarui 09 Nov 2023, 19:51 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2023, 18:01 WIB
10 Manfaat Konsumsi Anggur Hitam, Baik untuk Rambut hingga Kulit
10 Manfaat Konsumsi Anggur Hitam, Baik untuk Rambut hingga Kulit (Sumber: Pixabay/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Anggur hitam tak hanya memiliki rasa yang nikmat, tapi juga menawarkan beragam manfaat. Anggur ini dikenal dengan warna ungu tua yang gelap, membuatnya tampak hampir hitam. Buah-buahan kecil dan manis ini dapat dinikmati dalam berbagai bentuk bisa dikeringkan sebagai kismis atau dimakan langsung.

Warna khasnya berasal dari pigmen antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Hal ini juga ditemukan pada buah-buahan dan sayuran berwarna gelap lainnya seperti blueberry, blackberry, dan terong. 

Hal ini mungkin berdampak positif pada kesehatan kardiovaskular dan neurologis, serta membantu mencegah diabetes dan kanker. Saat Anda menggigit anggur hitam, Anda tidak hanya menikmati rasa manisnya yang segar, tetapi juga mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat berkontribusi pada kesehatan Anda secara keseluruhan dalam berbagai cara.

Berikut ini deretan manfaat kesehatan yang luar biasa dari anggur hitam dilansir dari Pinkvilla, Kamis (9/11/2023).

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Anggur hitam mengandung antioksidan kuat yang melebihi apa yang Anda temukan pada anggur hijau atau merah. Antioksidan ini memainkan peran penting dalam melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan melawan penyakit seperti diabetes, Alzheimer, Parkinson, kanker, dan penyakit jantung. Mereka bahkan membantu Anda pulih lebih cepat dari penyakit.

2. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Anggur hitam juga bermanfaat bagi rambut Anda. Penelitian ilmiah yang muncul menunjukkan bahwa antioksidan dalam anggur hitam bahkan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Antioksidan ini membantu melindungi folikel rambut Anda dari stres oksidatif dan meningkatkan kepadatan rambut. 

Sebuah penelitian pada hewan juga membuktikan bahwa proanthocyanidins dalam biji anggur berpotensi merangsang pertumbuhan rambut. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuat kesimpulan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi anggur
Ilustrasi anggur (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Resveratrol dan antosianin adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam anggur. Antioksidan ini menawarkan perlindungan luar biasa untuk jantung dan otak Anda. Antosianin dalam anggur hitam juga membantu melindungi terhadap aterosklerosis, penumpukan plak di arteri Anda.

Dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan, antioksidan ini berkontribusi terhadap manfaat kesehatan jantung. Itu sebabnya anggur sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. 

4. Baik untuk Kesehatan Otak

Anggur hitam baik untuk otak karena mengandung resveratrol yang dapat membantu memperlambat penyakit Alzheimer. Menikmati anggur merah secukupnya, yang juga mengandung resveratrol, bahkan dapat membantu menjaga ingatan Anda tetap tajam.

Selain itu, penelitian pada hewan tertentu yang melibatkan tikus yang diobati dengan resveratrol telah menunjukkan peningkatan memori dan fungsi otak.

5. Berkhasiat Melawan Kanker

Anggur hitam, dengan antioksidan seperti resveratrol dan antosianin, dapat melawan kanker. Penelitian pada hewan tertentu juga mengungkapkan potensinya untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran tumor. 

Meskipun resveratrol tampak menjanjikan dalam melawan kanker, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia. Jangan lupa, kulit buah anggur mengandung resveratrol paling banyak, jadi jagalah agar tetap utuh untuk mendapatkan manfaat maksimal dari anggur hitam.


6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

ilustrasi jus anggur untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
ilustrasi jus anggur untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Sekali lagi, banyaknya antioksidan pada anggur hitam, khususnya antosianin, dapat meningkatkan kesehatan kulit. Mereka bahkan terbukti efektif melawan kanker kulit dan juga dapat membantu mengatasi masalah kulit ringan seperti jerawat.

Anggur hitam seperti tabir surya alami untuk kulit Anda, melindunginya dari efek berbahaya radiasi UV. Ini berarti lebih sedikit sengatan matahari dan bintik hitam. Plus, mereka membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh sinar UV.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Polifenol dalam anggur hitam, termasuk resveratrol, mungkin menawarkan efek anti-diabetes dengan membantu mengatur kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol mengaktifkan protein yang disebut SIRT1, yang pada gilirannya mengurangi resistensi insulin.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa resveratrol dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan resistensi insulin, yang dapat membantu mengurangi komplikasi terkait diabetes.

8. Penurunan Berat Badan

Baik resveratrol dan turunannya pterostilbene dalam anggur hitam, telah menunjukkan efek anti-obesitas dalam penelitian di laboratorium dan hewan. Mereka berdampak positif pada bakteri usus dan regulasi energi. Bubuk anggur yang kaya akan serat dan polifenol terbukti memiliki dampak positif pada mikrobiota usus dan mekanisme kolesterol. 

Ini membantu pencernaan dan memecah makanan, menghasilkan bahan kimia dan nutrisi yang berguna. Ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui efektivitasnya dalam memerangi obesitas pada manusia.


9. Memperkuat Tulang

Makanan bahaya bagi anjing (3)
Anggur terasa enak bagi manusia, tapi ternyata berbahaya bagi anjing. (Sumber Pixabay/ranah publik)

Resveratrol yang ditemukan dalam anggur hitam dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Namun, efek ini hanya diamati pada tikus, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian yang melibatkan manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

10. Manfaat Anti inflamasi

Anggur hitam mengandung senyawa penting seperti flavan, flavonol, antosianin, dan stilben yang memiliki sifat anti inflamasi. Sifat-sifat ini membuat anggur hitam efektif dalam mengobati kondisi seperti radang sendi. Faktanya, resveratrol dalam anggur hitam bekerja sama baiknya dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya