Ruang adalah Rongga dalam Rumah, Pahami Cara Mendekor Ruangan yang Tepat

Pengertian ruang adalah kamar, bilik, atau kelas.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 11 Jan 2023, 10:53 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 10:35 WIB
Ruang Adalah Rongga dalam Rumah, Lengkap Desain Interiornya yang Cocok
Ilustrasi kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Ruang adalah suatu istilah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, istilah ruang dalah rongga dalam rumah. Untuk itu, istilah ruangan sangat dekat dengan interior dalam rumah.

Ruang adalah salah satu tempat dalam rumah. Ruangan bisa juga disebut sebagai sudut di dalam rumah atau bangunan yang fungsinya untuk menjadi penyekat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian ruang adalah sela-sela antara dua (deret) tiang atau sela-sela antar empat riang (di bawah kolong rumah), rongga yang berbatas atau terlingkung oleh bidang, rongga yang tidak terbatas, tempat yang ada.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian ruang dan desain interior yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Ruang

Ruang Adalah Rongga dalam Rumah, Lengkap dengan Cara Mendekor Ruangan
Ilustrasi interior kayu. (dok. Collov Home Design/Unsplash.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian ruang adalah kamar, bilik, atau kelas. Dalam perundang-undangan, pengertian ruang adalah wadah yang meliputi daratan, ruang lautan dan ruang udara sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan mahluk lainnya hidup dan mahluk lainnya hidup dan melakukan kegiatan serta memelihara kelangsungan hidupnya.

Ruang adalah bahan terpenting di mata seorang perancang atau arsitektur dan unsur utama dalam desain interior. Dengan adanya ruang, kita tidak hanya bergerak tetapi melihat juga bentuk-bentuk, mendengar berbagai suara, merasakan angin, dan matahari, bahkan merasakan dimensi lain. Ruang mewarisi karateristik estetis dan sensual dalam sebuah rumah.

Pembuatan rumah biasanya menggunakan kayu dan batu bata. Ruang sendiri jika diamati dengan seksama adalah elemen kosong yang tidak berbentuk di suatu rumah atau bangunan. Namun dengan adanya unsur-unsur interior, maka sebuah ruang akan menjadi berbentuk, nyaman, dan menarik.

Aktifitas manusia dalam kehidupannya dan pembangunan yang memanfaatkan ruang cenderung menimbulkan penurunan kualitas ruang. Oleh karena itu mutlak diperlukan langkah-langkah konkrit penataan ruang melalui perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian. Penataan ruang adalah proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang.


Pengertian Ruang Menurut Para Ahli

Ruang Adalah Rongga dalam Rumah, Lengkap dengan Cara Mendekor Ruangan
Dekorasi interior ruang makan dengan bunga dalam vas, karya Total Renov. (dok. Arsitag.com/Dinny Mutiah)

Selain mengetahui pengertian secara umum, anda juga perlu memahami arti ruang menurut para ahli adalah:

Menurut kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia

Kata ruang berasal dari bahasa Latin yakni spatium atau dalam bahasa Inggris spatial. Ruang adalah sebagai tempat di mana terdapat benda-benda terletak di dalamnya, yang sama sebagai wadah. Jika orang mempunyai ruang berarti mempunyai tempat untuk melakukan kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan. Ruang didefinisikan sebagai tempat atau wadah bagi manusia atau makhluk lainnya yang hidup dalam rangka melakukan kegiatan untuk melangsungkan kehidupan di dunia.

Undang-Undang Penataan Ruang

Selanjutnya, menurut Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, ruang adalah sebagai wadah atau tempat yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sedangkan menurut KBBI, pengertian ruang adalah kamar, bilik, atau kelas.


Cara Mendekor Ruangan

Ruang Adalah Rongga dalam Rumah, Lengkap dengan Cara Mendekor Ruangan
Warna putih dan coklat mendominasi bagian interior, mulai dari ruang tamu, kamar-kamar, toilet hingga area dapur. (Foto: via Zillow)

Berikut ini terdapat beberapa cara mendekor sebuah ruangan, yakni:

1. Mengukur

Ini adalah langkah pertama yang penting untuk memastikan bahwa semua perabot yang akan Anda bawa ke dalam ruangan sesuai dengan ruangan. Cara cepat dan mudah untuk memetakan dimensi ruangan Anda adalah dengan mengukur panjang dan lebar ruangan Anda, kemudian mencatat dimensi tersebut pada selembar kertas grafik. Ukur semua furnitur Anda dan catat juga dimensinya pada kertas grafik. Dengan mengukur panjang dan lebar ruangan Anda sebelum membeli furnitur atau mulai menata ulang furnitur, akan lebih menghemat waktu dan uang.

2. Mendesain ulang

Berikutnya, cara mendekor ruangan biar terlihat cantik dan modern adalah mendesain ulang. Dengan menggambar sebuah ruangan dan kemudian membaginya menjadi empat kuadran yang sama, maka akan memudahkan dalam menata furniture yang akan dibeli. Selain itu, pikirkan juga soal warna, desain, dan strukturnya. Kursi atau sofa putih misalnya tampak lebih ringan secara visual daripada yang hitam. Misalnya lagi meja kaca tampaknya memiliki bobot yang lebih ringan dan memakan lebih sedikit ruang di ruangan daripada meja kayu.

3. Membuat sumbu ruang

Selanjutnya, cara mendekor ruangan menjadi lebih modern dan cantik adalah dengan mempertimbangkan sumbu ruangan. Dalam desain, ketika kita berbicara tentang sumbu ruangan, kita mengacu pada ketinggian ruangan. Secara umum, focal point harus mendominasi mata dari lantai hingga langit-langit. Misalnya, jika titik fokus sebuah ruangan adalah perapian, biasanya Anda akan melihat cermin besar atau karya seni yang diletakkan di atasnya seperti lukisan.

4. Mengecek ulang desain dan luas ruangan

Langkah terakhir adalah mengecek ulang desain dan luas ruangan. Setelah dirasa desain dan gambar telah sesuai, maka pengecekan ulang diperlukan untuk meminimalisir kekeliruan. Setelah itu, anda bisa membeli furniture yang sesuai dengan desain dan ukuran ruangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya