Militer Nigeria Relokasi Eks Sandera Boko Haram ke Lokasi Rahasia

Kerahasiaan itu disebabkan adanya kekhawatiran beberapa perempuan melakukan komunikasi dengan para militan Islam tersebut.

oleh Liputan6 diperbarui 22 Mei 2015, 05:21 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2015, 05:21 WIB
Boko Haram Rilis Video Ratusan Gadis Korban Penculikan
Terlihat sekitar 130 gadis mengenakan pakaian serba tertutup berwarna hitam dan biru tua.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nigeria sudah merelokasi 275 perempuan dan anak-anak yang diselamatkan dari kelompok militan Islam, Boko Haram. Pihak berwenang mengatakan mereka dibawa dari sebuah kamp di Kota Yola untuk diterbangkan ke sebuah tempat yang tidak diketahui.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (22/5/2015), kerahasiaan itu disebabkan adanya kekhawatiran beberapa perempuan melakukan komunikasi dengan para militan Islam tersebut.

Kelompok perempuan dan anak-anak ini dibawa ke Kamp Malkohi di Yola pada 2 Mei lalu setelah dibebaskan dari Boko Haram yang menyandera mereka di Hutan Sambisa.

Militer Nigeria --yang masih belum memberikan komentar resmi-- dalam beberapa bulan belakangan melancarkan serangan atas Boko Haram. Dengan mendapat dukungan dari tentara Chad, Kamerun, dan Niger, tentara Nigeria berhasil membebaskan beberapa kota yang sempat dikuasai militan sejak menggelar operasi besar-besaran pada Februari lalu.

Bagaimanapun, serangan dan aksi kekerasan secara sporadis masih berlangsung dengan korban jiwa warga sipil. Kelompok militan Boko Haram memperjuangkan penerapan Syariah Islam dengan mengangkat senjata pada 2009 dan bertanggung jawab atas kematian ribuan orang. (Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya