Kuliah Hanya 2 Hari di Stanford, Ini 5 Fakta Unik Soal Elon Musk

Fakta-fakta unik mengenai Elon Musk yang baru saja mengakuisisi Twitter.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 26 Apr 2022, 15:29 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2022, 15:29 WIB
FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). CEO Tesla tersebut menjadi saksi pertama dalam persidangan terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk adalah salah satu pemikir brilian yang membantu membentuk kembali ekonomi global setelah ledakan teknologi di akhir 1990-an.

Penduduk asli Afrika Selatan tersebut menjadi jutawan berkali-kali setelah menjual sahamnya di Zip2 pada tahun 1999 dan PayPal pada tahun 2002 dan membuat mobil listrik setelah mengambil alih sebagai CEO Tesla Motors pada tahun 2008.

Sejak meluncurkan Space Exploration Technologies (SpaceX) pada tahun 2002, Musk telah mengontrak NASA dan pemerintah AS untuk mengembangkan armada kapal roket perusahaannya, dan dia sepenuhnya percaya pada pentingnya menjajah Mars untuk memperpanjang keberadaan manusia.

Nama Elon Musk juga tengah menjadi pembicaraan setelah ia mengakuisisi Twitter.

Berdasarkan ketentuan kesepakatan, Musk membayar USD 54,20 (Rp 781 ribu) per saham secara tunai untuk Twitter. Pengumuman itu akhirnya mengakhiri drama selama berminggu-minggu dalam proses penawaran. Nominal itu akhirnya menjadi harga terakhir dan terbaik dan membuat Elon Musk jadi pemilik Twitter.

Melansir dari CNBC, Selasa (26/4/2022), dalam pernyataannya, Twitter mengatakan Musk menyediakan sekitar USD 21 miliar dan telah mengamankan USD 25,5 miliar utang dan “pembiayaan pinjaman margin”. Pihaknya menambahkan tidak ada persyaratan pembiayaan untuk penutupan transaksi. Jadi, Musk mengambil alih.

Dilansir dari laman Biography, Selasa (26/4/2022), berikut adalah sejumlah fakta unik soal Elon Musk dan kekayaannya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Jual Video Game di Usia 12 Tahun

Tesla Perkenalkan Truk Pikap Listrik Canggih
Tesla Perkenalkan Truk Pikap Listrik Canggih

Musk memulai karirnya di industri teknologi setelah melihat komputer di toko untuk pertama kalinya sejak usia 10 tahun. Dia belajar memprogram dan mengembangkan kode untuk permainan menembak-pesawat luar angkasa yang disebut Blastar, yang dia jual ke majalah komputer dengan harga USD 500 (Rp 7,2 juta).

Tentu saja, anak laki-laki dengan ambisi besar tersebut tidak berhenti di situ, dan dia menyusun rencana dengan adiknya, Kimbal, untuk membuka arcade di dekat sekolah mereka. Namun, rencana itu dibatalkan ketika orang tua mereka menolak untuk memberikan izin resmi mereka, dan saudara-saudara akhirnya menjual cokelat kepada teman sekelasnya.

2. Hanya 2 Hari Kuliah di Stanford University

Musk mendaftar di Stanford pada tahun 1995 untuk studi pascasarjana dalam fisika terapan, tetapi pada saat itu, ia dikuasai oleh kemampuan internet yang mengubah permainan.

Saat mengajukan penangguhan akademik, Musk mengatakan dia akan kembali dalam enam bulan jika usahanya tidak berhasil; ketua departemen menjawab bahwa dia tidak berharap untuk melihat jagoan komputer muda lagi, sebuah prediksi yang terbukti 100 persen akurat. Musk kemudian mendirikan Zip2, yang mendirikan kehadiran online untuk organisasi fisik, dan pada saat Compaq membeli perusahaan itu empat tahun kemudian, hanya ada sedikit kebutuhan untuk melanjutkan pendidikan formalnya.


3. Mengembangkan Perusahaan Tenaga Surya

Elon Musk Ingin Beli Twitter, Siapkan Uang Tunai Senilai Rp618 Triliun
Elon Musk Ingin Beli Twitter, Siapkan Uang Tunai Senilai Rp618 Triliun

Pada tahun 2004, Musk mengemudi dengan sepupunya, Lyndon Rive ke Burning Man, festival akhir musim panas tahunan yang diadakan di Gurun Batu Hitam Nevada. Seorang pengusaha perangkat lunak yang sukses dalam dirinya sendiri, Rive mengaku memiliki keinginan untuk memulai perusahaan yang lebih berarti. 

Musk menyarankan dia mempertimbangkan kemungkinan tenaga surya, dan selama perjalanan gagasan itu berkembang. 

Rive dan saudaranya Peter menciptakan SolarCity, yang tumbuh menjadi penyedia tenaga surya terbesar di negara itu dengan sepupu mereka sebagai ketua. 

4. Jadi Inspirasi Cerita Iron Man

Ketika penulis dan sutradara Iron Man, Jon Favreau sedang menjajaki cara untuk memanusiakan karakter Tony Stark, protagonis karismatik, super-pintar dari buku komik dan serial film, aktor Robert Downey Jr. menyarankan agar dia menghubungi Musk.

Favreau akhirnya menciptakan bagian-bagian Iron Man 2 di pabrik SpaceX, dan Musk kemudian menemukan cara untuk meniru metode rekan fiksinya dalam merancang bagian-bagian roket di layar komputer dengan melambaikan tangannya di sensor.

 


5. Miliki Mobil James Bond

Lotus Esprit 'Kapal Selam' James Bond Harganya Tembus Rp 13,88 M
Lotus Esprit 'Kapal Selam' James Bond Harganya Tembus Rp 13,88 M

Musk memiliki Lotus Esprit dari film James Bond 1977 The Spy Who Loved Me, yang berubah menjadi kapal selam setelah Bond dan rekan wanita cantiknya meluncur dari dermaga untuk melarikan diri dari musuh.

Dikenal sebagai "Wet Nellie," mobil akrobat mendekam selama bertahun-tahun di unit penyimpanan sebelum dijual kepada pembeli anonim di lelang London pada 2013.

Setelah pembeli terungkap sebagai Musk, dia merilis pernyataan di mana dia menyatakan kekecewaannya.

Mobil itu tidak benar-benar berubah menjadi kapal selam sungguhan, menambahkan, "Apa yang akan saya lakukan adalah meningkatkannya dengan powertrain listrik Tesla dan mencoba membuatnya berubah menjadi nyata." 

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya