Singapura yang Bersih dan Indah Buat Kim Jong-un Kagum

Setelah berkeliling kota, Kim Jong-un mengaku kagum dengan Singapura yang bersih dan indah. Ini kisah selengkapnya.

oleh Happy Ferdian Syah Utomo diperbarui 12 Jun 2018, 09:14 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2018, 09:14 WIB
Kim Jong-un Asyik Berfoto Selfie
Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan berswafoto dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Gardens by the Bay, Senin (11/6). Kim mengunjungi sejumlah tempat wisata di Singapura sebelum pertemuannya dengan Donald Trump. (AFP/Nicholas Yeo)

Liputan6.com, Singapura - Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, menyampaikan informasi bahwa Kim Jong-un mengaku kagum dengan penataan kota Singapura yang bersih dan indah.

Dikutip dari CNN pada Selasa (12/6/2018), pengakuan pemimpin tertinggi Korea Utara itu disampaikan sesaat setelah ia melakukan kunjungan mendadak ke wahana botani Gardens by the Bay pada Senin malam, 11 Juni 2018.

Kim Jong-un mengejutkan penduduk setempat dengan melakukan tur keliling kota pada Senin malam, di mana ia disambut oleh orang banyak dan diajak berswafoto oleh Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan.

Menurut laporan KCNA, Kim Jong-un juga dikabarkan mengunjungi puncak menara Marina Bay Sands yang terkenal. Ia untuk beberapa saat memperhatikan pemandangan lepas Singapura dengan kagum.

"Singapura dinilai bersih dan indah oleh Pemimpin (Korea Utara), di mana setiap bangunan berdiri penuh gaya seperti yang ia (Kim Jong-un) dengar sejak lama. Pemimpin akan belajar banyak dari pengetahuan dan pengalaman yang baik di Singapura untuk pengembangan berbagai bidang di masa depan," tulis artikel KCNA.

Kim Jong-un juga dikabarkan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, atas kesediaan menemani dirinya berkeliling kota.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Donald Trump Telepon Sekutunya di Asia

Donald Trump Terima Jamuan Makan Siang PM Singapura di Istana
Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama PM Singapura Lee Hsien Loong (kanan) saat akan makan siang bersama di Istana Negara Singapura, Senin (11/6). Trump akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam acara KTT Korut-AS. (SAUL LOEB/AFP)

Sementara itu, sebelum melakukan pertemuan tatap muka dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menelepon Presiden Korea Selatan Mooe Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Kabar mengenai hal tersebut disampaikan melalui sebuah siaran resmi yang dirilis oleh kantor Sekretariat Gedung Putih, dini hari tadi.

Seperti dikutip dari CNN pada Selasa, Presiden Donald Trump menelepon kedua pemimpin sekutu utama Negeri Paman Sam di Asia itu pada Senin malam, 11 Juni 2018.

Kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, Trump berdiskusi mengenai perkembangan terkini pada agenda pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Selain itu, mereka juga membahas mengenai komitmen kedua negara dalam melanjutkan koordinasi kerja sama terkait agenda pertemuan dengan Kim Jong-un.

Begitupun ketika menelepon Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Trump turut mengabarkan perkembangan terkini mengenai agenda bersejarah tersebut.

Presiden AS ke-45 itu juga memastikan pihaknya akan saling berkonsultasi dengan Negeri Matahari Terbit terkait apa pun hasil KTT Trump-Kim di Singapura.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya