Begini Respons Donald Trump Soal Joe Biden Mundur dari Bursa Capres untuk Pemilu AS 2024

Donald Trump mengolok-olok Joe Biden yang keluar yang keluar dari pencalonan presiden untuk pemilu AS 2024. Begini ucapan selengkapnya:

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 22 Jul 2024, 08:08 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 08:08 WIB
Presiden AS Joe Biden menyatakan mundur dari bursa capres AS untuk pemilu AS 2024. (File/AP)
Presiden AS Joe Biden menyatakan mundur dari bursa capres AS untuk pemilu AS 2024. (File/AP)

Liputan6.com, New York - Presiden Joe Biden keluar dari bursa calon presiden atau capres AS tahun 2024 pada hari Minggu (21/7/2024), mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali setelah perdebatan sengit dengan Donald Trump yang menimbulkan keraguan tentang kelayakan sang petahana untuk menjabat.

Pengumuman yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang disampaikan kurang dari empat bulan sebelum pemilu AS 2024, segera mengubah kampanye yang dianggap oleh kedua partai politik sebagai kampanye yang paling penting dalam beberapa generasi.

Joe Biden mundur dari bursa capres AS kemudian menuai respons sang rival, Donald Trump.

"Presiden Joe Biden tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat – Dan tidak pernah,” tulis kandidat Partai Republik Donald Trump dalam sebuah postingan yang dibagikan di platform media sosial Truth Social miliknya pada hari Minggu (21/7) mengomentari Biden yang mengumumkan dia tidak akan mencalonkan diri kembali pada bulan November.

Joe Biden yang curang tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat – Dan tidak pernah layak! Dia hanya mencapai posisi presiden melalui kebohongan, berita palsu, dan tidak meninggalkan ruang bawah tanahnya,” tulis Trump.

“Semua orang di sekitarnya, termasuk dokternya dan media, tahu bahwa dia tidak mampu menjadi presiden, dan dia tidak mampu – Dan sekarang, lihat apa yang telah dia lakukan terhadap negara kita, dengan jutaan orang melintasi Perbatasan kita, benar-benar tidak terkendali dan tidak diperiksa, banyak dari mereka berasal dari penjara, rumah sakit jiwa, dan jumlah teroris yang sangat banyak. Kami akan sangat menderita karena kepresidenannya, namun kami akan memperbaiki kerusakan yang telah ia lakukan dengan sangat cepat. Make America Great Again!” tulis Trump lagi seperti dikutip dari AFP,  Senin (22/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Donald Trump: Joe Biden Adalah Presiden AS Terburuk

Perban Telinga, Tren Baru Pendukung Donald Trump
Mantan Presiden dan kandidat calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump. (Jim WATSON/AFP)

Juga pada hari Minggu (21/7), Kaitlan Collins dari CNN melaporkan bahwa dalam panggilan telepon dengan Trump, kandidat Partai Republik itu berkata, “Dia adalah presiden terburuk dalam sejarah negara kita. Dia menjadi presiden terburuk sejauh ini dalam sejarah negara kita.”

Pengumuman Joe Biden ini muncul setelah berminggu-minggu muncul laporan yang mengindikasikan tim kampanye Trump menginginkan presiden tersebut tetap ikut dalam pemilihan presiden.

Pada tanggal 14 Juli, The Guardian mencatat bahwa pengunduran diri Biden dari pencalonan akan menyebabkan Trump “kehilangan dua jalur serangan yang penting dalam kampanyenya: mengklaim bahwa Biden 'mengantuk' dan kurang fit untuk masa jabatan berikutnya, dan kesalahan yang salah. mengklaim bahwa Biden harus disalahkan atas inflasi dan peningkatan imigrasi ilegal.”

Trump sendiri melakukan survei kepada para pemilih yang menghadiri kampanyenya di Grand Rapids, Michigan, pada hari Sabtu dan menanyakan apakah mereka lebih memilih Biden atau Kamala Harris sebagai lawannya. Sebagian besar peserta dengan lantang mengindikasikan bahwa mereka ingin Trump mencalonkan diri melawan Biden tahun ini.


Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024: Keputusan Terbaik untuk Partai dan Negara

Joe Biden
Ditambah lagi penampilan debatnya yang dinilai tersendat-sendat dan terkadang tidak koheren melawan Donald Trump dari Partai Republik pada akhir Juni 2024. (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bahwa ia mundur dari Pilpres AS 2024 yang akan digelar pada 5 November mendatang.

Pengumuman ini ia sampaikan empat bulan sebelum pesta demokrasi tersebut berlangsung.

Dikutip dari laman BBC, Senin (22/7/2024) keputusan Joe Biden muncul ketika beberapa minggu terakhir mendapatkan tekanan hebat dari sesama anggota partai Demokrat.

Ditambah lagi penampilan debatnya yang dinilai tersendat-sendat dan terkadang tidak koheren melawan Donald Trump dari Partai Republik pada akhir Juni 2024.

Pria berusia 81 tahun itu sebelumnya menolak seruan untuk mundur, bahkan ketika banyak pihak yang mulai khawatir atas masalah mental dan kapasitasnya untuk mengalahkan Trump.

Pengumuman tersebut membuka jalan bagi anggota dari partai Demokrat lainnya untuk menjadi kandidat presiden partai.

Meski demikian, Joe Biden tetap akan menjadi presiden AS hingga Januari 2025.

"Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara, saya harus mengundurkan diri dan hanya fokus pada pemenuhan tugas sebagai presiden selama sisa masa jabatan," tulis Biden dalam surat yang diunggah di X (dulunya Twitter).

"Saya akan menyampaikan pernyataan kepada publik pada akhir minggu ini secara rinci tentang keputusan saya."

Joe Biden juga mengucapkan terima kasih kepada Kamala Harris yang ia nilai sudah menjadi mitra yang luar biasa.


Mundur dari Pilpres AS 2024, Joe Biden Dukung Kamala Harris Melawan Donald Trump

Joe Biden
Pria berusia 81 tahun itu mengumumkan dukungan untuk Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. (AP Photo/Evan Vucci)

Usai mundur dari pemilihan presiden (Pilpres AS), Joe Biden mengumumkan bahwa ia mendukung Kamala Harris untuk maju menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan penuh dan dukungan kepada Kamala untuk menjadi calon dari partai kita tahun ini. Saatnya bersatu dan mengalahkan Donald Trump. Mari kita lakukan," kata Joe Biden di akun X.

 Berikut ini adalah isi lengkap pernyataan Joe Biden yang memutuskan mundur dari Pilpres AS 2024:

 

Rekan-rekan warga Amerika Serikat, selama tiga setengah tahun terakhir, kita telah membuat kemajuan besar sebagai sebuah negara. Saat ini, Amerika Serikat menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Kita telah membuat investasi bersejarah dalam membangun kembali negara kita, menurunkan biaya obat resep untuk para manula, dan memperluas perawatan kesehatan yang terjangkau bagi sejumlah besar warga AS.

Kita telah menyediakan perawatan yang sangat dibutuhkan bagi sejuta veteran yang terpapar zat-zat beracun. Mengesahkan undang-undang keselamatan senjata pertama dalam 30 tahun. Menunjuk wanita Afrika-Amerika pertama ke Mahkamah Agung. Dan mengesahkan undang-undang iklim paling signifikan dalam sejarah dunia. AS tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik daripada saat ini.

Saya tahu semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa Anda, wahai rakyat AS. Bersama-sama, kita berhasil mengatasi pandemi yang terjadi dalam abad ini dan krisis ekonomi terburuk. Kita telah melindungi dan melestarikan demokrasi kita. Dan kita telah menghidupkan kembali dan memperkuat aliansi di seluruh dunia.

Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Presiden AS. Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara ini, saya harus mengundurkan diri dan memilih fokus untuk memenuhi tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan.

Saya akan berbicara kepada publik ini minggu ini lebih rinci tentang keputusan saya. Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden AS Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa. Dan izinkan saya menyampaikan penghargaan yang tulus kepada rakyat AS atas kepercayaan dan keyakinan yang telah Anda berikan kepada saya.

Saya percaya dan selalu saya yakini. Bahwa tidak ada yang tidak dapat dilakukan AS jika kita melakukannya bersama-sama. Kita hanya perlu mengingat bahwa kita adalah Amerika Serikat. 

 

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya