Kecelakaan Bus Wisata Tabrak Pilar Jalan Raya di Brasil, 10 Orang Meninggal

Laporan kecelakaan yang dibuat oleh departemen transportasi negara bagian Sao Paulo, Brasil tenggara mengatakan pengemudi telah melaporkan kerusakan mekanis yang menyebabkan dia kehilangan kendali atas bus.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 06 Jul 2024, 08:25 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 08:25 WIB
Kecelakaan bus wisata menabrak pilar jalan raya di negara bagian Sao Paulo, Brasil tenggara pada 5 Juli 2024. (AFP)
Kecelakaan bus wisata menabrak pilar jalan raya di negara bagian Sao Paulo, Brasil tenggara pada 5 Juli 2024. (AFP)

Liputan6.com, Sao Paulo - Kecelakaan bus terjadi di Brasil dan sejumlah penumpang dilaporkan meninggal dunia.

"Sepuluh orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka pada 5 Juli, ketika sebuah bus wisata menabrak pilar jalan raya di negara bagian Sao Paulo, Brasil tenggara," kata pihak berwenang seperti dikutip dari The Straits Times, Sabtu (6/7/2024).

Kecelakaan itu terjadi dini hari di wilayah Itapetininga.

"Ada 52 korban, 10 di antaranya meninggal di tempat kejadian," kata seorang pejabat  Public Security Secretariat (SSP)/ Sekretariat Keamanan Publik (SSP) Sao Paulo kepada AFP.

Korban luka dievakuasi oleh tim penyelamat dan petugas pemadam kebakaran dan dibawa ke tiga rumah sakit di Itapetininga dan Sorocaba.

Lima di antaranya mengalami luka serius.

Laporan kecelakaan yang dibuat oleh departemen transportasi negara bagian mengatakan pengemudi telah melaporkan kerusakan mekanis yang menyebabkan dia kehilangan kendali atas bus.

Bus di Brasil Jatuh ke Jurang, 10 Penumpang Tewas 21 Lainnya Terluka

Sementara itu, sedikitnya 10 orang tewas dan 21 lainnya cedera setelah sebuah bus yang membawa pekerja ke pabrik mereka di negara bagian Parana, Brasil selatan, jatuh ke jurang pada Rabu (30/3) malam, kata Polisi Jalan Raya Federal setempat, Kamis.

Menurut laporan polisi, kecelakaan itu terjadi sebelum tengah malam di kotamadya Sapopema, demikian dikutip dari laman Xinhua, Jumat (1/4/2022).

Di mana tujuh orang kehilangan nyawa, sementara tiga lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit daerah.

Bus tersebut membawa lebih dari 30 penumpang dari berbagai daerah di negara itu, yang sedang dalam perjalanan ke sebuah pabrik milik Klabin, produsen dan eksportir kertas terbesar di Brasil, di kota Campos Gerais.

Informasi awal menunjukkan bahwa pengemudi kehilangan kendali kendaraan diduga karena hujan lebat pada saat kecelakaan.


Kecelakaan Bus Fans Klub Bola Corinthians Tewaskan 7 Orang, Presiden Brasil Berduka

Kecelakaan bus di Brasil yang menewaskan tujuh fans sepak bola . (Minas Gerais Fire Department/AFP)
Kecelakaan bus di Brasil yang menewaskan tujuh fans sepak bola . (Minas Gerais Fire Department/AFP)

Kecelakaan bus di Brasil pernah juga menewaskan sejumlah suporter tim sepak bola.

"Sebuah bus yang membawa penggemar tim sepak bola Brasil Corinthians jatuh pada Minggu 22 Agustus 2023 setelah pertandingan di kota Belo Horizonte, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 36 lainnya," kata polisi seperti dikutip dari Associated Press (AP), Senin (21/8/2023).

Penumpang yang selamat mengatakan kepada media lokal bahwa bus kehilangan kendali dan terbalik, ketika mencoba menghindari tabrakan dengan bus lain.

Klub sepak bola Corinthians mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya akan memberikan dukungan kepada keluarga korban.

Klub Brasil lainnya juga turut berduka cita atas kecelakaan bus tersebut seperti yang dilakukan Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva, yang juga merupakan fans klub tersebut.

ESPN mengutip petugas pemadam kebakaran melaporkan bahwa ada 43 orang berada di dalam kendaraan yang celaka, kehilangan rem sekitar pukul 02.50, menabrak jurang dan terbalik.

Departemen pemadam kebakaran Brasil mengatakan 36 orang terluka, 27 di antaranya dibawa ke rumah sakit dan satu dalam kondisi serius namun tidak mengancam jiwa.

Fernando Frois, seorang letnan petugas pemadam kebakaran Minas Gerais, melaporkan jumlah korban tetapi tidak mengatakan kondisi mereka yang dirawat di rumah sakit.

National Agency of Land Transportation (ANTT) atau Badan Perhubungan Darat Nasional (ANTT) negara itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bus itu tidak terdaftar dan tidak memiliki otorisasi untuk mengangkut penumpang antar negara bagian.

Klub-klub dari seluruh Brasil, serta Konfederasi Sepak Bola Brasil, mengirimkan belasungkawa kepada keluarga dan teman para korban.

 


Bus Jatuh dari Jalan Layang, 7 Orang Meninggal

Kecelakaan Bus
Ilustrasi Kecelakaan bus. (pexels/david iloba)

Sebelumnya,sedikitnya 7 orang penumpang bus meninggal dan 6 lainnya cedera dalam kecelakaan yang terjadi di di Kota Rio de Janeiro, Brasil. Insiden itu terjadi akibat bus penumpang yang terjatuh dari jalan layang dari ketinggian 4 meter.

Sebelum terjatuh bus melewati penghalang jalan di Brigadeiro Trompowsky Freeway di bagian utara Rio, dekat bandar udara internasional. Seorang petugas regu pemadaman setempat mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.30 waktu setempat atau Rabu (3/4/2013) pukul 02.30 WIB. Bus terjun bebas dan mendarat di Brasil Avenue sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Kami mengonfirmasi 7 orang tewas, 5 di antara mereka pria dewasa dan 2 lagi perempuan," kata Kolonel Sergio Simoes dari Pertahanan Sipil Rio de Janeiro.

Keenam orang yang cedera dibawa ke rumah sakit untuk dirawat. Sementara pemerintah menyatakan jumlah korban cedera bisa bertambah karena upaya pertolongan masih berlangsung.

Para pejabat tidak mengetahui penyebab kecelakaan itu. Tapi beberapa sumber mengatakan pengemudi bus itu mungkin bertengkar dengan seorang penumpang karena masalah ongkos yang belum dibayar saat kecelakaan terjadi.

Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour
Infografis Kasus Kecelakaan Bus Pariwisata Saat Study Tour.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya