Antusiasme PON XX Papua Tinggi, Ganip Warsito Ingatkan Disiplin Prokes

Wajib disiplin protokol kesehatan (prokes) saat gelar PON XX Papua.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 01 Okt 2021, 16:48 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2021, 13:00 WIB
Kepala BNPB Ganip Warsito
Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito melakukan peninjauan venue Tenis yang menyelenggarakan pertandingan POX XX di Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). (Dok BNPB)

Liputan6.com, Jayapura - Saat meninjau venue (lokasi pertandingan) sepakbola putra pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito memberikan catatan penting kepada penyelenggara.

Catatan tersebut berupa pesan, agar penonton PON XX Papua yang hadir tidak bosan-bosannya diingatkan untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta untuk penyelenggara, selalu diingatkan kepada para penonton yang hadir untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip dalam peninjauan ke sejumlah venue PON XX Papua di Kota Jayapura pada Kamis, 30 September 2021.

"Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan," Ganip menambahkan.

Hal ini disebabkan antusiasme para warga cukup tinggi apabila ada pertandingan sepakbola berlangsung. Terlebih lagi jika tim tuan rumah sedang bertanding, jumlah penonton pun harus tetap dapat diatur dari kapasitas stadion yang ada.

BNPB dan Satgas Penanganan COVID-19 selalu memberikan dukungan terhadap penerapan disiplin protokol kesehatan demi kesuksesan acara PON XX terselenggara dengan aman dan terhindar dari penularan virus Corona.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layanan Tes Antigen di Lokasi Venue PON XX Papua

Kepala BNPB Ganip Warsito
Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito melakukan peninjauan venue dayung yang menyelenggarakan pertandingan PON XX di Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). (Dok BNPB)

Pada peninjauan venue tenis, Ganip Warsito melihat alur masuk para penonton yang terlebih dahulu dilakukan skrining awal oleh pihak penyelenggara. Salah satu syarat bagi para penonton yang akan hadir, harus membawa Surat Bebas COVID-19 melalui tes antigen.

Melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, di lokasi pintu masuk venue juga disediakan tes antigen bagi para penonton dan staf yang belum melakukan tes sebelumnya. Hal ini dibenarkan oleh Made selaku Koordinator Keamanan di venue tenis.

"Betul, harus swab terlebih dahulu atau membawa surat hasil negatif tes antigen 1x24 jam untuk masuk jadi penonton," ujar Made saat melaporkan situasi dan kondisi terkini kepada Ganip.

Ganip Warsito yang juga sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyempatkan melihat gerai masker yang diinisiasi BNPB di tiap lokasi venue yang dikunjunginya.

Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan pun tak luput dari peninjauan Ganip.

Pada setiap pintu masuk, sudah terdapat tempat untuk cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik lokasi venue. Namun, masih terdapat venue yang belum menepatkan alat pengukur suhu di depan pintu masuk.


Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya