Stok Obat HIV Menipis, WHO Pasok Ribuan Dosis Antiretroviral ke Ukraina

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) akan memasok ribuan dosis obat HIV untuk pasien di Ukraina.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 06 Apr 2022, 11:06 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2022, 11:06 WIB
Ukraina Kembali Rebut Kota Trostianets dari Rusia
Warga berjalan melewati tank Rusia yang rusak di timur laut kota Trostianets (29/3/2022). Ukraina mengatakan pasukannya telah merebut kembali kota Trostianets, dekat perbatasan Rusia, salah satu kota pertama yang jatuh di bawah Kontrol Moskow dalam invasi selama sebulan. (AFP/Fadel Senna)

Liputan6.com, Jakarta Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) akan memasok ribuan dosis obat HIV untuk pasien di Ukraina.

Obat tersebut adalah antiretroviral atau biasa disingkat ARV yang bisa menyelamatkan pasien HIV dan cukup untuk kebutuhan 12 bulan ke depan seperti disampaikan pihak WHO pada Selasa 5 April 2022.

WHO, bersama dengan Rencana Darurat Presiden Amerika Serikat untuk Bantuan AIDS (PEPFAR), pihak berwenang Ukraina dan mitra lainnya, telah membeli 209.000 paket obat antiretroviral generik TLD.

Hal ini dilatarbelakangi Ukraina yang memiliki sekitar 260.000 pasien HIV, jumlah terbesar kedua di Eropa setelah Rusia. Sebelum invasi, sekitar setengah dari mereka memang menggunakan pengobatan antiretroviral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Persediaan Kurang dari Sebulan

Bulan lalu, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk HIV/AIDS memperingatkan bahwa Ukraina memiliki persediaan obat untuk pasien HIV kurang dari sebulan.

"Perang ini berpotensi merusak kemajuan yang diperoleh dengan susah payah beberapa tahun terakhir pada sejumlah masalah kesehatan, termasuk HIV,” kata Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Henri P. Kluge.

“Kami tidak bisa membiarkan itu terjadi ketika Ukraina mulai mengubah sudut pandang terhadap HIV," tambahnya seperti dikutip dari keterangan WHO pada Rabu (6/4/2022).


Mencegah Penularan Seksual

Hans juga mengatakan, obat antiretroviral dapat mengendalikan virus dan mencegah penularan seksual ke orang lain.

Setiap gangguan dalam pengobatan dapat menyebabkan komplikasi termasuk resistensi obat.

Gelombang pertama obat HIV telah melintasi perbatasan Polandia ke Ukraina dan akan diangkut ke fasilitas layanan HIV di seluruh negeri, kata WHO.


Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya