Tunnel 57: Kisah Pelarian Pemuda Jerman Timur Menembus Tembok Berlin

Sebuah toko roti yang terbengkalai, beberapa sekop dan beberapa ember hanya diperlukan oleh beberapa mahasiswa untuk menentang penghalang simbolis Perang Dingin.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 04 Jun 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2023, 21:00 WIB
Bendera Jerman (AFP PHOTO via capitalfm.co.ke)
Ilustrasi Jerman (AFP PHOTO via capitalfm.co.ke)

Liputan6.com, Berlin - Jerman terbelah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur setelah kekalahan besar Adolf Hitler di Perang Dunia II. Selama puluhan tahun, rakyat kedua negara pun terpisah secara sosial dan ekonomi.

Pada 1963, sekelompok mahasiswa Jerman Barat menggali terowongan di bawah Berlin Wall atau Tembok Berlin. Di antara mereka adalah seorang pemuda bernama Joachim Neumann, yang melarikan diri dari Jerman Timur, yang secara resmi disebut German Democratic Republic (GDR) atau Republik Demokratik Jerman.

Ketika Neumann melarikan diri pada 1961, menggunakan paspor pinjaman seorang mahasiswa Swiss, ia meninggalkan sebagian besar keluarga dan teman-temannya, termasuk kekasihnya, Christa Gruhle. Sebagian besar rekan konspiratornya memiliki niat yang sama, yakni untuk bersatu kembali dengan orang yang dicintai, dipisahkan oleh penghalang sepanjang 155 km yang memisahkan Berlin Barat dan Timur.

Rencana para mahasiswa itu hanyalah salah satu dari banyak yang digunakan selama keberadaan Tembok Berlin untuk membawa orang dari timur ke barat. Metode yang digunakan sangat beragam, dalam banyak hal keberanian dari upaya yang dicoba meningkat sebanding dengan keputusasaan polisi Jerman Timur untuk menghentikannya.

Mulai dari kompartemen rahasia dibangun ke dalam mobil, dokumen dikerahkan ke stasiun kereta api yang tidak jelas, dan terowongan dibangun di bawah benteng tembok yang menjulang.

Berdasarkan penghitungan modus, metode terakhir ini tidak terlalu berhasil. Hanya sekitar 300 orang yang melarikan diri selama hampir 30 tahun melalui terowongan yang butuh waktu berbulan-bulan untuk digali dan seringkali terowongan itu sudah ditemukan pihak berwenang sebelum ditemukan.

Namun, ada yang tidak menyerah meski mengalami kegagalan berulang.

Melansir dari Smithsonian Magazine, Minggu (4/6/2023), proyek terowongan pertama Neumann gagal karena seseorang memberi tahu Stasi, polisi rahasia Jerman Timur yang menangkap calon pengungsi saat mereka mencoba melarikan diri. Gruhle adalah salah satu dari mereka yang ditangkap dan dijatuhi hukuman 16 bulan penjara.

Tidak terpengaruh, Neumann mencoba lagi. Dengan banyak mahasiswa yang sama, ia berangkat untuk membangun terowongan lain, dimulai dari toko roti terlantar di Barat dan menggali di bawahnya lebih dari panjang lapangan sepak bola. Bagian itu kemudian dikenal sebagai Tunnel 57 atau Terowongan 57. Selama dua hari beroperasi, itu adalah satu-satunya pelarian paling sukses dalam sejarah Tembok Berlin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melihat Dedikasi Neumann

Tembok Berlin
Tentara Jerman Timur (kiri) memasang barikade kawat berduri di perbatasan yang memisahkan Berlin Timur dan Barat pada 13 Agustus 1961. Warga Berlin Barat (kanan) menyaksikan pekerjaan itu. (AP)

Neumann adalah tipe orang yang biasa-biasa saja. Ia menyukai pakaian konservatif tetapi praktis dalam warna polos, dengan gaya kacamata bersahaja.

Sebagai seorang mahasiswa teknik sipil berusia 21 tahun di Kota Cottbus, Jerman Timur, sekitar 125 km tenggara Berlin, kuliah Neumann hanya tinggal beberapa saja sebelum mendapatkan gelar akademisnya ketika memutuskan untuk melarikan diri.

16 tahun sebelumnya, Jerman telah dikalahkan dalam Perang Dunia kedua dan negara itu telah dipecah menjadi empat bagian yang dikelola oleh para pemenang, Prancis, Inggris, Uni Soviet, dan Amerika Serikat (AS).

Selama tahun-tahun pertama perpecahan, hingga tepat setelah pelarian Neumann, tidak ada tembok yang memisahkan Jerman. Orang bisa bergerak melintasi perbatasan dengan dokumen, meski bukan tanpa risiko.

Menurut pengakuannya sendiri, setelah ia mencapai pos pemeriksaan perbatasan di Friedrichstrasse S-bahnhof dan berdiri di depan penjaga Jerman Timur, dia menyadari betapa berbahayanya upaya ini. Polisi, termasuk Stasi, bertindak brutal dan tak kenal lelah dalam menganiaya orang-orang yang mencoba melarikan diri dari GDR.

Jerman Timur memiliki perencanaan ekonomi terpusat, sehingga aparat bertindak tegas kepada pembelot meninggalkan proyek ekonomi tersebut, terutama karena orang-orang itu kemudian akan menjadi pengkritik rezim yang hidup dan berbicara bebas.

Lebih dari 100 orang tewas saat mencoba kabur dari Tembok Berlin.

Pada banyak kasus, orang-orang tersebut tewas langsung di tangan penjaga perbatasan. Lebih banyak lagi, sekitar 250.000 orang, ditahan sebagai tahanan politik, dan penyebab paling umum dari pemenjaraan politik adalah upaya untuk melarikan diri.

Neumann tahu tempat-tempat seperti Hohenschönhausen, penjara Stasi tempat para pembelot ditahan tanpa batas waktu dalam kondisi yang sangat suram. Perasaan kemungkinan dipenjara tidak jauh dari pikirannya ketika ia melangkah ke pos pemeriksaan di mana para penjaga menunggu untuk memeriksa dokumen. Paspor Swiss palsu digenggam di tangannya dan sakunya diisi dengan berbagai potongan sampah, potongan tiket film, sebuah tiket angkutan umum, mahasiswa sempat berpikir untuk mengirimkan dokumen pendukung identitasnya sebanyak mungkin.

"Terpikir oleh saya bahwa tidak ada cara bagi saya untuk mengadopsi aksen Swiss yang meyakinkan. Jadi saat saya berdiri menunggu paspor saya diperiksa, saya memutuskan untuk berpura-pura menjadi turis Swiss yang arogan," kenang Neumann dalam sebuah wawancara.

Ia tidak berbicara dengan para penjaga. Mereka melambai padanya melalui pemeriksaan pertama, tetapi selanjutnya mereka mengirim paspornya ke kontrol sekunder dan ia terpaksa menunggu dengan penjaga saat dokumen itu diverifikasi. Penjaga itu mencoba berbasa-basi, menanyakan pendapat Neumann tentang ibu kota Jerman hingga ia berhasil masuk.


Operasi Kabur Gunakan Terowongan 57

Runtuhnya Tembok Berlin
Runtuhnya Tembok Berlin. (Wikipedia)

Setelah pembangunan tembok, kaum muda yang sensitif secara politik, orang-orang yang tidak dapat dibujuk oleh kegagalan yang tak terhitung jumlahnya, segera menyibukkan diri dengan merancang lorong antara Berlin Timur dan Berlin Barat.

Sebagai seorang mahasiswa di Berlin Barat, Neumann tidak kesulitan menemukan sekelompok mahasiswa yang mencoba membuka rute pelarian bagi warga Jerman Timur.

"Ketika saya membangun sistem politik di mana orang mencoba melarikan diri, saya harus memikirkan mengapa mereka ingin melarikan diri," kata Neumann, menjelaskan betapa banyak orang yang tertarik pada tujuan tersebut. 

"Presiden kita saat ini [Joachim Gauck] pernah berkata bahwa pembangunan tembok mengubah penduduk GDR dari warga negara bagian menjadi narapidana negara bagian," kata Ralph Kabisch, salah satu pria yang membangun Terowongan 57 bersama Neumann. "Tidak ada ide lain yang sesempurna untuk menggambarkan bagaimana tembok mengubah banyak hal."

Berbekal keyakinan ini, Neumann, Kabisch, dan lebih dari selusin pria lainnya menggali ke dalam tanah sedalam 11 meter dari sebuah toko roti di dekat perbatasan, dan menggali bukaan segi empat yang cukup lebar untuk satu orang merayap masuk dengan tangan dan lutut sejajar dengan tanah di atas. Ini berlanjut di bawah Bernauer Strasse, di bawah tembok setinggi 12 meter, di bawah pagar sinyal yang mengaktifkan alarm ketika disentuh dan di bawah apa yang disebut "Jalur Kematian", tanah luas tak bertuan yang dilapisi paku baja dan diawasi oleh lampu sorot dan menara penjaga, hingga perlahan miring ke atas menuju permukaan Bumi.

Penggalian memakan waktu lima bulan, pekerjaan yang melelahkan. Orang-orang tidur di toko roti yang ditinggalkan selama berminggu-minggu, menumpuk karung kotoran di karung tepung dan kadang-kadang membilas lumpur yang bertatahkan dari tubuh mereka dengan ember air. Mereka tidak yakin di mana tepatnya mereka akan muncul di sisi timur, dan menganggap diri mereka beruntung ketika setelah melakukan terobosan, mereka menemukan diri mereka berada di dalam kakus tua di belakang gedung apartemen di Strelitzer Strasse 55.

Terowongan sudah siap pada 3 Oktober 1964. Orang-orang mengirim pesan kepada semua orang yang telah mereka gali, terutama orang-orang tercinta seperti keluarga, memberi tahu mereka kapan harus datang ke gedung di Strelitzer Strasse dan membisikkan kata kode Tokyo kepada warga Berlin Barat yang telah merangkak ke Timur dan akan menunjukkan kepada mereka pembukaan terowongan.

"Kami diberi tahu alamat jalan, dan diminta untuk berpura-pura seolah-olah kami hanya mengunjungi beberapa kenalan pada Minggu malam biasa," kenang Hans-Joachim Tilleman, salah satu orang yang melarikan diri melalui terowongan ke Barat.

"Jadi kami berjalan di sepanjang sisi jalan, tepat di seberang jalan ada pos jaga di mana tentara perbatasan berdiri, dan kami menghitung nomor rumah, 53, 54… 55. Dan kami sangat dekat dengan tentara. Dan itu sudah cukup mengejutkan. Jantungnya berdegup."

"Di sisi lain tembok, di sebuah gedung tinggi, ada seorang Fluchthelfer (secara harfiah 'pembantu melarikan diri'), yang mengawasi jalan untuk memastikan semuanya aman," lanjutnya. "Dan mereka seharusnya menyinari cahaya emas saat ada masalah."

"Kami tidak melihat cahaya, jadi kami melanjutkan ke gedung. Ada beberapa orang di dalam, dan kami memberi tahu mereka Tokyo dan mereka membiarkan kami masuk ke lorong tempat kami melepas sepatu dan berjingkat ke halaman dalam. Di kakus kecil di belakang, mereka menurunkan kami di terowongan, dan kami merangkak melewatinya."


Terowongan 57 Dicurigai, Penembakan Terjadi

20-12-1963: Tembok Berlin Dibuka Pertama Kali
170 Ribu warga Jerman Barat pada 20 Desember 1963 masuk ke Jerman Timur. Tangis, tawa dan keharuan langsung pecah saat Tembok Berlin dibuka.

Selama jam-jam tegang, ketika kelompok orang pertama mulai melarikan diri melalui terowongan, para penggali juga khawatir akan ada sesuatu yang salah. Semua orang sangat menyadari kewaspadaan patroli perbatasan. Beberapa siswa membawa pistol.

Keesokan harinya, Neumann menerima surat tak terduga dari kekasihnya, Christa Gruhle, yang baru akan dibebaskan dari penjara. Gruhle tidak tahu apa-apa tentang proyek bawah tanah baru yang sedang berlangsung.

Neumann bergegas untuk memberi tahu Gruhle. Malam itu, Gruhle muncul di apartemen untuk membisikkan kata kode. Kali ini, Gruhle mencapai Berlin Barat dengan selamat.

Saat malam semakin larut, beberapa penjaga perbatasan yang berpatroli melihat ada sesuatu yang mencurigakan. Mereka mengirim beberapa petugas berpakaian preman ke pintu Strelitzer Strasse 55, yang segera menyadari apa yang terjadi dan meminta bantuan. Salah satu penggali berdiri di pintu, seorang pria bernama Reinhard Furrer, melihat mereka datang dan merayap kembali ke lubang terowongan untuk memperingatkan yang lain.

Dalam kebingungan yang mengikutinya, ketika para mahasiswa mundur menuju kakus dalam upaya untuk mencapai pembukaan terowongan dan berebut kembali ke toko roti, beberapa tembakan saling balas dan seorang penjaga perbatasan muda bernama Egon Schultz ditembak. Ia meninggal kemudian dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kematian Schultz disalahkan pada pemuda radikal oleh pemerintah Jerman Timur. Terowongan itu dihancurkan. Para penggali, putus asa, menanggapi dengan mengirimkan balon ke dinding dengan surat terlampir.

"Pembunuh penyebabnya adalah polisi rahasia Jerman Timur," bunyi surat itu. "Pembunuh sebenarnya adalah sistem yang mengatasi pelarian besar-besaran warganya bukan dengan menghilangkan penyebab masalahnya, tetapi dengan membangun tembok dan memberikan perintah kepada orang Jerman untuk menembak orang Jerman."

Singkat cerita, Neumann dan Christa Gruhle kemudian menikah, Furrer menjadi astronot, Kabisch terus menyelundupkan orang melintasi perbatasan selama beberapa dekade. Terowongan 57 dikenal karena 57 orang, mewakili hampir seperlima dari semua pelarian terowongan yang sukses yang mencapai tujuan mereka selama hampir tiga dekade, merangkak melewatinya ke Barat dalam dua malam.

Bertahun-tahun setelah Tembok Berlin runtuh pada 9 November 1989, dan Jerman dipersatukan kembali, kasus kematian Egon Schultz dibuka kembali. Laporan otopsinya telah dihilangkan oleh Stasi dalam upaya untuk menutupi kejadian tersebut, tetapi kasus tersebut menemukan bahwa tembakan fatal telah dilakukan oleh seorang tentara perbatasan. Prajurit itu beroperasi atas instruksi dari seorang perwira Stasi.

Runtuhnya Tembok Berlin
Runtuhnya Tembok Berlin
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya