Perbedaan Menangis Antara Pria dan Wanita

Predikat juara menangis sepertinya lebih sering disematkan pada wanita daripada pria.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 08 Jan 2016, 20:30 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2016, 20:30 WIB
Alasan Pria Menangis Saat Tim Favoritnya Menang
Foto Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia, tentu normal bila seseorang menangis. Namun predikat juara menangis sepertinya lebih sering disematkan pada wanita daripada pria. Melihat adegan film Korea yang sedih sudah mampu membuat wanita meneteskan air mata, sementara pria tetap menonton dengan tenangnya.

Streotip wanita lebih sering menangis memang tak salah. Dalam setahun wanita menangis puluhan kali, rata-rata lima kali lebih sering dibandingkan pria seperti diungkapkan dalam laporan penelitian oleh psikolog Ivan Nyklicek, Lydia Temoshok and Ad Vingerhoets dari Tilburg University, Belanda. 

Mengenai durasi, pria menangis lebih singkat, yakni rata-rata 2-3 menit. Sementara wanita rata-rata mencapai 6 menit. Vingerhoets juga menyebutkan wanita lebih mungkin untuk 'menikmati' menangis hingga lebih dari satu jam seperti dikutip laman Live Science, Jumat (8/1/2015).

Tak cuma wanita dari negara kita yang lebih sering menangis, hal ini lumrah terjadi pada kaum hawa di seluruh dunia.

Namun frekuensi menangis lebih sedikit terjadi pada mereka yang tinggal di negara-negara miskin seperti Ghana, Nepal, dan Nigeria seperti diungkap dalam studi pada 2011 yang diterbitkan Jurnal Cross-Cultural Research. Hal ini bisa jadi karena kondisi yang miskin menghalangi ekspresi emosional mereka, termasuk menangis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya