Diduga Korupsi, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa Enggan Mundur

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa enggan mundur dari jabatannya walaupun tengah diterpa skandal korupsi.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 09 Des 2022, 22:22 WIB
Diterbitkan 04 Des 2022, 11:00 WIB
Cyril Ramaphosa dilantik sebagai preisden baru Afrika Selatan pada Sabtu 25 Mei 2019 (AFP/Ruvan Boshoff)
Cyril Ramaphosa dilantik sebagai preisden baru Afrika Selatan pada Sabtu 25 Mei 2019 (AFP/Ruvan Boshoff)

Liputan6.com, Cape Town - Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa tidak akan mengundurkan diri meskipun ada skandal atas uang yang dicuri dari pertaniannya, kata juru bicaranya.

Dilansir BBC, Minggu (4/12/2022), pertikaian tersebut berpusat pada klaim bahwa dia menyimpan uang tunai dalam jumlah besar di propertinya kemudian menutupi pencuriannya.

Panel ahli hukum menyimpulkan bahwa dia memiliki kasus untuk dijawab. Tetapi juru bicara Ramaphosa menyarankan dia akan terus berjuang dan akan mencari masa jabatan kedua sebagai pemimpin partai Kongres Nasional Afrika.

"Presiden Ramaphosa tidak mengundurkan diri berdasarkan laporan yang salah, dia juga tidak minggir," kata Vincent Magwenya.

"Mungkin untuk kepentingan jangka panjang dan keberlanjutan demokrasi konstitusional kita, jauh di luar kepresidenan Ramaphosa, laporan yang jelas-jelas cacat itu ditantang," tambahnya. 

Skandal itu meletus pada bulan Juni, ketika mantan bos mata-mata Afrika Selatan, Arthur Fraser, mengajukan pengaduan ke polisi yang menuduh presiden menyembunyikan pencurian uang tunai sebesar $4 juta (£3,25 juta) dari peternakan permainan Phala Phala miliknya pada tahun 2020. Ramaphosa mengakui bahwa uang telah dicuri, tetapi mengatakan jumlahnya adalah $580.000, bukan $4m.

Presiden mengatakan $ 580.000 berasal dari penjualan kerbau, tetapi panel, yang dipimpin oleh mantan hakim agung, mengatakan memiliki "keraguan besar" tentang apakah penjualan itu terjadi. Temuan panel telah diserahkan ke parlemen, yang akan memeriksanya dan memutuskan apakah akan meluncurkan proses pemakzulan terhadap presiden atau tidak.


Tekanan dari Oposisi

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa
Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa. (AP Photo)

Ramaphosa juga mendapat tekanan dari oposisi, serta saingan dari ANC yang memerintah, untuk mengundurkan diri.

Dia akan bertemu dengan badan pimpinan tertinggi ANC setelah gagal hadir pada pertemuan sebelumnya. 

Skandal itu sangat merusak Ramaphosa karena dia naik ke tampuk kekuasaan bersumpah untuk memberantas korupsi yang telah melanda negara di bawah pendahulunya, Jacob Zuma.

ANC tetap terpecah antara pendukung Zuma dan mereka yang mendukung Ramaphosa.

Ramaphosa akan ditantang untuk kepemimpinan ANC oleh mantan menteri kesehatannya Zweli Mkhize, yang juga dituduh melakukan korupsi. Dia membantah tuduhan itu.


Banyak yang Tak Terjawab

Pertemuan Asian-African Business Summit di JCC
Deputi Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memberi sambutan dalam pembukaan Asian-African-Business Summit yang merupakan rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre, Selasa (21/4/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Panel menyimpulkan bahwa ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, menyebutnya sebagai "masalah yang sangat serius".

Sedikit informasi yang disimpan tentang pria yang diduga membayar uang untuk kerbau, katanya, menambahkan bahwa dia masih belum mengumpulkan hewan itu dua setengah tahun kemudian.


Banyak Kejanggalan

HUT ke-100 Nelson Mandela, Barack Obama Ajak Warga Dunia Hormati HAM
Mantan presiden AS Barack Obama (kanan) bersama Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa (kiri) saat mengisi Kuliah Tahunan Nelson Mandela ke-16 di Wanderers Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (17/7). (AP Photo/Themba Hadebe)

Panel juga mengatakan aneh bahwa uang itu disembunyikan di sofa, bukan di brankas sampai bisa disimpan di rekening bank.

"Kami pikir presiden memiliki kasus untuk menjawab asal usul mata uang asing yang dicuri, serta transaksi yang mendasarinya," kata laporan itu. 

Ia menambahkan: "Presiden menyalahgunakan posisinya sebagai kepala negara untuk menyelidiki masalah ini dan meminta bantuan presiden Namibia untuk menangkap seorang tersangka."

Sementara Presiden Namibia Hage Geingob sebelumnya membantah terlibat dalam insiden itu.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya