19 Juni 1980: Pasukan Keamanan Irak Tembak Mati 3 Pria Bersenjata di Halaman Kedubes Inggris di Baghdad

Dubes Inggris untuk Irak, Alex Stirling berada di dalam kedutaan pada saat serangan terjadi, tetapi baik dia maupun staf kedutaan lainnya tidak terluka.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 19 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 06:00 WIB
bendera Inggris
Ilustrasi bendera Inggris (Unsplash/Aleks Marinkovic)

Liputan6.com, Baghdad - Pasukan keamanan Irak menembak mati tiga orang bersenjata yang menyerang kedutaan Inggris di Baghdad.

Penyerang tak dikenal yang membawa senjata otomatis dan granat, menyerbu ke halaman kedutaan dan meledakkan diri di dekat pintu masuk utama, dikutip dari laman BBC, Rabu (19/6/2024).

Namun mereka gagal memasuki gedung. Mereka lantas dibunuh di taman kedutaan oleh petugas keamanan Irak, yang dikirim atas permintaan mendesak dari duta besar Inggris, Alex Stirling.

Dubes Stirling berada di dalam kedutaan pada saat serangan terjadi, tetapi baik dia maupun staf kedutaan lainnya tidak terluka.

Petugas pers kedutaan David Richmond berkata: "Kami semua bergegas ke bagian kedutaan yang aman segera setelah alarm berbunyi, segera setelah dua ledakan mengguncang gedung."

"Saya tidak tahu persis apa yang terjadi. Kami semua menundukkan kepala dan seperti yang dapat Anda bayangkan, masih banyak kebingungan di sini".

Setelah serangan berakhir, Dubes Stirling mengunjungi Kementerian Luar Negeri Irak. Kedutaan, beserta kediaman duta besar, dijaga ketat.

Pintu masuk kedutaan hancur dan ditandai dengan lubang-lubang bekas peluru akibat serangan.

Perhatian saat itu akan beralih ke identitas penyerang dan kemungkinan motif penyerangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya