Selain Ranu Manduro, 3 Lokasi Wisata Indonesia Ini Disebut Seperti di Luar Negeri

Ternyata tak hanya Ranu Manduro, yang kini jadi lokasi wisata viral, disebut memiliki pemandangan indah bak di luar negeri yakni Selandia Baru.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 03 Mar 2020, 19:10 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2020, 19:10 WIB
Ranu Manduro.
Ranu Manduro. (dok. Twitter @hafidzbashory_/https://twitter.com/hafidzbashory_/status/1232551279462760448/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta Nama Ranu Manduro belakangan jadi perbincangan. Pemandangan alam yang mengesankan hingga disebut-sebut mirip alam Selandia Baru yang jadi sorotan.

Gara-gara hal itu viral di media sosial, lokasi tersebut tenar sekejap. Padahal sebelumnya, tempat wisata itu tak pernah terdengar.

Lahan luas yang berlokasi di Desa Manduro, Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, itu semula dikenal hanya sebagai bekas tambang. Kini sudah tak beroperasi.

Selain Ranu Manduro, sejumlah lokasi wisata di Indonesia ini juga pernah disandingkan dengan yang ada di luar negeri. Berikut di antaranya, Liputan6.com kutip dari sejumlah sumber, Selasa (3/3/2020):

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Borobudur, Prambanan - Angkor Wat, Thailand

Angkor Wat (iStock)
Angkor Wat (iStock)

Mengutip media Tiongkok, South China Morning Post (SCMP), monumen yang dibangun oleh peradaban kuno Angkor Wat telah lama jadi tujuan orang-orang Asia yang ingin mewujudkan fantasi ala film Indiana Jones.

Situs Kamboja yang bertingkat itu disebut memiliki saingan di kompleks candi kembar Borobudur dan Prambanan, dekat Yogyakarta, di Jawa Tengah, Indonesia.

Stupa-stupa Budha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo untuk mengajukan arsip sebagai Memory of the World tidak bisa tunggal. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Kompleks candi Prambanan yang berada di perbatasan Sleman dan Klaten. Foto: (Switzy/Liputan6.com)


2. Raja Ampat, Papua - Koh Phi Phi Island, Thailand

Phi Phi Island
Phi Phi Island (sumber : pixabay)

Dilansir dari situs travel thepointsguy, Raja Ampat di Papua Indonesia disebutkan sebagai lokasi wisata yang mirip dengan Koh Phi Phi Island di Thailand.

Media tersebut menyebut bahwa tebing batu kapur dan pulau-pulau kecil yang membingkai pulau-pulau di Raja Ampat mengingatkan pada Koh Phi Phi Thailand sebelum populer - tetapi mungkin bahkan lebih baik.

Suasana keindahan alam di sekitar Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/11/2019). Keindahan dan panorama alam masih menjadi daya tarik utama wisatawan  baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke kawasan Raja Ampat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)


3. Danau Toba, Sumatra - Lugu Lake, China

Danau Toba
Foto udara yang diambil 4 April 2019 ini menunjukkan Danau Toba dari kawasan Sigapitan, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara yang dikelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut luasnya hampir dua kali ukuran Negara Singapura. (GOH CHAI HIN / AFP)

Mengutip situs travel trip.com dari salah satu review pelancong. Didapati testimoni bahwa Danau Toba mirip dengan pemandangan Danau Lugu.

"Melihat danau yang luas di kejauhan, dalam semburat kabut tipis... Ini seperti pemandangan favorit saya Danau Lugu," tulis akun Suíxīn piāo fēi 2010.

Lugu Lake, China. (Xinhua)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya