Profil Dean Zandbergen yang Dirumorkan Bakal Jadi Calon Striker Naturalisasi Timnas Indonesia

Berikut ini profil Dean Zandbergen yang dirumorkan bakal jadi calon striker naturalisasi Timnas Indonesia

oleh Sulung Lahitani diperbarui 13 Apr 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2024, 16:00 WIB
Dean Zandbergen - Sparta Rotterdam
Striker Sparta Rotterdam, Dean Zandbergen (Instagram/deanxzandbergen_)

Liputan6.com, Jakarta Beredar rumor striker Sparta Rotterdam, Dean Zandbergen akan menjadi calon striker naturalisasi Timnas Indonesia. Isu tersebut menguak setelah Dean diketahui melakukan video call dengan Tenaga Ahli Kemenpora, Hamdan Hameden. Tak hanya itu, ia juga diketahui sudah mengikuti akun Instagram resmi PSSI.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang masih gencar melakukan proyek naturalisasi pemain.

Lahir di Belanda pada 5 September 2001, pemain berusia 22 tahun itu memiliki darah Indonesia dan bermain untuk klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Jakarta. 

Profil Dean Zandbergen

Berikut adalah profil singkat mengenai Dean Zandbergen:

Sejak usia muda, Dean Zandbergen telah menimba ilmu bersama beberapa tim junior dan klub di Belanda:

  • TOGB Berkel (Tim Junior): Dean memulai karier sepakbolanya bersama tim junior TOGB Berkel.
  • Excelsior: Setelah itu, Dean membela sejumlah tim muda seperti Excelsior.
  • Barendrecht U-19
  • Westlandia U-21
  • Excelsior M U-21
  • TOGB Berkel (Kasta Keempat Liga Belanda): Dean bermain untuk tim yang mentas di kasta keempat Liga Belanda.
  • Sparta Rotterdam U-21 (Liga 3 Belanda): Pada musim panas 2023, Dean Zandbergen bergabung dengan klub Liga 3 Belanda, Sparta Rotterdam U-21. Di sini, ia mencatat tiga gol dan tiga assist dari 10 pertandingan Liga 3 Belanda 2023-2024.

Promosi ke Tim Senior

Performa apik membawa Dean Zandbergen dipromosikan ke tim senior Sparta Rotterdam, yang bermain di Liga 1 Belanda 2023-2024 atau Eredivisie. Ia menjalani debut bersama Sparta Rotterdam di Liga Belanda.

Potensi Gabung Timnas Indonesia

Shin Tae-yong berpotensi membawa Dean Zandbergen ke Timnas Indonesia, mengingat darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Piala Asia U-23 2024: Shin Tae-yong Resmikan Skuad Timnas Indonesia, Justin Hubner Masuk

Timnas Indonesia U-23 vs Arab Saudi
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Arab Saudi dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024 di Stadioon The Seven, Dubai, Emirat Arab, Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB. (Bola.com/Dok. PSSI)

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah memilih 23 pemain untuk mengikuti Piala Asia U-23 2024 Qatar yang berlangsung 15 April sampai 3 Mei mendatang.

Pemain klub Belanda SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On jadi salah satu nama yang dicoret dari skuad bayangan timnas U-23 Indonesia. Turut tergusur Erlangga Setyo (PSPS Riau), Bagas Kaffa (Barito Putera), Haykal Alhafiz (PSIS Semarang), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), dan Rifky Dwi Septiawan (Persita Tangerang).

Namun, bek Cerezo Osaka Justin Hubner justru jadi bagian timnas Indonesia U-23. Sebelumnya partisipasi Hubner dipertanyakan karena tidak dilepas klub. Cerezo Osaka beralasan bisa melakukannya karena Piala Asia U-23 tidak masuk kalender FIFA.

Dari 23 nama final, 10 di antaranya jadi bagian yang membela timnas senior saat mencetak sejarah menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 yang bergulir awal tahun ini.

Mereka adalah Ernando Ari, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, dan Rafael Struick.

Selengkapnya...


Peringkat Timnas Indonesia Melonjak, PSSI Singgung Kontribusi FIFA

Foto: Shin Tae-yong Kasih Joget Tipis-Tipis usai Bawa Timnas Indonesia Bungkam Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan gestur 'finger hearth' ke arah para penonton setelah laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberi apresiasi terhadap peningkatan Indonesia pada ranking dunia. Organisasi pimpinan Gianni Infantino tersebut juga memuji perbaikan iklim sepak bola di Tanah Air.

Pada keluaran terbaru, Indonesia menorehkan peningkatan tertinggi dibanding negara lain dengan naik delapan tingkat. Tim Garuda kini menduduki posisi 134, terbaik dalam 13 tahun terakhir.

"(Ini) adalah bukti upaya kolektif dan kemajuan yang dibuat dalam pengembangan sepak bola. Bangsa Indonesia dapat berbangga dengan pencapaian ini, yang menunjukkan bahwa langkah yang diambil sudah berada di arah yang benar," kata PSSI.

“Gelaran FIFA U-17 World Cup 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumah, mendapat efek pada pengembangan sepak bola di dalam negeri, khususnya infrastruktur. Terbukti saat ini banyak menyesiakan sarana bagi talenta-talenta muda untuk memperlihatkan kemampuan mereka di pentas global. Turnamen ini meningkatkan pengembangan dan pengenalan terhadap pemain yang krusial bagi perkembangan mereka.”

Selengkapnya...

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya