6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, di antaranya adalah melawan peradangan yang kronis, memberikan perlindungan pada jantung, dan meningkatkan kepadatan tulang.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Jan 2020, 10:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2020, 10:00 WIB
Manfaat Minyak Ikan
(Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Minyak ikan umumnya dijadikan sebagai salah satu bahan utama suplemen dalam bentuk cair, kapsul, dan tablet. Seperti yang telah diketahui, minyak ikan biasanya digunakan para orangtua sebagai multivitamin untuk menambah nafsu makan anak-anaknya.

Dengan memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan, Anda akan mendapatkan manfaat lainnya dari minyak ikan selain untuk menambah nafsu makan. Berikut ini adalah keuntungan dari minyak ikan menurut ahli nutrisi:

1. Minyak Ikan Dapat Melawan Peradangan yang Kronis

Berdasarkan yang dilansir dari Health, minyak ikan berasal dari ekstrak ikan yang berlemak, seperti ikan sarden, teri, dan makarel yang memiliki dua jenis asam lemak omega 3, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) yang dapat membantu memperbaiki peradangan dalam tubuh.

2. Minyak Ikan Dianggap Sebagai Pelindung Jantung

Para ahli percaya minyak ikan dapat mendukung kesehatan jantung Anda. Berdasarkan meta-analisis pada September 2019 yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association (JAHA) menyimpulkan bahwa omega 3 pada minyak ikan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan kematian akibat penyakit jantung.

Minyak ikan juga terbukti dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, mengurangi tekanan darah, mencegah pembentukan plat pada arteri, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

Saksikan juga video menarik berikut:


3. Minyak Ikan Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Asupan omega 3 pada minyak ikan dapat mempertahankan kepadatan tulang yang lebih besar dan bisa dijadikan sebagai mediator potensial dari keropos tulang yang berkaitan dengan usia.

4. Minyak Ikan Dapat Menurunkan Risiko Asma Pada Anak

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko asma pada anak-anak. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat mengurangi alergi pada bayi.

Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus memastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis profesional mengenai dosis aman menggunakan minyak ikan dalam keadaan hamil.


5. Bisa Jadi Minyak Ikan Dapat Membuat Otak Semakin Tajam

Dalam sebuah penelitian, minyak ikan dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa yang berusia 51 hingga 72 tahun. Penelitian lain menunjukan bahwa adanya kadar omega 3 dalam darah berpengaruh pada risiko depresi dan kecemasan yang lebih rendah.

6. Minyak Ikan Dapat Mengurangi Risiko Kematian

Seperti yang dilansir dari Very Well Fit, minyak ikan dapat mengurangi risiko kematian hingga 7% pada pasien yang memiliki penyakit jantung dan 3% pada pasien yang memiliki serangan jantung. Hal ini sesuai dengan yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA).

Menurut Association Heart American (AHA), manfaat suplemen minyak ikan dapat menurunkan sedikit risiko kematian akibat gagal jantung atau setelahs serangan jantung, tetapi tidak ada bukti yang baik bahwa minyak ikan dapat mencegah penyakit jantung.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya