Asisten Menlu Australia Tim Watts Hadiri KTT G20 Tingkat Menteri Ekonomi Digital di Bali

Tim Watts, Anggota Parlemen Australia akan datang ke Indonesia untuk berdiskusi banyak masalah digitaisasi Ekonomi yang sedang berlangsung saat ini.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 01 Sep 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 13:31 WIB
Tim Watts.
Tim Watts. (Foto: SNWS)

Liputan6.com, Bali - Anggota Parlemen Federal di Australia, Tim Watts, yang mewakili Gellibrand berkunjung ke Indonesia. Asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia itu datang untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi Digital G20, di Bali pada Kamis, 1 September 2022. 

Pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 itu akan dipimpin oleh Johnyy G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. 

Selain untuk menghadiri G20, Tim Watts keesokan harinya, 2 September 2022, akan bertemu dengan pejabat senior Indonesia di Jakarta. 

Kunjungannya kali ini bertujuan untuk memperkuat hubungan Australia dengan negara-negara di seluruh Asia Tenggara. 

"Kunjungan saya ke Indonesia, sebagai salah satu tetangga terdekat kami akan menjadi dasar kerja pemerintah baru untuk memperkuat hubungan kami di seluruh Asia Tenggara," ucap Tim, dalam sebuah pernyataan di Website Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia. 

Tim memang dikenal sebagai Anggota Parlemen yang cukup aktif dalam berbagai dialog, ia juga kerap hadir pada Conference of Australian and Indonesian Youth (Causindy), the Australia-China Youth Dialogue, the Australia-India Youth Dialogue, the Australian-American Young Leaders Dialogue, the Australian-American West Coast Dialogue, the Australian Regional Leadership Initiative, hingga the Asialink Leaders program and the Asia Society Asia 21 Young Leaders Initiative.

Dalam pertemuan G20 kali ini, Tim akan berdialog dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi digital.


Dasar Kebijakan Digital

Penyerahan Komunike Urban 20 G20 kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.
Penyerahan Komunike Urban 20 G20 kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Tim menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi Digital G20 untuk membahas konektivitas, keterampilan dan literasi digital, serta arus data lintas batas. Australia berkomitmen terhadap prioritas Indonesia sebagai Presiden G20, termasuk upaya memanfaatkan digitalisasi dalam membantu pemulihan pasca pandemi.

Ekonomi digital Indonesia sudah menjadi yang terbesar di AsiaTenggara, dan diproyeksikan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2025.

Di Jakarta, Tim juga berencana untuk bertemu dengan pejabat senior untuk membahas kebijakan digital dan keamanan kawasan. Saya juga akan bertemu pebisnis Indonesia untuk mengidentifikasi peluang perdagangan dan investasi dua arah di bidang ekonomi digital.

Bahasan pertemuan Tim di G20 dan dengan pejabat senior Indonesia tentunya sejalan dengan latar belakang tim yang bekerja di sektor teknologi selama lebih dari satu dekadek sebagai Manajer Senior di telstra dan Pengacara di Mallesons Stephen Jaques (sekarang King & Wood Mallesons) untuk memgerj isu-isu seperti peluncuran Jaringan Broadband Nasional , lelang spektrum komunikasi radio dan regulasi harga jaringan. Dia juga bekerja sebagai Wakil Kepala Staf untuk Menteri Komunikasi dan Penasihat Senior untuk Perdana Menteri Victoria.


Selain Tim Watts, Menteri Layanan Keuangan Australia Stephen Jones Sebelumnya ke Indonesia

Bendera negara Australia - AFP
Bendera negara Australia - AFP

Sebelumnya, Asisten Bendahara dan Menteri untuk Layanan Keuangan Australia Stephen Jones yang berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan ini sebagai komitmen Australia untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi dengan Asia Tenggara, demikian disebutkan dalam rilis dari Kedubes Australia kepada Liputan6.com, Senin (22/8/2022).

Atas nama Pemerintahan Albanese, saya bersama Greg Combet, akan memimpin delegasi investor yang berkunjung ke Indonesia dan Singapura, dimulai pada hari Minggu 21 Agustus hingga Kamis 25 Agustus," kata Stephen Jones.

Delegasi dana besar pensiun dan penasihat akan melihat secara dekat prospek untuk berinvestasi di wilayah kedua negara dan memiliki fokus yang tajam pada peluang yang tersedia.

"Sebagai bagian dari delegasi, saya akan membahas masalah ekonomi global yang berdampak pada kawasan kita dan peluang investasi dana pensiun ke dalam infrastruktur serta proyek prioritas lainnya."

"Topik ini juga termasuk diskusi yang mendalam dengan Otoritas Investasi Indonesia yang baru saja dibentuk serta pemangku kepentingan di komunitas investasi Singapura."

Perjalanan ini dilakukan di saat yang krusial. Merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi Australia di kawasan tetap menjadi prioritas dalam Pemerintahan Albanese.

Perjalanan ini menunjukkan komitmen Pemerintahan Albanese untuk memperkuat hubungan di Asia Tenggara, termasuk dengan Indonesia yaitu salah satu tetangga terdekat Australia dan Singapura – pusat keuangan regional dan internasional."

"Selain membahas isu-isu penting tersebut, saya akan menggunakan kesempatan ini untuk memperdalam hubungan bilateral dengan mitra-mitra utama di kawasan ini."


Kunjungan Menteri Pertanian Australia ke Indonesia

Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt meyakini bahwa Indonesia dan negaranya mampu menyelesaikan isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)
Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt meyakini bahwa Indonesia dan negaranya mampu menyelesaikan isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Beberapa waktu sebelumnya, perwakilan dari pemerintahan Australia yang menyambangi Indonesia adalah Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt. Ia meyakini bahwa Indonesia dan negaranya mampu menyelesaikan isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Kamis (14/7/2022) Menteri Murray Watt menyebut keprihatinannya terhadap penyebaran penyakit tersebut.

"Indonesia jelas salah satu tetangga terdekat kami. Dan ada banyak perjalanan antara orang-orang yang bepergian antara Australia dan Indonesia," ujar Menteri Murray Watt saat melakukan kunjungan ke Indoguna Meat Shop di Jakarta Selatan.

"Dan kita tahu bahwa pemerintah Indonesia juga menanggapi hal ini dengan sangat serius," tambahnya.

Murray Watt menganggap pemerintah Indonesia telah sangat serius dan telah menerapkan langkah-langkahnya sendiri.

"Saya sangat senang mendengar khususnya dari Menteri Pertanian tentang langkah-langkah yang secara khusus dibawa di Bali. Jelas, ada banyak sekali pelancong antara Australia dan Bali."[

"Jadi itu menjadi perhatian khusus bagi kami. Dan saya sangat senang mendengar tentang beberapa tindakan yang sekarang telah dilakukan di bandara-bandara khususnya di Bali, oleh pemerintah Indonesia."

 

Baca selengkapnya...

Infografis Indonesia Australia
Hubungan Indonesia Australia (Liputan6.com/Trieyas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya