9 Januari 1768: Sirkus Modern Pertama Kali Ditampilkan

Pertunjukan sirkus modern pertama diadakan oleh seorang pria di Inggris bernama Phillip Astley.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 09 Jan 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi sirkus
Ilustrasi sirkus. (Unsplash/Becky Phan)

Liputan6.com, London - Pria di Inggris bernama Philip Astley menjadi orang pertama yang menggelar sirkus modern pertama di London.

Sebenarnya, pelaku akrobat, badut, hean terlatih dan komponen sirkus lainnya telah ada sepanjang sejarah, namun baru pada akhir abad ke-18 tontonan sirkus modern lahir.

Dikutip laman History, Selasa (9/1/2024), Astley yang merupakan seorang mantan sersan mayor kavaleri, menemukan bahwa jika dia berlari dalam lingkaran sempit, gaya sentrifugal memungkinkan dia melakukan hal yang tampaknya mustahil dilakukan di punggung kuda.

Ia pun membuat sebuah lingkaran besar dan pada tanggal 9 Januari 1768, mengajak masyarakat untuk melihatnya mengayunkan pedang ke udara sambil menungganginya dengan satu kaki di atas pelana dan satu lagi di atas kepala kuda.

Dari situ, trik berkuda Astley mendapat tanggapan sangat baik sehingga dia segera mempekerjakan penunggang kuda lainnya, badut, dan musisi untuk tampil. Kemudian pada tahun 1770, ia juga membangun atap di atas ringnya dan menyebut bangunan itu sebagai Amfiteater Astley.

Pada tahun 1772, Astley kemudian tampil di Versailles untuk menampilkan aksi berkuda di hadapan Raja Louis XV. Sejak itu, dia mendapati Prancis siap untuk menjadi lokasi pertunjukan permanennya sendiri, yang dia dirikan pada tahun 1782.

Juga pada tahun 1782, seorang pesaing Astley di London mendirikan lokasi pertunjukan sirkus serupa di ujung jalan dari Astley's Amphitheatre, menyebut pertunjukannya sebagai "Royal Circus", setelah nama Romawi untuk teater melingkar tempat diadakannya perlombaan kereta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Istilah Sirkus Semakin Dikenal

Menyaksikan Pertunjukan Flynn Creek Circus di Colorado
Para penampil Flynn Creek Circus memukau penonton di Avon, Colorado (14/8/2021). Sirkus akan digelar di Snowmass pada 20-22 Agustus mendatang. (Chris Dillmann/Vail Daily via AP)

Pada abad ke-19, istilah "sirkus" diadopsi sebagai nama umum untuk bentuk hiburan baru ini. Astley, yang hidup hingga tahun 1814, akhirnya mendirikan 18 sirkus lainnya di kota-kota seluruh Eropa.

Pada tahun 1792, penunggang kuda Inggris John Bill Ricketts membuka sirkus Amerika pertama di Philadelphia dan kemudian membuka sirkus lainnya di New York City dan Boston.

Presiden Amerika Serikat George Washington dilaporkan menghadiri sirkus Ricketts dan menjual seekor kuda kepada perusahaan tersebut.


Meluas ke Eropa

Eva Garcia Pemain Sirkus Wanita
Aerialis Eva Garcia, yang meninggal setelah kecelakaan di Great Yarmouth, Norfolk pada tahun 2003, adalah kematian yang jarang terjadi di sirkus Inggris. (Hippodrome Circus/PA)

Sirkus keliling yang lebih kecil muncul di Eropa pada awal abad ke-19, mengunjungi kota-kota yang tidak memiliki pertunjukan permanen yang rumit. Pertunjukan tenda keliling yang lebih besar berkembang pada tahun 1820-an.

Pada tahun 1859, Cirque Napoleon di Paris menampilkan aksi "flying trapeze" pertama, yang tetap menjadi komponen populer sirkus modern.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya