Virus Corona Dikhawatirkan Ganggu Kesepakatan Dagang China dan AS

Kesepakatan perdagangan antara China dan Amerika dapat mengalami kerusakan jaminan akibat penyebaran Virus Corona.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Jan 2020, 13:23 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2020, 13:23 WIB
Wakil Perdana Menteri China Liu He berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump
Wakil Perdana Menteri China Liu He berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump selama upacara penandatanganan perjanjian perdagangan antara AS dan China di Ruang Timur White House di Washington, DC, 15 Januari 2020. (Liputan6/Saul Loeb/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kesepakatan perdagangan yang terjadi baru-baru ini antara China dan Amerika Serikat dapat mengalami 'kerusakan jaminan' jika penyebaran Virus Corona menyebabkan gangguan permintaan yang berkepanjangan.

"China telah berkomitmen untuk meningkatkan 88,3% impor barang-barang manufaktur dari AS pada tahun 2021 versus 2017," tulis para analis di Panjiva Research dalam sebuah catatan, dilansir CNBC, Kamis (30/1/2020).

Laporan ini merujuk pada kesepakatan perdagangan parsial yang ditandatangani antara dua kekuatan ekonomi pada pertengahan Januari. "Gangguan permintaan yang berkepanjangan bisa membuat penyampaian target itu lebih sulit."

Tanggapan itu muncul ketika China tengah berjuang untuk menahan wabah virus yang telah menginfeksi setidaknya 5.900 dan menewaskan lebih dari 100 orang di negara itu.

Virus Corona ini telah mengirim kegelisahan di seluruh pasar secara global karena investor mempertimbangkan potensi dampak ekonominya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Tidak Ada Bukti Virus dapat Ditularkan Melalui Barang Impor

wuhan
Kondisi desa-desa di Cina membangun tembok untuk mencegah terkena virus corona.

Kota Wuhan di China adalah pusat penyebaran Virus Corona. Pihak berwenang telah menempatkan beberapa kota di provinsi itu di bawah pengawasan.

Wuhan dan wilayah sekitar Hefei dan Jiangsu, yang juga telah ditutup karena wabah virus, adalah pusat manufaktur utama yang bekerja dengan perusahaan-perusahaan Amerika.

"Analisis data pengiriman Panjiva menunjukkan lebih dari 450 importir AS dipasok oleh perusahaan yang berlokasi di provinsi Hubei," kata laporan itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan saat ini tidak ada bukti virus dapat ditularkan melalui barang impor dari Tiongkok.

Virus Corona umumnya sering disebarkan oleh pernapasan. Selain itu, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) juga menambahkan bahwa belum ada kasus virus baru di AS yang terkait dengan produk impor.


Fasilitas Manufaktur China Ditutup Sementara

Desa-desa di Pinggiran Ibu Kota China
Dengan blokade dan penjagaan yang ketat, desa-desa di pinggiran Beijing menutup diri bagi orang luar masuk untuk mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo)

Perusahaan pembangkit global, Hon Hai merupakan perusahaan teratas yang mengimpor barang ke AS dari wilayah Hubei, menurut Panjiva Research. Sedangkan Foxxconn yang berbasis di Taiwan adalah produsen elektronik kontrak terbesar di dunia dan perakit produk Apple terbesar.

CEO Apple, Tim Cook, Selasa mengatakan, wabah Virus Corona yang sedang berlangsung di China telah berdampak pada operasi raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, di negara itu.

Cook mengatakan kepada investor bahwa perusahaan memiliki “beberapa pemasok” di wilayah Wuhan. Ia juga menambahkan bahwa setidaknya beberapa fasilitas manufaktur di tempat lain di China akan tetap ditutup hingga 10 Februari, seperti yang direkomendasikan oleh pemerintah China.

Secara keseluruhan, mengelola penyebaran virus akan menjadi “gangguan utama” dari kesepakatan perdagangan, kata Scott Kennedy, penasihat senior dan ketua wali amanat dalam Bisnis dan Ekonomi Tiongkok di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya