5 Dampak Buruk Gadget untuk Tumbuh Kembang Anak

Apakah penggunaan gadget dengan filter konten dewasa sudah pasti tidak akan memberi dampak negatif pada si Kecil?

oleh Babyologist diperbarui 28 Jan 2019, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2019, 10:00 WIB
Ibu dan gawai (iStockphoto)
Ilustrasi gawai ibu dan anak (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, gadget atau gawai tak lagi asing bagi anak-anak. Bahkan mereka sudah terbiasa bersentuhan dengan gadget sejak usia sangat dini. Terkadang orangtua menggunakan gadget sebagai sarana edukasi atau menyiasati perilaku anak yang enggan makan dan lainnya. Mommy Sarah Brahmana dari Babyologist berbagi pengalamannya seputar dampak gadget pada anak.

Dewasa ini, penggunaan gadget pada anak-anak sudah bisa dibilang biasa ya Moms. Bahkan kadang kala gadget bisa jadi penolong kita, misalnya ketika si Kecil sedang sulit makan atau menenangkan si Kecil yang sangat aktif. Kini berbagai konten untuk anak-anak juga sudah banyak sekali tersedia. Sehingga, sebagai ibu kita bisa lebih sedikit tenang tanpa khawatir si Kecil menonton konten-konten yang belum sesuai dengan usianya.

Tapi apakah sampai di sini penggunaan gadget pada si Kecil tidak lagi memiliki efek buruk? Apakah penggunaan gadget dengan filter konten dewasa sudah pasti tidak akan memberi dampak negatif pada si Kecil?

Menurut saya, bahaya penggunaan gadget bukan sekadar pada kontennya saja lho Moms, tapi juga pada efek ketagihan hingga efek ketergantungan yang dapat berdampak buruk pada kepribadian si Kecil, seperti:

  1. Si Kecil hanya mau makan sambil menonton. Jika tanpa gadget, ia tidak mau makan sama sekali atau hanya makan sedikit.
  2. Agar disuguhi gadget, si Kecil suka berbuat onar, seperti mengganggu, berteriak, tidak mau duduk tenang dan baru akan tenang ketika diberi gadget.
  3. Si Kecil linglung dan tidak tahu mau melakukan aktivitas apa ketika tidak ada gadget.
  4. Ketika bepergian, si Kecil menjadi gelisah ketika gadgetnya ketinggalan, lowbatt atau rusak.
  5. Yang paling parah adalah si Kecil marah hingga tantrum ketika keinginannya akan gadget tidak terpenuhi.

Mungkin masih banyak lagi efek buruk ketergantungan gadget pada si Kecil yang Moms sendiri alami sebagai bukti bahwa sekecil apa pun, efek penggunaan gadget pada anak tetap ada.

Oleh karena itu, kebijakan Moms sebagai ibu, pendamping dan pendidik anak berperan amat besar pada keputusan apakah Moms mengizinkan atau tidaknya gadget digunakan oleh si Kecil. Sebelum Moms memutuskan untuk mengizinkan si Kecil bermain gadget, pikirkan baik-baik apa gunanya dan atur strategi untuk meminimalisir efek buruknya.

 

Semoga bermanfaat.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya