9 Penyebab Mendengkur saat Tidur dan Solusinya yang Benar dan Aman

Penyebab mendengkur saat tidur paling sering terjadi karena posisi tidur terlentang.

oleh Laudia Tysara diperbarui 21 Sep 2022, 12:40 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2022, 12:40 WIB
Gambar Ilustrasi Seorang Laki-Laki Mendengkur Saat Tidur
Ilustrasi ngorok atau mendengkur. Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Penyebab mendengkur saat tidur atau mengorok paling umum dipengaruhi oleh posisi tidur karena pengaruh gaya gravitasi. Pada posisi tidur terlentang, gravitasi membuat tenggorokan mempersempit jalan napas. Tidur terlentang ini pun membuat suara ngorok menjadi sangat keras. 

Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, penyebab mendengkur saat tidur selain posisi tidur adalah anatomi mulut, kemudian efek konsumsi obat penenang, efek konsumsi alkohol, masalah sleep apnea, anatomi hidung, hingga insomnia atau mereka yang kurang waktu tidur.

Solusi mengatasi tidur mendengkur paling ampuh adalah menghindari berbagai penyebabnya, misalnya menghindari tidur terlentang. Kemudian, jangan ragu mengonsultasikan masalah ngorok atau tidur mendengkur kepada ahlinya. Ini karena tidur mendengkur berisiko memicu masalah kesehatan.

Seperti kardiovaskular, sindrom metabolik, gangguan saraf, hingga keseimbangan hormon. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab mendengkur saat tidur dan solusinya, Rabu (21/9/2022).

Penyebab Mendengkur saat Tidur dan Penjelasannya

tidur-kezo
Ilustrasi mendengkur. Sumber: pexels.com

1. Tonus Otot Buruk

Penyebab mendengkur saat tidur adalah ketika seseorang memiliki tonus otot yang buruk di tenggorokan dan lidah. WebMD menjelaskan, tidur mendengkur atau mengorok pada kondisi ini disebabkan atau dipengaruhi masalah anatomi.

Otot-otot tenggorokan dan lidah bisa terlalu rileks. Inilah yang menjadi penyebab mendengkur saat tidur, karena sesungguhnya memungkinkan mereka menutupi jalan napas. Solusinya, konsultasikan dengan ahli agar jalan napas tidak tertutup.

2. Jaringan Tenggorokan Besar

Penyebab mendengkur saat tidur adalah ketika seseorang memiliki jaringan tenggorokan yang besar. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi ketika seseorang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas.

WebMD menjelaskan beberapa anak memiliki amandel dan kelenjar gondok yang besar, membuat mereka kerap mengorok saat tidur. Nah, inilah penyebab mendengkur saat tidur yang perlu dipahami.

3. Penggunaan Alkohol dan Obat Penenang

Penyebab mendengkur saat tidur adalah bisa dipengaruhi oleh penggunaan alkohol dan obat penenang. Sleep Foundation, menjelaskan efek ngorok ini dipengaruhi konsumsi keduanya yang mengendurkan otot penopang jaringan di sekitar saluran napas. Maka, solusi dari penyebab mendengkur saat tidur ini menghindari konsumsi keduanya.

4. Sleep Apnea

Penyebab mendengkur saat tidur adalah ketika seseorang mengalami sleep apnea atau obstruktive sleep apnea (OSA). Ini kondisi ketika seseorang mengalami henti aliran udara saat tidur selama 10 detik. Sleep apnea yang menjadi penyebab mendengkur saat tidur atau tidur ngorok ini berdampak pada penurunan aliran udara minimal 30-50 persen dan menurunkan kadar oksigen darah.

Adanya penyebab mendengkur saat tidur ini disebut dalam Indian Journal of Community Medicine, bahwa sleep apnea membuat seseorang mengalami penyumbatan total atau sebagian dan terjadi secara berulang saat tidur. Akibatnya, aliran udara pun terhambat dan menjadi penyebab mendengkur saat tidur.

Seseorang berisiko terbangun saat mengalami penyebab mendengkur saat tidur seperti sleep apnea. Departemen Neurologi Universitas Columbia mengatakan, sumbatan jalan napas ini akan membuat seseorang terbangun tiba-tiba. Mereka akan mengalami sensasi tercekik pada saat fase henti napas.

Penyebab Mendengkur saat Tidur Selanjutnya

Gambar Ilustrasi Wanita yang Mengalami Insomnia / Kesulitan Tidur di Malam Hari
Ilustrasi kurang tidur. Sumber: Freepik

5. Tidur Posisi Terlentang

Penyebab mendengkur saat tidur atau ngorok adalah ketika seseorang memilih tidur terlentang. Pelayanan Kesehatan Nasional atau National Health Servis Inggris (NHS), menjelaskan penyebab mendengkur saat tidur adalah paling sering dan paling keras terjadi bagi mereka yang tidur terlentang.

Hal ini dipengaruhi gaya gravitasi pada tenggorokan yang mempersempit jalan napas. Maka solusinya, hindari tidur dengan posisi terlentang bagi mereka yang sering tidur mengorok. Jika melihat seseorang tidur dalam posisi tersebut dan mendengkur, jangan ragu untuk memiringkan posisi tidurnya.

6. Anatomi Mulut

Penyebab mendengkur saat tidur adalah anatomi mulut. Mayo Clinic menjelaskan, memiliki langit-langit lunak yang rendah dan tebal dapat mempersempit jalan napas seseorang.

Orang yang kelebihan berat badan berisiko mengalaminya. Penyebab mendengkur saat tidur ini berhubungan dengan kepemilikan jaringan ekstra di belakang tenggorokan yang dapat mempersempit saluran udara mereka.

Demikian juga penyebab mendengkur saat tidur, jika potongan jaringan segitiga yang menggantung dari langit-langit lunak (uvula) memanjang, aliran udara dapat terhambat dan getaran meningkat.

7. Konsumsi Alkohol Sebelum Tidur

Penyebab mendengkur saat tidur adalah konsumsi alkohol terutama sebelum tidur. Mayo Clinic menjelaskan masalah tidur ngorok pasti mengintai bagi mereka yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol sebelum tidur.

Konsumsi alkohol yang menjadi penyebab mendengkur saat tidur, akan melemaskan otot-otot tenggorokan dan menurunkan pertahanan alami terhadap obstruksi jalan napas. Solusinya, hindari konsumsi alkohol berlebihan sebelum tidur.

8. Masalah Hidung

Penyebab mendengkur saat tidur adalah masalah hidung, seperti tersumbat kronis. Mayo Clinic menjelaskan hidung tersumbat kronis atau sekat yang bengkok di antara lubang hidung (septum hidung menyimpang) dapat menyebabkan dengkuran. Ini penyebab mendengkur saat tidur yang paling sering terjadi.

9. Kurang Tidur atau Insomnia

Penyebab mendengkur saat tidur adalah kurang tidur atau berisiko dialami mereka yang mengalami insomnia. Mayo Clinic menjelaskan tidak cukup tidur dapat menjadi penyebab mendengkur saat tidur, ini terjadi karena ada relaksasi tenggorokan lebih lanjut.

Solusi Mengatasi Tidur Mendengkur atau Ngorok

3 Cara Hentikan Ngorok Saat Tidur Menurut Pakar
Ilustrasi tidur. (dok Andrea Piacquadio/pexels.com)

Mayoritas penyebab mendengkur saat tidur atau ngorok adalah bukan karena hal-hal yang serius, meski sebagian kecil penyebabnya harus ditangani segera. Pada berbagai penyebab mendengkur saat tidur yang tidak serius, cobalah solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok yang sederhana.

Begini solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ubah Posisi Tidur

Cobalah solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok dengan tidur menyamping agar dapat membantu mengatasi dengkuran mengganggu setiap malam.

Apabila pasangan yang mengalami gangguan mengorok, coba cara mengatasi tidur ngorok untuk taruh bantal di belakang punggungnya.

Cara mengatasi tidur ngorok ini dimaksudkan apabila pasangan berubah posisi tidur, maka dia tidak akan merasa nyaman karena adanya bantal tersebut. Hal itu memaksa pasangan tetap pada posisi tidur menyamping.

2. Tinggikan Bantal

Tujuan menggunakan solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok ini untuk menjaga saluran pernapasan tetap terjaga agar lidah tidak terdorong pada posisi dibelakang tenggorokan dan menyumbat pernapasan.

Namun dalam meninggikan bantal, solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok jangan pakai bantal terlalu tinggi. Ini karena posisi bantal yang terlalu tinggi dapat menyebabkan jalur udara menjadi tertutup dan akan tetap mendengkur.

3. Minum Air Sebelum Tidur

Masalah tenggorokan yang kering memang dapat menyebabkan dengkuran. Oleh sebab itu agar tenggorokan tidak kering, maka solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok lebih baik mengonsumsi air putih sebelum tidur.

Hal ini dimaksudkan agar tetap terhidrasi dan tenggorokan selalu lembap, terutama jika memang menyukai tidur dengan kondisi sangat dingin yang memungkinkan tenggorokan menjadi kering.

4. Atur Suhu Kamar Tetap Lembap

Apabila menyukai kondisi kamar yang sangat dingin, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya suara mendengkur. Suhu udara yang dingin dapat membuat tenggorokan menjadi kering.

Kondisi dingin tersebut juga biasanya menyebabkan hidung mampet. Kondisi hidung yang mampet menyebabkan saluran udara menjadi terbatas dan menyebabkan mendengkur.

Oleh karena itu, solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok atur kembali suhu udara di kamar agar lebih lembap agar saluran pernapasan tidak menjadi kering dan dapat mengganggu masa tidur karena suara mendengkur.

5. Bersihkan Ranjang

Beberapa benda yang dapat menyebabkan alergi di ranjang bisa menyebabkan timbulnya masalah mendengkur tersebut. Debu yang menumpuk pada kain yang terpasang di ranjang untuk tidur, dapat menjadi penyebab mendengkur.

Solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok adalah membersihkan ranjang tempat tidur agar terbebas dari sumber alergi.

Jika memiliki hewan peliharaan dan senang untuk mengajak hewan tidur di ranjang. Maka bulu hewan yang rontok tersebut dapat terhirup dan dapat menyebabkan saluran pernapasan terganggu karena tersumbat bulu tersebut.

6. Berhenti Merokok

Jika seorang perokok, maka ada baiknya untuk mengurangi dalam mengonsumsi rokok tersebut. Ini karena asap hasil proses pembakaran tembakau tersebut menimbulkan potensi peradangan pada saluran pernapasan.

Solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok adalah berhentilah merokok. Kondisi ini dapat mempersempit saluran pernapasan. Asap tersebut biasanya menimbulkan lendir yang menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang mendengkur.

7. Menurunkan Berat Badan

Jika merasa mengalami kelebihan pada berat badan, faktor tersebut dapat menyebabkan saluran pernapasan menjadi terganggu. Maka solusi mengatasi tidur mendengkur atau ngorok adalah turunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Bukan tanpa alasan, jika mengalami kelebihan berat badan, lemak di sekitar leher menjadi banyak dan dapat menyebabkan tenggorokan menyempit atau tertahan pada saat berbaring untuk tidur.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya