Disidang, Majikan TKI Erwiana Hanya Tundukkan Kepala

Persidangan terhadap perempuan warga negara Hong Kong yang didakwa menyiksa pembantu rumah tangga berkebangsaan Indonesia digelar.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Jun 2014, 17:02 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2014, 17:02 WIB
Disidang, Majikan TKI Erwiana Hanya Tundukkan Kepala
Mantan majikan TKI Erwiana, Law Wan-tung. (Reuters)

Liputan6.com, Hong Kong - Persidangan terhadap perempuan warga negara Hong Kong yang didakwa menyiksa pembantu rumah tangga berkebangsaan Indonesia (WNI) digelar. Namun dalam persidangan di Pengadilan Distrik di pulau itu, Law Wan-tung tak membenarkan semua dakwaan hakim.

Dikutip dari BBC, Selasa (10/6/2014), selama persidangan Wan-tung menundukkan kepalanya. Dia membantah semua tuduhan yang dijatuhkan padanya. Oleh sebab itu, hakim pun akhirnya menunda persidangan hingga 10 Juli mendatang.

Menurut Chung Chi-ming dari kepolisian Hong Kong, di luar ruang sidang ada lebih dari 12 saksi akan dipanggil. Termasuk Erwiana dan 2 pembantu rumah tangga lain yang juga diduga disiksa.

Law Wan-tung ditangkap pada bulan Januari karena menganiaya Erwiana Sulistyaningsih, seorang tenaga kerja asal Indonesia. Ia menghadapi dakwaan berlapis, termasuk secara sengaja menyebabkan luka parah, intimidasi, dan tidak membayar gaji dari total 20 dakwaan lainnya.

Jaksa penuntut mengatakan Wan-tung memukuli Erwiana dengan perabot rumah tangga seperti sapu, penggaris dan gantungan pakaian. Erwiana saat diselamatkan dari rumah majikannya menderita luka parah dan sempat berada dalam kondisi kritis.

Kasus ini menjadi berita besar di kota selatan China itu, dan memicu protes serta seruan agar pemerintah Hong Kong melakukan upaya lebih untuk melindungi para pekerja rumah tangga.

Berdasarkan data Migrant Care, ada lebih dari 300 ribu pembantu rumah tangga di Hong Kong, sebagian besar dari Indonesia dan Filipina.

Tahun lalu Amnesty International mengecam kondisi mirip perbudakan yang dihadapi para pembantu rumah tangga, dan menuduh aparat tidak melakukan apa-apa.

Sementara keberanian Erwiana melawan sang mantan majikan, menobatkan dirinya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Time. (Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya