Sulit Konsentrasi Saat Mengemudi, Waspada Alzheimer

Sebuah studi terbaru menemukan, ketidakmampuan wanita saat mengemudi mungkin bisa jadi tanda Alzheimer

oleh Fitri Syarifah diperbarui 04 Apr 2015, 12:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2015, 12:00 WIB
Sulit Konsentrasi Saat Mengemudi, Waspada Alzheimer
Sebuah studi terbaru menemukan, ketidakmampuan wanita saat mengemudi mungkin bisa jadi tanda Alzheimer

Liputan6.com, Kanada Para wanita coba perhatikan temuan baru ini. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer menemukan, ketidakmampuan wanita saat mengemudi bisa jadi tanda Alzheimer.

Seperti diberitakan Healthmeup, Kamis (2/4/2015) Alzheimer sendiri merupakan bentuk demensia (kepikunan) yang paling umum, kira-kira dua pertiga dari semua kasus. Penyakit ini menyebabkan penurunan kemampuan kognitif secara berangsur-angsur, sering bermula dengan kehilangan daya ingat, perubahan emosi dan disfungsi.

Dalam hal ini peneliti dari York University di Kanada melihat gangguan komunikasi antara daerah otak yang berbeda sehingga individu kesulitan mengendarai mobil atau bekerja menggunakan komputer.

"Kami mengamati hubungan antara tingkat kerusakan otak dan kinerja mereka," kata Profesor Lauren Sergio.

Sergio mengungkapkan, penyakit Alzheimer terkait dengan kehilangan memori, persepsi dan aspek lain dari fungsi kognitif, sedangkan ketidakmampuan bergerak secara kompleks biasanya menyusul.

Penelitian ini melibatkan 30 partisipan wanita, dengan 10 wanita usia 20-an. Sisanya usia 50-an atau lebih tua, 50 persen dari mereka berisiko tinggi menderita Alzheimer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya