Hasil Investigasi Awal Tetsuya Yamagami Penembak Shinzo Abe, Pistol Rakitan hingga Laptop Disita

Seorang pengangguran berusia 41 tahun, Tetsuya Yamagami, diidentifikasi sebagai tersangka pembunuhan Shinzo Abe pada Jumat 8 Juli.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 11 Jul 2022, 18:43 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2022, 18:09 WIB
Pelaku Penembakan Shinzo Abe
Dalam gambar dari sebuah video, Tetsuya Yamagami ditahan di dekat lokasi penembakan di Nara, Jepang barat Jumat, 8 Juli 2022. Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang telah mengalami insiden penembakan di kota barat Nara oleh seorang pria berusia 40-an yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. (Kyodo News via AP)

Liputan6.com, Nara - Seorang pengangguran berusia 41 tahun, Tetsuya Yamagami, diidentifikasi sebagai tersangka pembunuhan Shinzo Abe pada Jumat 8 Juli. Mengutip VOA Indonesia, ia terlihat dalam video yang berulang kali ditampilkan di televisi Jepang dengan tenang mendekati perdana menteri terlama di negara itu dari belakang dan menembaknya.

Pihak berwenang telah menahan Tetsuya Yamagami, warga Nara berusia 41 tahun tak lama Shinzo Abe ditembak. Rumahnya telah digerebek, di mana pihak berwenang menemukan beberapa senjata rakitan yang mirip dengan yang digunakan untuk menembak Abe, menurut The Guardian yang dikutip Senin (11/7/2022).

Hasil investigasi terkini yang disampaikan Kepala polisi Nara, tempat Abe dibunuh, mengatakan, "Kami sedang melakukan forensik, tapi jelas itu [senjata yang digunakan] terlihat buatan sendiri."

AP mengutip polisi Jepang melaporkan bahwa pistol itu panjangnya sekitar 15 inci atau sekitar 38 cm.

Beberapa senjata yang tampaknya buatan sendiri ditemukan dari rumah Yamagami dalam sebuah penggerebekan, lapor NBC News.

AP juga melaporkan bahwa pihak berwenang juga menyita komputer pribadi Yamagami.

Senjata api improvisasi semacam itu, juga dikenal sebagai senjata zip, tidak rumit untuk dibuat dan membutuhkan suku cadang yang dapat dengan mudah dibeli dan bahan-bahan untuk membuat bubuk mesiu buatan sendiri, lapor NBC News mengutip John DeCarlo dari University of New Haven.

"Anda dapat membuat go-kart sebagai pengganti mobil dengan cukup mudah menggunakan bagian-bagian yang diharamkan. Sama halnya dengan senjata api," kata DeCarlo, seorang profesor peradilan pidana dan mantan kepala polisi di Branford, Connecticut.

Dia menambahkan bahwa instruksi untuk membuat senjata zip dapat diakses secara online.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jejak Pekerjaan Tetsuya Yamagami

Pelaku Penembakan Shinzo Abe
Tetsuya Yamagami, bawah, ditahan di dekat lokasi penembakan di Prefektur Nara, Jepang barat, Jumat, 8 Juli 2022. Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang telah mengalami insiden penembakan di kota barat Nara oleh seorang pria berusia 40-an yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. (Katsuhiko Hirano/The Yomiuri Shimbun via AP)

Yamagami adalah mantan anggota Angkatan Laut Jepang, yang meninggalkan layanan pada tahun 2005, menurut The Guardian.

The Japan Times melaporkan bahwa Yamagami tampaknya tidak aktif secara politik, mengutip sumber dari mantan perusahaannya. Dia menambahkan bahwa Yamagami bersekolah di sekolah menengah umum di Nara dan menulis di buku tahunan kelulusannya bahwa dia "tidak memiliki petunjuk" apa yang dia inginkan di masa depan.

The Japan Times lebih lanjut melaporkan, "Tidak ada laporan masalah dari pabrikan [tempat Yamagami bekerja]. Tetapi pada bulan April tahun ini, Yamagami mengatakan kepada perusahaan pengiriman bahwa dia ingin berhenti karena dia 'lelah, dan dia meninggalkan pekerjaan itu. bulan berikutnya.”


Penyimpangan Keamanan Sedang Diselidiki

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat, Jumat (8/7/2022). Abe pingsan setelah ditembak di Nara. Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. (Kyodo News via AP)

The Guardian melaporkan polisi Jepang yang mengatakan bahwa penyelidikan akan mencakup tingkat keamanan di acara tersebut.

Setelah pembunuhan Abe, para ahli independen menyoroti penyimpangan keamanan dalam acara yang dihadiri Shinzo Abe.

Video penembakan menunjukkan pembunuh menembak Abe dari belakang. Beberapa tembakan dilepaskan dan sementara tembakan pertama tampaknya meleset dari Abe, tembakan berikutnya mengenainya bahkan ketika petugas keamanan pribadinya (PSO) bergegas membelanya tetapi tidak sebelum penembak berhasil mengenai Abe.

Wartawan Sandeep Unnithan menyoroti bahwa ada tiga detik antara tembakan pertama yang meleset dari Abe dan tembakan berikutnya yang membunuhnya. Dia menunjukkan bahwa PSO Abe tidak bisa membuka perisai balistik untuk melindunginya dari peluru yang masuk.

Shishir Gupta dari Hindustan Times mencatat bahwa tidak ada batas aman di sekitar Abe karena penyerang bisa begitu dekat dengannya dan PSO-nya tidak menjaga bagian belakangnya. Sebaliknya, PSO Abe melihat ke arah Abe, bukan di belakangnya dari tempat penyerang mendekat dan menembak.

Gupta lebih lanjut mencatat respons lambat—yang juga dicatat Unnithan—dari PSO dan pendekatan yang salah terhadap penembakan.

Dia menulis, "Setelah tembakan meleset pertama, pengawal seharusnya memblokir garis tembak dengan melindungi target dan mengawal Abe ke tempat yang aman. Sebaliknya, rekaman video mengungkapkan, para penjaga berlari ke arah pembunuh meninggalkan Abe tanpa perlindungan. Ini memberi pembunuh bayaran cukup waktu untuk melakukan tembakan kedua yang terbukti fatal." 

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya