Apa Itu Platform Trading Quotex yang Menjerat Doni Salmanan

Quotex adalah broker opsi biner atau binary option yang didirikan pada 2020.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Mar 2022, 11:01 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 11:01 WIB
Doni Salmanan. (Foto: Dok. Instagram @donisalmanan)
Doni Salmanan. (Foto: Dok. Instagram @donisalmanan)

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi orang yang sering disebut crazy rich kembali jadi tersangka dalam dugaan kasus investasi bodong, setelah sebelumnya Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka, kini giliran Doni Salmanan yang ditetapkan sebagai tersangka.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol, Ahmad Ramadhan mengumumkan kenaikan status influencer bernama asli Doni Muhamad Taufik dari saksi jadi tersangka dugaan investasi bodong, dilansir dari kanal ShowBiz Liputan6.com. 

Pemeriksaan Doni Salmanan terkait dugaan investasi bodong berkedok trading Binary Option Quotex. Pemeriksaan itu rupanya berujung perubahan status hukum Crazy Rich Bandung.

Lantas apa sebenarnya trading Quotex yang menjerat Doni Salmanan? Dilansir dari situs Broker Reviews, Rabu (9/3/2022), Quotex adalah broker opsi biner atau binary option yang didirikan pada 2020. Quotex menyediakan sinyal pasar dan mensimulasikan perdagangan pada platform web kustom.

Quotex juga termasuk merek dagang milik Awesome Ltd, perusahaan yang berbasis di Seychelles yang diatur oleh International Financial Markets Regulatory Center (IFMRRC). Namun, Awesome Ltd tidak terdaftar di otoritas keuangan Seychelles. 

Meskipun begitu, ketika Liputan6.com mencoba menelusuri brand Quotex maupun Awesome Ltd di situs resmi IFMRRC, kedua nama tersebut sudah tidak bisa ditemukan. Kemungkinan lisensi milik Awesome Ltd telah berakhir. 

Selain itu, Quotex juga tidak terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sedangkan berdasarkan situs resmi Quotex, tercatat sudah ada lebih dari 100 ribu perdagangan yang dilakukan setiap harinya. Quotex juga hadir di 250 negara dan digunakan oleh 4 juta orang.

Dalam platform trading Quotex terdapat beberapa produk investasi yang dapat ditradingkan yaitu 27 pasang mata uang, bursa saham utama seperti Indeks-15, FTSE 100 dan Dow Jones. 

Selain itu, Quotex juga menyediakan aset-aset komoditas seperti emas, perak, minyak, dan sumber energi dan logam populer lainnya. Bahkan, beberapa kripto juga termasuk di dalamnya seperti Litecoin, Bitcoin, Ripple, dan Ethereum.

Pada dasarnya, Quotex memiliki kesamaan dengan platform binary option lainnya seperti Binomo. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L. Tobing, binary option bukanlah trading melainkan lebih ke arah judi. 

“Di binary option, hanya bisa menebak suatu aset harganya akan naik atau turun di dalam jangka waktu durasi karena hanya ada 2 opsi dan itu lebih ke arah judi dibandingkan trading,” kata Tongam kepada Liputan6.com, ditulis Rabu, 9 Maret 2022.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Polisi Bakal Telusuri Aliran Dana Doni Salmanan

Potret Doni Salmanan. (Sumber: Instagram/donisalmanan)
Potret Doni Salmanan. (Sumber: Instagram/donisalmanan)

Sebelumnya, Polisi akan menelusuri aliran dana milik Doni Salmanan usai statusnya naik menjadi tersangka kasus dugaan penipuan investasi binary option dengan menggunakan platform Quotex.

Tak hanya itu, polisi juga akan menyita aset yang berkaitan dengan kasus pria yang dijuluki Crazy Rich Bandung ini.

"Yang jelas kita akan melakukan penyitaan terhadap semua aset yang berasal dari tindak pidana yang dilakukan tersangka," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Maret 2022.

Menurut Ahmad, Doni Salmanan juga dijerat dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU.

Sebab itu, aliran dana atau pun aset yang diberikan kepada pihak lain pun turut menjadi sasaran penyitaan.

"Jadi terkait TPPU artinya semua aliran dana yang diberikan dari yang bersangkutan kepada siapa pun, apakah ke kolega atau orang lain, pihak mana pun yang mana dana tersebut bersumber dari tindak pidana, maka akan dilakukan penyitaan oleh penyidik," kata Ahmad.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya