Ribuan Prajurit Kobangdikal Peringati Detik-detik Proklamasi

Ribuan Prajurit Kobangdikal memperingati detik-detik Proklamasi Kemendekaan RI ke-68 di Lapangan Laut Maluku, Bumimoro, Surabaya.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Agu 2013, 12:39 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2013, 12:39 WIB
130817upcra.jpg
Citizen6, Surabaya: Ribuan Prajurit Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) memperingati detik-detik Proklamasi Kemendekaan RI ke-68 yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku, Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, Sabtu (17/8/2013).
 
Ribuan personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah satu Lembaga Pendidikan militer TNI AL tersebut, begitu khidmat mengikuti rentetan uparara peringatan Kemerdekaan RI yang dipimpin Komandan Upacara Letkol Laut (S) Sahroni, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan sekolah Perwira Pusat pedidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin).
 
Kepala Staf  Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI DR Marsetio pada amanat peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 yang dibacakan Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik), Kolonel Laut (P) Chairil Hapri mengatakan, bulan Agustus bagi bangsa Indonesia merupakan bulan yang sangat bersejarah dimana rangkaian panjang perjuangan mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945.
 
"Perjuangan yang sarat dengan spirit nasionalisme, patriotisme, heroisme yang penuh dedikasi, dan semangat militansi dengan nilai-nilai juang 1945 tersebut hendaknya menjadi landasan perjuangan bagi kita semua sebagai generasi penerus," ujarnya.  
 
Upacara peringatan proklamasi kali ini menjadi upacara yang istimewa, karena upacara bendera dilaksanakan di awal bulan Syawal yang masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1434 H bagi prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL yang beragama Islam
 
"Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita dibulan suci Ramadan ini mendapatkan ridho dari Allah SWT," terang pati bintang empat di pundak tersebut.
 
Sebagai generasi penerus bangsa lanjutnya, sudah seharusnya tidak boleh melupakan jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam usaha memproklamirkan kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia 68 tahun silam.

Melalui momentum kemerdekaan tersebut hendaklah generasi muda memiliki komitmen yang lebih kuat dan memberikan karya nyata lebih mulia dalam mewarisi, melanjutkan, dan mengamalkan tradisi nilai-nilai kejuangan para pendahulu. Yaitu dengan terus berjuang dan bekerja keras mengisi kemerdekaan yang telah diraih menuju masyarakat sejahtera adil dan makmur.
 
Orang nomor satu di jajaran TNI AL ini juga mengatakan, hal itu sangat sesuai tema peringatan HUT Kemerdekaan Republiki Indonesia kali ini, yakni "Mari kita jaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. (Mayor Laut (KH) Rohman Arif/Mar)

Mayor Laut (KH) Rohman Arif adalah pewarta warga yang juga Kepala Bagian Penerangan Kobangdikal, Surabaya. Ia dapat dihubungi lewat Web Kobangdikal: kobangdikal.mil.id dan E-mail: penkobangdikal@yahoo.co.id

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya