5 Kejadian dalam Mimpi dan Artinya bagi Kehidupan Anda

Berikut adalah interpretasi dari berbagai ahli untuk membantu paham arti mimpi Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Mei 2021, 21:01 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2021, 21:01 WIB
Ilustrasi mimpi
Ilustrasi mimpi (Photo by senivpetro on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Para filsuf dan ilmuwan belum sepenuhnya memecahkan misteri di balik mimpi. Tetapi, beberapa ahli telah mempelajari visual yang terjadi saat kita tertidur untuk membantu memahami artinya.

Dikutip dari Bright Side, Minggu (23/5/2021), berikut adalah interpretasi dari berbagai ahli untuk membantu paham arti mimpi Anda:


1. Mencari Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi
Ilustrasi kamar mandi. Photo by Juan Marin on Unsplash

Psikolog mimpi Ian Wallace menulis di situsnya bahwa saat Anda bermimpi tentang ingin pergi ke toilet dan tidak menemukannya, berarti Anda ingin melepaskan sesuatu yang tidak sehat dalam kehidupan nyata, tetapi tidak tahu caranya.

Wallace menambahkan bahwa jika memenuhi kebutuhan kamar mandi dalam mimpi itu merupakan tantangan, bisa jadi mimpi tersebut pertanda bahwa dalam kehidupan nyata, Anda mendahulukan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan diri sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan kamar mandi dalam mimpi, Wallace merekomendasikan untuk memprioritaskan diri Anda sendiri dan belajar untuk mengatakan "tidak" kepada orang lain sesekali.

2. Ular

Ilustrasi Ular (sumber: unsplash)

Analis mimpi bersertifikat Lauri Loewenberg menjelaskan dalam sebuah artikel bahwa ular dapat mewakili banyak hal, tergantung pada emosi yang dipicu oleh kemunculan reptil tersebut.

Penghlihatan yang memicu teror bisa mewakili bahwa ada individu yang tidak sehat dalam hidup Anda.

Arti tersebut berbeda dengan apabila ada ular yang menarik dalam mimpi Anda yang sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, penyembuhan ringan, atau bisa juga individu yang belum dianggap berbahaya.

Loewenberg menyarankan untuk memperhatikan lokasi di mana Anda melihat binatang itu. Jika berada dalam rumah, waspadalah karena ada kemungkinan penyebab stres ada di bawah atap Anda sendiri.

Jika berada di luar, itu bisa menjadi pertanda untuk terbuka dan menyelesaikan masalah dengan seseorang.


3. Menikah dengan Orang Tak Dikenal

pasangan menikah
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Alvin Mahmudov on Unsplash

Berkomitmen pada sesuatu yang tidak yakin mungkin terwujud dalam mimpi Anda melalui pernikahan dengan orang asing.

Peneliti interpretasi mimpi Alri Menerski menjelaskan dalam forum daringnya bahwa menikah dengan orang asing mungkin merupakan indikasi krisis identitas dan Anda tidak yakin apa yang diingkan dalam kehidupan nyata.


4. Melihat Mantan

Arti mimpi
Ilustrasi mimpi bertemu mantan/copyright shutterstock/ Teerawit Chankowet

Menurut Wallace, melihat mantan di mimpi bukan berarti Anda ingin menyalakan kembali api lama melainkan ada yang memicu ingatan tentang kualitas yang mereka punyai.

Otak Anda menciptakan kesadaran akan sifat-sifat itu sehingga Anda dapat memikirkan bagamana mereka saat ini terkait dengan Anda.

Jika mantan Anda tidak setia, mungkin dalam kehidupan nyata, diri Anda sendiri sedang tidak jujur.

Memimpikan mantan mungkin juga menjadi cara pikiran Anda memperingatkan agar tidak mengulangi kesalahan atau pola hubungan masa lalu dengan pasangan saat ini.

5. Tidak Bisa Berbicara

Ilustrasi Berteriak Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Menurut database mimpi terbesar di dunia yang didasarkan oleh karya dokter tidur Charles Lambert McPhee, ketidakmampuan berbicara mencerminkan perasaan pribadi diabaikan atau sedang diremehkan.

Mengalami kesulitan mengekspresikan pikiran Anda dalam mimpi juga bisa berarti bahwa sedang ada situasi yang membuat lidah Anda "terikat" dalam kehidupan nyata.

Ketidakmampuan berbicara saat tidur juga dapat disebabkan oleh kelumpuhan tidur, yang terjadi selama tahap tidur rapid eye movement (REM).

Terkadang, gangguan pada otak yang beralih dari tidur menjadi terjaga, menyebabkan mimpi "tumpah" ke dalam kesadaran kita.

 

Reporter: Paquita Gadin


Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya