Kemenkes Tegaskan eHAC dalam PeduliLindungi Terjamin Keamanannya

Kemenkes tegaskan eHAC dalam sistem PeduliLindungi terjamin keamanannya.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 31 Agu 2021, 13:03 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2021, 13:03 WIB
Aplikasi PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi. Dok: play.google.com

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menegaskan, eHAC (Electronic Health Alert Card) dalam sistem PeduliLindungi terjamin keamanannya. Hal ini juga terkait kabar adanya dugaan kebocoran data, yang ditelusuri dari aplikasi eHAC yang lama.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Anas Ma'ruf menyampaikan, dugaan kebocoran tak terkait aplikasi eHAC yang berada di dalam PeduliLindungi. Diketahui, eHAC yang lama sudah tidak dipergunakan sejak 2 Juli 2021.

"Sekarang, eHAC yg digunakan di dalam aplikasi PeduliLindungi. Server infrastruktunya ada di Pusat Data Nasional dan terjamin keamanannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan dilindungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," ujar Anas saat memberikan keterangan pers Penggunaan eHAC Melalui Peduli Lindungi pada Selasa, 31 Agustus 2021.

"Ini satu paket dengan seluruh informasi terkait pengendalian COVID-19. Maka, seluruh sistem akan dipindahkan ke Pusat Data Nasional."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Hapus Aplikasi eHAC yang Lama

Ilustrasi eHAC
Aplikasi eHAC (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pemerintah meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan memanfaatkan fitur eHAC untuk perjalanan. Fitur eHAC kini termasuk bagian terintegarasi dalam sistem PeduliLindungi.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk menghapus, menghilangkan atau uninstal aplikasi eHAC yang lama," ucap Anas Ma'ruf.

Saat ini, tengah dilakukan investigasi terkait dugaan kebocoran data eHAC lama. Dugaan kebocoran dari pihak mitra.

"Soal ini sudah diketahui Pemerintah. Pemerintah sudah lakukan pencegahan serta melakukan upaya lebih lanjut dengan Kominfo dan pihak berwajib," lanjut Anas. (Selengkapnya: Kemenkes: Dugaan Kebocoran Data Tak Terkait eHAC dalam PeduliLindungi)


Cek Fakta Infografis pencurian data 3

Cek Fakta Infografis pencurian data 3
Cek Fakta Infografis pencurian data 3
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya