5 Alasan Kucing Suka Bermain dengan Sepatu Pemilik, Termasuk Suka Baunya

Mengapa kucing suka bermain dengan sepatu pemiliknya?

oleh Chelsea Anastasia diperbarui 22 Jun 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi kucing suka sepatu.
Ilustrasi kucing suka sepatu. (Foto: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya, bukan hal baru bagi pemilik kucing untuk melihat kucing peliharaan bermain dengan sepatunya. 

Perilaku anak bulu (anabul) itu sebenarnya merupakan hal normal, tetapi bukan tanpa alasan. Apa alasan kucing menyukai sepatu manusia?

Sepatu Memberi Kucing Rasa Nyaman

Menurut seorang dokter hewan di North Yorkshire Inggris, Gemma Cliffin, kucing mendapatkan rasa nyaman saat berbaring di atas sepatu.

“Beberapa kucing bahkan membawa sepatu pemilik ke tempat lain di dalam rumah, tempat di mana mereka merasa lebih aman,” tuturnya kepada Cats.

Tak hanya itu, Cliffin mengungkap, anak kucing juga kerap suka tidur di dalam sepatu pemilik jika ukurannya cukup kecil. 

“Sebab, sepatu dianggap sebagai tempat yang nyaman untuk tidur siang dan membuat mereka merasa aman,” ungkap wanita tamatan University of Liverpool, Inggris itu.

Selain itu, kucing terkadang memiliki kebiasaan mengendus dan mendekati benda-benda yang berbau seperti pemiliknya.

“Ini mungkin termasuk sepatu Anda. Mungkin tampak aneh bagi kita, tetapi ini adalah perilaku kucing yang dapat membuatnya lebih tenang,” kata Cliffin.

Kucing Suka Bau Sepatu 

Cliffin mengungkap, indra penciuman adalah indra kucing yang paling kuat dari antara kelima indera.

“Mengendus adalah hal yang dilakukan kucing untuk memungkinkannya mencari tahu tentang lingkungannya,” katanya.

Mengingat sepatu cenderung memiliki bau yang unik, kucing kerap merasa penasaran dan menghampiri bau yang menari itu.

“Satu hirupan sepatu Anda akan memberi tahu kucing Anda di mana Anda berada, apa yang telah Anda lakukan, dan apakah ada hewan lain di sana. Setiap kali Anda pergi ke suatu tempat yang berbeda, akan ada bau baru untuk diendus kucing Anda,” tutur Cliffin.


Kucing Menandai Wilayah di Sepatu

Barang
Ilustrasi Tumpukan Sepatu Credit: pexels.com/pixabay

Cliffin mengungkap, kucing sering kali melakukan berbagai hal untuk menandai wilayah mereka baik di dalam maupun di luar ruangan. Tujuannya, untuk memberi sinyal kepada kucing lain bahwa ini adalah wilayah mereka.

“Cara paling umum untuk melakukan ini adalah dengan menggosokkan wajah dan panjang tubuh mereka ke benda, termasuk sepatu,” ungkapnya.

Saat kucing menggosokkan kepala atau tubuhnya ke sebuah benda, mereka melepaskan feromon yang dapat memberi sinyal berbagai informasi, seperti menandai wilayah.

Feromon juga dapat menandakan bahwa kucing merasa santai dan aman di lingkungannya sendiri.

“Ini adalah yang mereka lepaskan saat mereka menggosokkan kepalanya ke arah Anda,” ujar Cliffin.


Kucing Minta Perhatian

ilustrasi kucing
Ilustrasi/Copyright pexels/Matheus Guimarães

Dengan berbaring pada sepatu, pemilik sering tak sadar langsung memberi tepukan lembut kepada kucing.

“Dengan begitu, mereka akan segera mengetahui bahwa ini adalah cara yang pasti untuk mendapatkan perhatian Anda,” kata Cliffin.

Sebab, kucing adalah hewan yang cerdas. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menyadari, menggosok diri ke sepatu mungkin akan membuat mereka mendapat kasih sayang lebih.

“Bahkan perhatian negatif pun bisa dianggap positif bagi kucing Anda, misalnya saat Anda menegur kucing Anda karena bermain-main dengan sepatu Anda dan meninggalkan bekas cakaran,” tutur Cliffin.

Menurut Cliffin, setelah kucing mengetahui bahwa ini menarik perhatian pemiliknya, mereka mungkin memilih untuk melakukannya berulang kali.


Kucing Merasa Bosan

Arti Mimpi Kucing Melahirkan yang Mengandung Kebaikan
Ilustrasi Mimpi Kucing Melahirkan Credit: pexels.com/David

Cliffin membeberkan, sepatu manusia bisa sangat menyenangkan bagi kucing. Terutama, sepatu dengan tali menjuntai yang bisa dipukul dan diterkam.

“Jika kucing Anda bosan dan tidak menerima rangsangan mental yang memadai, mereka mungkin ingin bermain dengan sepatu atau tali sepatu Anda, terutama jika kebetulan mereka tergeletak di sekitar rumah,” katanya.

Menurut Cliffin, kucing tidak menyadari bahwa itu adalah sepatu. Mereka melihatnya sebagai mainan menyenangkan yang dapat memberi banyak hiburan.

“Beberapa sepatu juga memiliki tekstur yang bagus untuk menggaruk dan mencakar. Ini mungkin tidak menghibur Anda, tetapi pasti menyenangkan untuk kucing,” tutup Cliffin.

INFOGRAFIS JOURNAL_Bagaimana Antisipasi dari Kejahatan Social Engineering?
INFOGRAFIS JOURNAL_Bagaimana Antisipasi dari Kejahatan Social Engineering? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya