Daftar Menu Makan Siang Terakhir Titanic Laku 1.3 Miliar Rupiah

Daftar menu makan siang kapal Titanic terjual melalui lelang dengan harga yang luar biasa.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 05 Okt 2015, 11:22 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2015, 11:22 WIB
Dilelang, Menu Makan Siang Titanic Terjual Seharga Rp. 1,2 Miliar
Lembaran menu makan siang terakhir Titanic laku dengan harga Rp. 1,2 miliar di sebuah lelang.

Liputan6.com, New York - Daftar menu makan siang terakhir dari kapal Titanic terjual melalui lelang online dengan harga mencapai US$88 ribu, atau senilai sekitar 1,3 miliar rupiah pada Rabu lalu, 30 September 2015.

Lelang dengan nilai luar biasa itu dimenangkan oleh seseorang yang namanya tidak mau dipublikasikan. Menurut penjelasan dalam CNN, daftar menu makan siang itu dibawa oleh Abraham Lincoln Salomon, seorang penumpang kelas I di pelayaran tersebut. Ia adalah satu dari sejumlah orang dalam sekoci yang dijuluki “Sekoci Uang” atau “Sekoci Jutawan”.

Julukan itu diberikan karena pada saat kapal Titanic tenggelam sejumlah penumpang yang kaya raya menyuap awak kapal untuk mendayung jauh dari lokasi kejadian, daripada selamatkan penumpang lainnya.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya (baca juga Daging Panggang, Sosis Bologna... Daftar Menu Terakhir Titanic), bagian belakang daftar menu makan siang ini ditandatangani dengan pensil oleh Isaac Gerald Frauenthal, seorang penumpang kelas I lainnya. Melihat dari daftar menu itu, terbayang kemewahan perahu dan selera kuliner masa itu.

Lion Heart Autographs, dealer memorabilia kuno berbasis di New York, mendapatkan daftar menu ini dari seseorang yang mengaku sebagai keturunan dari salah seorang yang selamat dalam "Sekoci Jutawan".

Daftar menu ini merupakan satu dari tiga daftar menu kelas I yang masih ada dan ditaksir bernilai antara US$50 ribu hingga US$70 ribu, atau senilai 730 juta hingga 1 miliar rupiah. (Alx/Rcy)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya