Ini Cara Samarkan Bentuk Tubuh Sintal Saat Pakai Batik

Wanita bertubuh sintal sebaiknya memilih batik dengan corak yang tidak terlalu besar dan jenis kain yang lembut.

oleh Kusmiyati diperbarui 01 Nov 2013, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2013, 07:00 WIB
batik-parang-131022-b.jpg
Beberapa tahun terakhir ini batik telah menjadi item di dunia fashion, tidak hanya acara resmi namun juga saat acara santai. Namun masih banyak wanita bertubuh sintal masih ragu untuk mengenakan warisan leluhur bangsa Indonesia ini.

"Kebanyakan para wanita bingung ingin pakai batik takut terlihat gemuk. Namun tal perlu khawatir. Jika pemilihannya benar, batik bisa kok menyamarkan bentuk tubuh agar terlihat langsing," kata pecinta batik dan penulis buku, Anna Octivan saat diwawancarai Liputan6.com, Jumat (1/11/2013).

Menurut wanita kelahiran Kediri, 21 Juni 1969 ini, wanita bertubuh sintal sebaiknya memilih batik dengan corak yang tidak terlalu besar dan jenis kain yang lembut.

"Biasanya untuk menyamarkan tubuh sintal pilih batik dengan corak atau motif yang tidak terlalu besar, misalnya bunga pilih yang kecil, salur juga pilih yang tidak berlebihan," tutur wanita yang juga berprofesi sebagai dokter gigi saat ditemui dalam Launching bukunya 'Gaya Batik Ibu Bekerja' di Kinokuniya Book Store, Plazza Senayan.

Selain itu, pilih batik dengan aksen opnaisel (rempel) pada bagian dada dan sepanjang lengan atau bisa juga dengan kerah hitam menggantung pada bagian dada.

"Misalnya dress bahan batik pekalongan dengan motif bunga kecil dan ada unsur warna hitam itu menghadirkan kesan formal dan jangan lupa opnaisel di lengan dan sepanjang badan untuk memberi kesan ramping," jelasnya.

(Mia/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya