8 Kontroversi Wirda Mansur, Terbaru Dapat Mobil Rp 1,4 Miliar Usai Sedekah Rp 50 Juta

Pernyataan Wirda Mansur di media sosial kembali viral dan jadi sorotan banyak netizen.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 21 Okt 2022, 14:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 14:05 WIB
Dituding Berbohong Soal Pendidikannya, Ini 6 Klarifikasi Wirda Mansur
Klarifikasi Wirda Mansur. (Sumber: Instagram/wirda_mansur)

Liputan6.com, Jakarta Putri Yusuf Mansur, Wirda Mansur sering menjadi sorotan netizen. Bahkan, wanita dengan nama lengkap Wirda Salamah Ulya ini beberapa kali menuai kritikan karena pernyataan yang diungkapkan pada publik.

Bahkan, beberapa pernyataan yang ungkapkan oleh Wirda Mansur ini menjadi sebuah kontroversi di media sosial hingga mendapatkan banyak hujatan dari netizen. Kini, nama Wirda Mansur kembali menjadi sorotan publik karena unggahan di akun media sosial.

Pasalnya, dalam unggahan tersebut, Wirda Mansur menyebutkan jika dirinya mendapatkan mobil seharga Rp 1,4 miliar usai melakukan sedekah sebanyak Rp 50 juta. Hal ini ia ungkapkan saat mengisi sebuah webinar dan diunggah di akun TikTok @wirda_ucup. Ia juga mengungkapkan jika dirinya percaya jika memberikan sedekah maka akan mendapatkan kembali kebaikan berkali-kali lipat.

Sebelumnya, penulis buku Reach Your Dreams ini beberapa kali menjadi sorotan netizen karena berbagai ungkapannya di media sosial. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kontroversi Wirda Mansur yang menjadi sorotan banyak netizen, Jumat (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kuliah di Oxford University dan 4 kampus lain

Gaya Wirda Mansur Pakai Kacamata Hitam, Penampilannya Makin Kece
Sukses di usia muda dengan menjadi penulis, pebisnis, hingga artis, Wirda Mansur sudah sering keliling dunia bahkan tak jarang Wirda liburan sendiri atau solo trip. Berusia 21 tahun, Wirda memberikan inspirasi untuk anak muda Indonesia. Ini adalah potret kece Wirda Mansur saat liburan New Zealand sekitar dua tahun lalu. (Liputan6.com/IG/@wirda_mansur)

Pernyataan Wirda Mansur soal pendidikannya sempat menjadi perhatian banyakk netizen. Pasalnya, sebuah akun Twitter mengungkapkan jika Wirda mansur melakukan pembohongan publik soal pendidikannya. Akun Twitter @strawbeelly menyebutkan jika dalam akun Linkedinnya putri Yusuf Mansur tersebut menyebutkan jika ia pernah berkuliah di Oxford University.

Status di LinkedIn yang disebut netizen tak sesuatu dengan realita membuat Wirda Mansur memberikan klarifikasi.

Pengusaha muda ini mengakui bahwa ia tak pernah kuliah di tempat Maudy Ayunda menuntut ilmu melainkan hanya belajar saja.

"Gue pernah belajar dan bukan kuliah," ungkap Wirda Mansur di Instagram @wirda_mansur, Minggu (27/2/2022).

Ia mengakui bahwa keterangan bahwa ia kuliah di Universitas Oxford bukan dirinya yang menulis.

Dalam video klarifikasi di akun Instagram pribadinya, Wirda juga menyebutkan berkuliah di empat tempat. Selain mengambil kelas International Baccalaureate di Oxford, dirinya juga mengaku berkuliah di Raffles University, The University of Buckingham serta Daarul Qur'an Jakarta. Pernyataan Wirda ini pun langsung menjadi perhatian banyak netizen.


2. Ikut meluncurkan token kripto

Gaya Wirda Mansur Pakai Kacamata Hitam, Penampilannya Makin Kece
Mulai dari gamis, rok sampai celana, Wirda Mansur pandai padu padankan OOTD-nya yang bisa jadi inspirasi untuk para pengikutnya. Selain soal pakaian, gaya hijab Wirda dari pashmina sampai jilbab segi empat sangat cocok dikenakan oleh Wirda. Makin dewasa, penampilannya makin modis, Wirda tak pernah ketinggalan untuk pakai kacamata ketika liburan atau hanya sekadar pemotretan. (Liputan6.com/IG/@wirda_mansur)

Ramainya soal investasi koin kripto rupanya membuat Wirda Mansur ikut menjajal. Ia juga meluncurkan token kripto dengan nama I-COIN. Peluncuran token kripto ini pun kembali membuatnya mendapatkan kritikan. Pasalnya, ia sebagai anak seorang ustaz justru meluncurkan token kripto yang telah diharamkan oleh MUI.


3. Ungkap saham PayTren sang ayah dibeli Rp 4 triliun

Ustaz Yusuf Mansur dan putrinya, Wirda Mansur (https://www.instagram.com/p/Cc72fIml6rI/)
Ustaz Yusuf Mansur dan putrinya, Wirda Mansur (https://www.instagram.com/p/Cc72fIml6rI/)

Sebelumnya bisnis milik Yusuf Mansur, PayTren menjadi sorotan banyak publik. Bahkan, karena bisnis yang sempat bermasalah, Yusuf Mansur hingga meminta uang sebanyak Rp 1 triliun untuk melancarkan kembali bisnis yang dijalani.

Viralnya PayTren ini juga membuat Wirda ikut buka suara. Dirinya bahkan mengungkapkan jika sebelumnya saham bisnis sang ayah pernah hampir terjual dengan harta Rp 4 triliun. Tentu saja angka yang cukup tinggi yang disebut oleh Wirda ini kembali menarik perhatian netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang memberikan kritik hingga ujaran kebencian di media sosial.


4. Skor IELTS

Wirda Mansur. (Foto: Dok. Instagram @wirda_mansur)
Wirda Mansur. (Foto: Dok. Instagram @wirda_mansur)

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Wirda Mansur menyebutkan jika dirinya berhasil meraih skor untuk IELTS 8,5. Meski begitu, ia menyebut jika target yang diinginkan adalah 9.

Namun, usai mengungkapkan hal tersebut, netizen menemukan kesalahan tulisan Wirda Mansur yang berbahasa Inggris. Pasalnya, putri Yusuf Mansur ini disebut salah dalam penggunaan gramatikal.


5. Pamer uang saat keungan ayah disebut tak stabil

Dituding Berbohong Soal Pendidikannya, Ini 6 Klarifikasi Wirda Mansur
Klarifikasi Wirda Mansur. (Sumber: Instagram/wirda_mansur)

Melalui media sosial, Wirda sendiri kerap mengunggah berbagai kegiatannya. Salah satunya ialah mempromosikan produk serta bisnis yang dijalani. Ia bahkan pernah mengunggah video saat memamerkan uang dengan nominal tak sedikit.

Uang tersebut sendiri diketahui akan dibagikan kepada pengikutnya di media sosial sebagai giveaway dan THR. Namun, netizen menilai tindakan yang dilakukan oleh Wirda Mansur ini tak etis. Pasalnya, tak lama sebelumnya sang ayah diketahui tengah mengalami krisis keuangan.


6. Wishlist dianggap tak masuk akal

6 Potret Terbaru Wirda Mansur, Anak Yusuf Mansur yang Dijodohkan dengan Hasan Ali Jaber
6 Potret Terbaru Wirda Mansur, Anak Yusuf Mansur yang Dijodohkan dengan Hasan Ali Jaber (sumber: Instagram.com/wirdamansur)

Tak berhenti disitu saja, Wirda Mansur juga sempat menghebohkan publik dengan unggahan di media sosial. Dirinya terlihat mengunggah sebuah foto yang berisikan wishlist untuk 10 tahun yang akan datang. Namun, isi dari wishlist yang dibuatnya itu disebut oleh netizen tak masuk akal.

Dalam wishlist yang dibuat, Wirda Mansur  menuliskan keinginannya untuk memiliki 100 jet pribadi serta memiliki 1.000 perusahaan besar. Tak hanya itu saja, dirinya juga berharap memiliki jabatan di universitas terbaik di dunia hingga ingin memiliki lapangan dan bandara.


7. Mengaku bertemu BTS

Yusuf Mansur dan Wirda Mansur
Yusuf Mansur dan Wirda Mansur (Sumber: Instagram/wirda_mansur)

Beberapa waktu lalu Wirda Mansur juga sempat memberikan pernyataan yang mengejutkan. Pasalnya, dalam sebuah video, Wirda mengaku pernah bertemu dengan member dari boyband Korea Selatan, BTS. Bahkan, Yusuf Mansur turut serta membenarkan pernyataan sang anak. Sang ayah juga menyebutkan turut berada di lokasi bersam Wirda saat bertemu dengan BTS. Namun, dirinya lupa kapan pertemuan tersebut terjadi.

Sontak saja pernyataan ayah dan anak ini menjadi sorotan dari banyak netizen termasuk ARMY, penggemar BTS. Bahkan, tak sedikit pula yang menyebutnya halu karena pernyataan tersebut.


8. Dapat mobil seharga Rp 1,4 miliar

6 Potret Terbaru Wirda Mansur, Anak Yusuf Mansur yang Dijodohkan dengan Hasan Ali Jaber
6 Potret Terbaru Wirda Mansur, Anak Yusuf Mansur yang Dijodohkan dengan Hasan Ali Jaber

Baru-baru ini Wirda Mansur kembali menjadi sorotan netizen. Pasalnya, wanita kelahiran 20 November 2001 ini mengungkapkan mendapatkan sebuah mobil dengan harga Rp 1,4 miliar secara cuma-cuma.

Ia menyebutkan jika sebelumnya melakukan sedekah kepada sang ayah sebanyak Rp 50 juta. Ia menyebutkan jika uang yang diberikan termasuk kecil. Namun, tak lama berselang dirinya justru mendapatkan sebuah mobil dari seseorang dengan harga Rp 1,4 miliar. Pernyataan Wirda ini pun langsung viral di berbagai media sosial. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang memberikan kritik karena memamerkan sedekah yang dilakukan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya