27 Manfaat Berhenti Merokok bagi Perokok Berat, Lindungi Teman dan Keluarga

Berikut adalah sejumlah manfaat berhenti merokok yang bahkan bisa dirasakan oleh orang yang sudah bertahun-tahun merokok dan perokok berat.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 22 Okt 2022, 16:35 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2022, 16:35 WIB
Ilustrasi Penolakan Rokok (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Penolakan Rokok (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat berhenti merokok tentu saja ada banyak sekali terutama untuk kesehatan. Apalagi merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk bagi kesehatan, di mana perokok memasukkan banyak zat racun dari kebiasaannya itu.

Bahkan dalam kemasan rokok saja sudah dicantumkan peringatan akan dampak serius dari kebiasaan merokok, seperti risiko terkena kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin. Dengan kata lain, manfaat berhenti merokok akan membuat seseorang terhindar dari risiko terkena gangguan penyakit tersebut.

Berhenti merokok artinya Anda juga akan berhenti memasukkan zat-zat berbahaya yang seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh Anda. Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan, setidaknya da 19 zat berbahay yang terdapat dalam satu batang rokok.

Zat-zat berhabahya tersebut antara lain adalah Acetone (Penghapus Cat), Naphtylamine (Zat Karsinogenik), Methanol (Bahan Bakar Roket), Pyrene (Pelarut Industri), Dimethylnitrosamine (Zat Karsinogenik), Naphtalene (Kapur barus), Cadmium (Dipakai accu mobil), Carbon Monoxide, (Gas dari knalpot), Benzopyrene (Zat Karsinogenik), Vinyl Chloride (Bahan Plastik PVC), Hydrogen Cyanide (racun untuk hukuman mati, Toluidine (Zat Karsinogenik), Ammonia (pembersih lantai), Urethane (Zat Karsinogenik), Toluene (Pelarut Industri), Arsenic (Racun Semut Putih), Dibenzacridine (Zat Karsinogenik), Phenol (antiseptik/pembunuh kuman), Butane (Bahan Bakar Korek Api), dan Polonium -210 (bahan radioaktif).

Dengan kata lain, salah satu manfaat berhenti merokok adalah terhindar dari zat-zat berbahaya yang seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh. Manfaat berhenti merokok juga baik bagi Anda yang mepunyai masalah dengan gangguan tidur. Sebab nikotin dari rokok dapat memperburuk masalah tidur Anda. Yang jelas ada banyak manfaat berhanti merokok yang bisa Anda rasakan bagi kesehatan tubuh Anda.

Itu hanya sedikit dari manfaat berhenti merokok. Selain itu masih ada banyak lagi manfaat berhenti merokok yang bisa Anda rasakan di kemudian hari. Berikut adalah sejumlah manfaat berhenti merokok, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (22/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu tindakan paling penting yang dapat dilakukan orang untuk meningkatkan kesehatan mereka. Menurut Center for Disease Control and Prevention, manfaat berhenti merokok antara lain adalah sebagai berikut:

a. meningkatkan status kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

b. mengurangi risiko kematian dini dan dapat menambah hingga 10 tahun harapan hidup.

c. mengurangi risiko banyak efek kesehatan yang merugikan, termasuk hasil kesehatan reproduksi yang buruk, penyakit kardiovaskular, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kanker.

d. bermanfaat bagi orang yang sudah didiagnosis dengan penyakit jantung koroner atau PPOK.

e. bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin serta bayinya.

f. mengurangi beban keuangan yang ditimbulkan oleh rokok pada orang yang merokok, sistem perawatan kesehatan, dan masyarakat.

Manfaat berhenti merokok bahkan juga dapat dirasakan bagi orang yang telah merokok selama bertahun-tahun atau perokok berat. Berhenti merokok adalah satu-satunya cara terbaik untuk melindungi anggota keluarga, rekan kerja, teman, dan orang lain dari risiko kesehatan yang terkait dengan menghirup asap rokok.


Manfaat Berhenti Merokok untuk Kesehatan Pernapasan

Ilustrasi bahaya merokok
Ilustrasi bahaya merokok

Salah satu manfaat berhenti merokok adalah mengurangi risiko penyakit pernapasan. Adapun manfaat berhenti merokok untuk kesehatan pernapasan antara lain adalah sebagai berikut:

a. mengurangi risiko mengembangkan PPOK.

b. di antara mereka dengan PPOK, memperlambat perkembangan PPOK dan mengurangi hilangnya fungsi paru-paru dari waktu ke waktu.

c. mengurangi gejala gangguan pernapasan seperti batuk, produksi sputum, dan mengi.

d. mengurangi risiko infeksi pernafasan seperti bronkitis dan pneumonia.

e. dapat meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi gejala gangguan pernapasan, dan meningkatkan hasil pengobatan pada orang-orang dengan asma.


Manfaat Berhenti Merokok untuk Cegah Kanker

Ilustrasi tembakau rokok (pexels)
Ilustrasi tembakau rokok (pexels)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dalam kemasan rokok selalu dicantumkan peringatan bahaya merokok termasuk risiko kanker. Dengan kata lain, manfaat berhenti merokok adalah menurunkan risiko kanker.

Berhenti merokok mengurangi risiko 12 jenis kanker, antara lain leukemia myeloid akut (AML), kandung kemih, kanker paru-paru, serviks, usus besar dan rektum, kerongkongan, ginjal, hati ,mulut dan tenggorokan (rongga mulut dan faring), pankreas, perut, kotak suara (laring).

Bagi penderita kanker, manfaat berhenti merokok dapat meningkatkan prognosis dan mengurangi risiko kematian dini.


Manfaat Berhenti Merokok untuk kesehatan Reproduksi

Melihat Lebih Dekat Bus Tayo di GIICOMVEC 2020
Tanda dilarang merokok pada Bus Rapid Trans (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) saat dipamerkan pada GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (8/3/2020). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Berhenti merokok adalah salah satu tindakan terpenting yang dapat dilakukan wanita perokok untuk kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat. Waktu terbaik bagi wanita untuk berhenti merokok adalah sebelum mereka mencoba untuk hamil. Tetapi berhenti kapan saja selama kehamilan dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Manfaat berhenti merokok untuk wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut:

a. Berhenti merokok sebelum kehamilan atau awal kehamilan dapat mengurangi risiko gangguan pertumbuhan janin.

b. Manfaat berhenti merokok selama kehamilan dapat mengurangi risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

c. Manfaat berhenti merokok di awal kehamilan dapat menghilangkan efek buruk dari merokok pada pertumbuhan janin.

d. Berhenti merokok sebelum kehamilan atau awal kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Demikian adalah sejumlah manfaat berhenti merokok, yang bahkan juga dapat dirasakan oleh orang yang sudah merokok bertahun-tahun dan perokok berat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya