Pakar Bagikan 4 Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Berpikir dan Tumbuhkan Sel Otak Baru

Ahi saraf menyarankan untuk mendukung pembentukan neuron dengan olahraga, meditasi, makanan kaya polifenol, dan paparan sinar matahari.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 19 Sep 2024, 08:39 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 08:14 WIB
Ilustrasi meditasi, energi baik, semedi, karma
Ilustrasi meditasi, energi baik, semedi, karma. (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Emily McDonald, seorang ahli saraf dan pelatih pola pikir di Arizona, berbagi empat cara untuk meningkatkan produksi sel-sel otak baru — sebuah proses yang dikenal sebagai neurogenesis.

Sebagian besar dari 100 miliar sel otak kita diciptakan sebelum lahir – otak masih dapat memproduksi sel-sel baru, yang disebut neuron, seiring bertambahnya usia.

Dalam unggahan TikToknya, McDonald menyarankan untuk mendukung pembentukan neuron dengan olahraga, meditasi, makanan kaya polifenol, dan paparan sinar matahari.

Berolahraga Secara Teratur

“Olahraga zona 2 telah terbukti meningkatkan [tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF)] di otak, yang merupakan protein yang dapat membantu pertumbuhan neuron,” kata McDonald.

Ditemukan pada tahun 1980an, BDNF dijuluki “Miracle-Gro” karena meningkatkan kemampuan berpikir atau pembelajaran dan memori dengan mendorong kelangsungan hidup dan pertumbuhan neuron yang ada serta pengembangan neuron baru.

Dan latihan Zona 2 adalah latihan intensitas rendah yang dilakukan pada 60% hingga 70% dari detak jantung maksimum Anda. Anda harus dapat melakukan percakapan dengan nyaman - seperti jalan cepat, bersepeda santai, atau aerobik tanpa memaksakan diri.

Melakukan Meditasi

“Meditasi juga dapat meningkatkan tingkat BDNF, dan juga dapat meningkatkan neuroplastisitas, yang merupakan kemampuan otak untuk mengatur ulang sebagai respons terhadap pengalaman hidup," jelas McDonald.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi dapat merangsang perubahan struktural di hipokampus, suatu wilayah di mana neurogenesis terjadi pada orang dewasa.

Sebuah penelitian menyoroti manfaat otak dari meditasi Vipassana intensif selama tiga bulan, sebuah teknik kesadaran kuno yang mendorong peserta untuk melihat segala sesuatu sebagaimana adanya tanpa menghakimi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makan Makanan Kaya Polifenol

Buah Berry
Ilustrasi buah berry (Ilustrasi AI)

Polifenol – ditemukan dalam coklat hitam, buah beri, pir, anggur, dan anggur merah – memiliki kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi yang diyakini dapat melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dengan mengurangi peradangan di otak.

“Blueberry adalah contoh bagus dari jenis makanan ini,” saran McDonald.

 


Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Ilustrasi matahari, sinar matahari, semangat, motivasi
Ilustrasi matahari, sinar matahari, semangat, motivasi. (Photo by Jude Beck on Unsplash)

Tingkat BDNF tampaknya terkait dengan musim – sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat tersebut lebih rendah pada bulan Januari hingga Mei dan lebih tinggi pada bulan Juni hingga Desember.

“Sinar matahari dapat meningkatkan level BDNF kita. Anda harus keluar rumah di bawah sinar matahari,” saran McDonald.

Jangan lupa gunakan tabir surya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya