Profil PT Chemco Harapan Nusantara, Sejarah Berdiri dan Layanannya

Profil PT Chemco Harapan Nusantara, sejarah berdirinya PT Chemco Harapan Nusantara, layanan PT Chemco Harapan Nusantara dan tanggung jawab sosial perusahaan.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 29 Des 2022, 17:10 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 17:10 WIB
PT Chemco Harapan Nusantara
sumber : chemco.co.id

Liputan6.com, Jakarta PT Chemco Harapan Nusantara merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1987 dan telah mengoperasikan dua pabrik manufaktur di Indonesia. PT Chemco Harapan Nusantara berhasil mempertahankan statusnya sebagai perusahaan unggulan melalui produk berkualitas tinggi yang PT Chemco Harapan Nusantara produksi.

PT Chemco Harapan Nusantara merupakan perusahaan yang menyediakan sistem rem, roda aluminium, bagian performa dan komponen pengecoran yang sangat baik untuk perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM) otomotif. tidak hanya berkecimpung di pasar Indonesia, PT Chemco Harapan Nusantara juga aktif di pasar global.

PT Chemco Harapan Nusantara dikenal dengan landasannya yang kuat untuk menghasilkan produk berkualitas unggul berdasarkan desain produk yang patut dicontoh, sistem manajemen mutu yang kuat, kebijakan perusahaan yang adil dan kontinuitas teknologi dan inovasi produksi. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Chemco Harapan Nusantara yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi chemco.co.id pada Kamis (29/12/2022). Profil PT Chemco Harapan Nusantara, sejarah berdirinya PT Chemco Harapan Nusantara, layanan PT Chemco Harapan Nusantara dan tanggung jawab sosial perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil PT Chemco Harapan Nusantara

Profil PT Chemco Harapan Nusantara
sumber : chemco.co.id

Profil PT Chemco Harapan Nusantara

Didirikan pada tahun 1987, PT Chemco Harapan Nusantara memiliki kantor pusat sendiri dan 2 pabrik produksi di Indonesia. Perusahaan telah mencapai pertumbuhan yang konsisten dengan menyediakan produk-produk berkualitas dari sistem rem, roda aluminium dan komponen pengecoran untuk bisnis OEM otomotif di Indonesia dan di seluruh dunia. 

Produk berkualitas dapat dicapai dengan kolaborasi keahlian R&D Nissin Kogyo co. ltd, Jepang dan teknologi & sistem produksi yang kuat di Indonesia. Dengan pengetahuan dan keahlian yang sama, Chemco juga mampu merancang dan memproduksi suku cadang aftermarket untuk memenuhi pelanggan yang antusias. 

Selama 30 tahun terakhir, dengan kinerja tinggi secara konsisten dan layanan pelanggan yang komprehensif, telah memungkinkan Chemco untuk membangun posisi dominan di Indonesia dan kehadiran yang kuat dan berkembang di pasar luar negeri. Misi kami adalah untuk menghasilkan sistem rem yang andal dan berkualitas tinggi dengan layanan luar biasa dengan tetap menjaga aspek lingkungan dan keselamatan.

Visi : Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan produk PT Chemco Harapan Nusantara dengan percaya diri dan nyaman

Misi : Menjadi salah satu produsen komponen otomotif terbaik di Asia

 

HEAD OFFICE CIKARANG PLANT

Kawasan Industri Jababeka, Jl. Jababeka Raya Blok F No. 19-28, Cikarang - Bekasi 17530, Indonesia

Email : cs@chemco.co.id

Telp : (021) 8934253


Sejarah PT Chemco Harapan Nusantara

Sejarah PT Chemco Harapan Nusantara

PT Chemco Harapan Nusantara didirikan pada tahun 1984 di Jakarta, Indonesia, sebagai perusahaan manufaktur brake system, aluminium casting dan casting wheels. Selama 34 tahun terakhir, kami telah berkembang dari perusahaan lokal berukuran kecil menjadi perusahaan global.

Berikut timeline Momen dan Inovasi Utama Industri Manufaktur Indonesia hingga saat ini. Tujuan dari garis waktu ini adalah untuk menunjukkan bagaimana manufaktur telah berkembang dari waktu ke waktu.

31 Januari 1984 

Awal berdirinya PT. Chemco Harapan Nusantara

PT. Chemco Harapan Nusantara didirikan di daerah Kapuk, Jakarta dengan memproduksi Kampas Rem untuk truk ringan dan truk berat (aftermarket).

 

Maret 1993 

Pabrik baru di Cikarang - Bekasi

Pada tanggal 31 Maret 1993 PT. Chemco Harapan Nusantara meletakkan dasar untuk pabrik baru di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang - Bekasi

 

Januari 1994 

Mulai menggunakan pabrik I dan mengalihkan semua aktivitas dari Kapuk ke Cikarang

Kegiatan proses Non Asbestos untuk pelapisan, proses disc pad Non Asbestos dan proses permesinan body mekanik caliper R2, Assy panel perakitan, Assy caliper R2, Master Cylinder dan lain sebagainya.

 

Februari 2003 

Peletakan batu pabrik baru pertama di Karawang-Jawa Barat

Memproses sepatu rem non-asbes untuk Yamaha R2, membuat pengecoran cetakan dan/DC untuk komponen kecil, dan jalur perekatan otomatis untuk sepatu rem R2


Tanggung Jawab Sosial PT Chemco Harapan Nusantara

Tanggung Jawab Sosial PT Chemco Harapan Nusantara

PT Chemco Harapan Nusantara berkomitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Kontribusi PT Chemco Harapan Nusantara meliputi beberapa aspek yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Sosial Lingkungan. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Pendidikan

Chemco berpartisipasi dalam beberapa program, seperti renovasi gedung sekolah, memfasilitasi fasilitas belajar ( Meja, Kursi, Buku dan Alat Tulis) serta meningkatkan keterampilan siswa melalui pelatihan, Teaching Factory dan praktek kerja industri.

2. Kesehatan

Chemco telah melaksanakan beberapa program yang difokuskan pada peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, seperti penyediaan fasilitas kesehatan, bantuan medis, vaksinasi massal, dan donor darah sebagai bentuk kemanusiaan dan membantu sesama.

3. Lingkungan Sosial

Chemco secara aktif menjalankan beberapa program seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dengan memfasilitasi pembuatan kain untuk industri yang memberdayakan tenaga kerja lokal dan berperan aktif dalam pengurangan emisi CO2. Dengan penggunaan :

- Solar Cell 3.200 kWp Pembangkit Listrik Tenaga Surya

- Pengurangan emisi CO2 sebesar 4.212.414 kg per tahun

- Atap Solar Cell di pabrik Chemco yang dapat menghemat energi sebesar 4.510.080 kWh

4. Kepedulian terhadap Pandemi Covid-19

Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak pandemi Covid-19, Chemco berkontribusi kepada masyarakat dengan menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, APD pada petugas medis dan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. Pembuatan part ventilator yang dapat digunakan untuk setiap pasien Covid-19.


Layanan PT Chemco Harapan Nusantara

Layanan PT Chemco Harapan Nusantara

PT Chemco Harapan Nusantara menerapkan disiplin yang menerapkan prinsip-prinsip teknik, fisika, matematika teknik, dan ilmu material untuk merancang, menganalisis, membuat dan memelihara sistem mekanik. Berikut adalah produk dan layanan yang disediakan PT Chemco Harapan Nusantara.

1. Sistem Rem

PT Chemco Harapan Nusantara bertujuan untuk menjadi pemimpin global yang baru dan kuat dengan memberikan kontribusi besar kepada masyarakat, memberikan keamanan, kenyamanan dan keberlanjutan. Dengan kombinasi teknologi produksi mutakhir dan pengalaman penelitian dan pengembangan selama 34 tahun, PT Chemco mempertahankan sistem rem yang konsisten dan berkualitas tinggi yang dapat dipercaya baik untuk sepeda motor maupun mobil.

Sistem pengereman (Brake System) adalah suatu sistem yang bekerja untuk menahan suatu gerakan. Jika dilihat dari prinsip kerjanya, sistem rem bekerja kebalikan dari sistem kopling. Sistem kopling bekerja untuk mentransmisikan gerakan antara poros penggerak dan poros penggerak.

2. Roda Aluminium

Keahlian dalam produksi velg aluminium menggunakan teknologi pengecoran tekanan rendah untuk roda sepeda motor, mobil dan truk dengan berbagai permukaan akhir. Pemeriksaan X-ray 100%, Pemeriksaan kebocoran 100%, Uji keseimbangan 100% dengan kondisi musim dingin yang keras (dengan lapisan bubuk akrilik) Produksi yang fleksibel dan ramping, pemanfaatan kapasitas tinggi yaitu 950.000 roda per tahun, Ukuran mulai dari 12″ hingga 22″ dengan lebar maksimum 11″. 

3. Bagian Performa

Produk Suku Cadang Kinerja kami memasok sistem pengereman dan penanganan kendaraan. Ada banyak kategori kendaraan yang membutuhkan rangkaian suku cadang performa berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing. PT Chemco dapat menyediakan sistem pengereman dan penanganan untuk kendaraan anda dengan produk aftermarket kami yang berkualitas tinggi.

Untuk kendaraan roda dua, PT Chemco memiliki Samurai Brake Nissin yang berfungsi untuk sistem pengereman sepeda motor pelanggan dan Chemco Wheels untuk tampilan velg sepeda motor pelanggan yang stylish. Untuk kendaraan roda empat, PT Chemco memiliki Torsion Wheels untuk meningkatkan handling dan tampilan mobil.

4. Bagian Pengecoran

Chemco adalah pelopor dan pemimpin produsen pengecoran aluminium di Indonesia dan ASEAN. Produksi utama pengecoran kami adalah suku cadang sepeda motor, mobil penumpang, dan truk. PT Chemco juga memproduksi mesin, yang menuntut persyaratan untuk diproduksi. Sangat penting bagi PT Chemco untuk mencapai kinerja yang memuaskan dengan menggunakan mesin-mesin canggih, mulai dari casting, machining, hingga assembling.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya