Diaba Konate Atlet Basket Berhijab Prancis Dilarang Bertanding di Olimpiade Paris 2024, Ini Alasannya

Diaba Konaté, yang lahir dan besar di Paris diangga sebagai bintang yang bersinar di turnamen NCAA Women's March Madness tahun ini, tapi ia tak bisa tampil di Olimpiade 2024 Paris karena berhijab.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 29 Jul 2024, 12:12 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 12:12 WIB
Diaba Konaté atlet basket berhijab dilarang tanding di Olimpiade Paris 2024. (AFP)
Diaba Konaté atlet basket berhijab dilarang tanding di Olimpiade Paris 2024. (AFP)

Liputan6.com, Paris - Di balik gemerlapnya Olimpiade Paris 2024, tersimpan sisi gelap dari negara sang penyelenggara. Adalah Diaba Konaté (Diaba Konate), atlet basket berhijab yang tengah jadi sorotan. Bukan karena prestasinya melainkan akibat tak bisa bertanding gara-gara penutup kepala yang dikenakannya.

Laporan US News yang dikutip Senin (28/7/2024) menyebut, Konate tidak bisa bertanding di negaranya sendiri dalam perhelatan Olimpiade 2024 Paris akibat terjegal larangan hijab.

Diaba Konaté dinobatkan sebagai pemain bertahan terbaik konferensi basket perguruan tinggi NCAA Big West tahun 2023-2024. Pada tahun terakhirnya bermain untuk University of California, Irvine, ia mencetak rata-rata 7,5 poin, 2,4 rebound, dan 3,7 assist per game.

Konaté, yang lahir dan besar di Paris, memiliki persentase lemparan bebas yang tinggi. Ia banyak mencuri bola dari lawan. Beberapa penggemar basket menganggapnya sebagai bintang yang bersinar di turnamen NCAA Women's March Madness tahun 2024 ini.

Meski bersinar di lapangan, Diaba Konaté malah tidak dapat bermain basket di negaranya sendiri, termasuk untuk tim nasional Prancis selama Olimpiade Paris. Dan itu karena ia mengenakan hijab.

Padahal International Basketball Federation (FIBA) atau Federasi Bola Basket Internasional, organisasi yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss yang mengatur olahraga ini di seluruh dunia, pada tahun 2017 membatalkan larangan global terhadap jilbab yang dikenakan oleh beberapa wanita Muslim.

Langkah menjegal Konaté adalah dari versi domestik Prancis dari badan tersebut yakni French Federation of Basketball (FFBB) atau Federasi Bola Basket Prancis. Mereka memilih untuk menerapkan hukum negara tentang sekularisme yang melarang penggunaan simbol atau pakaian yang mengekspresikan afiliasi keagamaan di sekolah umum dan lembaga lain yang terkait dengan negara.

Atlet seperti Konaté mengatakan hal itu berdampak buruk pada karier bola basket mereka.

"Konteks di Prancis membuat saya gugup," kata Konaté, 23 tahun, bulan lalu dalam panggilan Zoom dengan wartawan, pelatih, dan perwakilan dari kelompok hak asasi manusia yang telah berusaha untuk membatalkan larangan jilbab di Prancis dalam sepak bola, bola basket, dan bola voli, baik di tingkat profesional maupun amatir.

"Sangat membuat frustrasi karena tidak dapat mewakili negara saya atau sekadar bermain basket hanya karena identitas agama saya sebagai seorang wanita Muslim yang memilih untuk mengenakan jilbab," kata Konaté.

"Saya tidak dapat sepenuhnya mengekspresikan keyakinan saya dan mengejar aspirasi atletik saya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aktivis: Larangan Hijab Paris Tidak Sekadar Diskriminatif

Ilustrasi Islami, muslimah, hijab
Ilustrasi Islami, muslimah, hijab. (Photo by Gary Yost on Unsplash)

Para aktivis mengatakan larangan jilbab di Prancis tidak sekadar diskriminatif. Larangan ini juga secara efektif mencegah wanita dan anak perempuan Muslim untuk berpartisipasi penuh dalam olahraga, untuk rekreasi atau sebagai karier, dan pengecualian ini dapat berdampak negatif pada kehidupan mereka, termasuk kesehatan mental dan fisik mereka.

"Siapa yang ingin kita hapus ketika kita mengatakan bahwa Anda tidak dapat mewakili Prancis meskipun secara kasat mata beragama Islam?" kata Hélène Bâ, seorang pemain basket Prancis dan pengacara hak asasi manusia, yang berpartisipasi dalam panggilan telepon dengan Konaté dengan merekam terlebih dahulu pesan video yang diputar melalui Zoom.

Bâ adalah salah satu pendiri Basket Pour Toutes − Basketball For All − sebuah kolektif yang telah mendorong Komite Olimpiade Internasional dan Federasi Basket Internasional untuk membantu membatalkan larangan jilbab di Prancis. Kelompok ini merupakan salah satu dari 11 kelompok hak asasi yang menulis surat kepada Presiden IOC Thomas Bach pada bulan Juni untuk meminta dia campur tangan dalam masalah ini.

"Ini jelas merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai dan ketentuan Piagam Olimpiade," kata Bâ tentang larangan tersebut.

"Ini juga merupakan pelanggaran terhadap hak dan kebebasan fundamental kita. Ini melanggar kebebasan hati nurani dan agama kita serta hak kita untuk berpartisipasi dalam olahraga. Ini memperkuat stereotip gender dan ras, dan ini menyulut kebencian anti-Muslim yang sudah menyebar di sebagian masyarakat Prancis."

 


Sempat Bermain untuk Timnas Prancis

Ilustrasi perempuan muslim berhijab (AFP)
Ilustrasi perempuan muslim berhijab (AFP)

Konaté mengakui bahwa pemilihannya untuk tim basket Olimpiade Prancis bukanlah pilihan yang pasti. Namun, dia menunjukkan bahwa sebelum larangan jilbab berlaku, dia bermain untuk tim nasional Prancis U-18, di mana dia memenangkan dua medali perak dan satu medali emas.

"Sejujurnya, saya tidak tahu apakah saya cukup baik. Saya tidak akan pernah bisa menjawabnya. Saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk benar-benar menjadi bagian dari tim."

Sementara itu, para aktivis mengatakan bahwa anggota klub olahraga di Prancis secara teknis tidak tunduk pada hukum negara tentang kenetralan. Mereka juga menuduh bahwa hal itu cenderung ditegakkan secara selektif.

Timothée Gauthiérot, pelatih basket Prancis dan salah satu pendiri Basket Pour Toutes, mengatakan bahwa ia sering melihat pemain basket Sikh di Prancis mengenakan turban yang belum pernah menghadapi larangan jilbab seperti yang dialami pemain Muslim.

Gauthiérot mengatakan larangan tersebut mengakibatkan lebih sedikit anak perempuan di lapangan dan jika situasinya tidak berubah, ia memperkirakan tim akan mengalami kesulitan dalam merekrut pemain baru sehingga beberapa klub harus tutup.

"Mungkin kita tidak akan dapat mengukur dampak penuh dari larangan ini selama dua, tiga, lima, sepuluh tahun," kata Gauthiérot. "Tetapi kita masih dapat merasakannya. Beberapa anak perempuan telah berhenti berolahraga."


Respons IOC Soal Larangan Hijab di Olimpiade

Menanggapi surat yang dikirim Bach ke IOC atas nama Basket Pour Toutes dan kelompok hak asasi lainnya, IOC mengatakan bahwa secara umum atlet bebas mengenakan jilbab, cadar, dan jilbab di Desa Olimpiade dan di tempat-tempat Olimpiade, tetapi selama kompetisi, "aturan teknis" yang ditetapkan oleh federasi olahraga nasional berlaku.

IOC mengatakan bahwa "atlet elit yang bertanding untuk tim nasional Prancis dianggap sebagai pegawai negeri. Ini berarti mereka harus menghormati prinsip sekularisme dan netralitas."

Surat IOC selanjutnya menambahkan bahwa mereka hanya mengetahui satu kasus atlet berhijab yang bertanding di Paris untuk Prancis yang terkena dampak larangan tersebut. Dikatakan bahwa kasus tersebut telah "diselesaikan dengan memuaskan semua orang," tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang perwakilan Federasi Bola Basket Prancis tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui email tentang dampak larangan tersebut terhadap pemain bola basket wanita Prancis atau popularitas olahraga tersebut.

Kementerian Olahraga Prancis juga tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang poin-poin tersebut atau permintaan informasi tentang atlet Olimpiade yang dirujuk oleh IOC dalam suratnya.

Setelah berita ini dipublikasikan, IOC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "Prancis melindungi kebebasan berekspresi, hati nurani, dan agama setiap individu, termasuk atlet tim nasionalnya." Dikatakan bahwa tidak ada larangan umum untuk mengenakan jilbab di lapangan olahraga di Prancis, tetapi atlet yang dipilih untuk tim nasionalnya dianggap "berpartisipasi dalam pelaksanaan layanan publik," dan dengan demikian tunduk pada hukum sekularisme.

Bilqis Abdul-Qaadir, mantan pemain basket NCAA Amerika yang memimpin pencabutan larangan jilbab FIBA ​​pada tahun 2017 dan juga berpartisipasi dalam panggilan Zoom dengan Konaté, mendesak rekan-rekan atletnya untuk tidak menyerah menghadapi larangan tersebut.

"Diaba, saya minta maaf," kata Abdul-Qaadir dalam panggilan tersebut, berbicara kepada Konaté. "Kepada semua saudari lainnya di Prancis, saya minta maaf. Satu-satunya hal yang benar-benar dapat saya katakan − yang saya rasa harus saya katakan − adalah mereka dapat melarang kami dari organisasi dan badan pengatur mereka. Mereka dapat memiliki suara dalam apa yang mereka inginkan. Mereka tidak dapat menghentikan kami untuk bermain."

Infografis Kiprah Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kiprah Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya