Konsep `One Health` Dikembangkan di Universitas se-Asia Tenggara

Konsep One Health yang digagas WHO untuk mengantisipasi penyakit pandemi memiliki berbagai jaringan, salah satunya SEAOHUN.

oleh Kusmiyati diperbarui 17 Sep 2013, 18:24 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2013, 18:24 WIB
laboratorium130310b.jpg
Konsep One Health yang digagas Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengantisipasi penyakit pandemi memiliki berbagai jaringan, salah satunya SEAOHUN (South East Asia One Health University).

SEAHOUN ini merupakan pengembangan jaringan one health antaruniversitas di regional Asia Tenggara dengan beranggotakan 4 negara.

"Untuk awal pengembangan konsep One Health di Asia Tenggara anggotanya terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam," papar Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia juga selaku Vice Minister of Health Chairman SEAOHUN, Prof. Ali Ghufron Mukti.

SEAOHUN ini bertujuan menciptakan kader-kader profesional atau ahli terlatih berdasarkan konsep One Health serta mempercepat pendekatan konsep one health.

"Salah satu tujuannya mempercepat pendekatan konsep baru ini (one health) dalam pengendalian penyakit infeksi atau pandemi dan penyakit zoonosis," tambahnya.

Di Indonesia sendiri jarigan nasional universitas one health meliputi Universitas Indonesia (Fakultas Kesehatan Masyarakat), Universitas Gajah Mada (Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Dokter) serta Institut Pertanian Bogor (Fakultas Kedokteran Hewan).

Setiap negara dalam SEAHOUN memiliki jejaring Universitas Nasional yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi-informasi terkait di Universitas One Health Asia Tenggara.

(Mia/Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya