Amanah Artinya Dapat Dipercaya Jelaskan Contohnya!

Amanah artinya dapat dipercaya, contohnya sesederhana bisa menepati janji.

oleh Laudia Tysara diperbarui 14 Mei 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 12:00 WIB
FOTO: Belajar Membaca Alquran Selama Bulan Suci Ramadhan di India
Siswa muslim membaca Alquran selama bulan suci Ramadhan di Madinatul Uloom Tahfeez ul Quran, Hyderabad, India, Kamis (7/4/2022). (NOAHSELAM/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Amanah artinya dapat dipercaya yang berasal dari serapan bahasa Arab. Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya! Contoh konkret dari amanah artinya dapat dipercaya bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti saat seseorang dipercayakan untuk menjaga rumah teman atau keluarga yang sedang pergi mudik lebaran. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Allah SWT menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya…” (QS. an-Nisa ayat 58)

Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya, sebenarnya sesederhana seseorang bisa menepati janji kepada orang lain. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, contoh amanah adalah sebagaimana orang-orang bisa menepati janji.

"Tidak sempurna keimanan bagi orang yang tidak amanah, dan tidak sempurna agama seseorang bagi yang tidak memenuhi janji." (HR. Ahmad)

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang amanah artinya dapat dipercaya dan jelaskan contohnya, Minggu (14/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Dipercaya

FOTO: Belajar Membaca Alquran Selama Bulan Suci Ramadhan di India
Seorang siswa muslim membaca Alquran selama bulan suci Ramadhan di Madinatul Uloom Tahfeez ul Quran, Hyderabad, India, Kamis (7/4/2022). (NOAHSELAM/AFP)

Amanah adalah kata serapan dari bahasa Arab yang artinya jujur atau dapat dipercaya. Dalam bahasa Indonesia, amanah memiliki makna pesan atau perintah. Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya!

“Sesungguhnya Allah SWT menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya…” (QS. an-Nisa ayat 58)

Menurut kamus Al-Munawwir, amanah artinya segala yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya. Artinya, amanah bukan hanya sekadar pesan atau perintah biasa, tapi merupakan tugas yang diberikan langsung dari Sang Pencipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI membedakan dua kata penggunaan untuk amanah, yaitu amanah dan amanat. Amanah artinya dapat dipercaya atau sesuatu yang dipercayakan atau dititipkan kepada orang lain. Sedangkan amanat dapat berarti tugas atau tanggung jawab.

Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya, dipaparkan dalam hadis berikut ini. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW bersabda: “Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban perihal rakyat yang dipimpinnya…” (HR. Bukhari dan Muslim)  

Dalam buku berjudul Ensiklopedi Al-Qur’an Kajian Kosakata oleh Ibrahim Mustafa menjelaskan bahwa amanah juga dapat berarti pelunasan dan titipan. Artinya, seseorang yang dipercayakan amanah harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab atas apa yang dititipkan padanya.

Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya! Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, contoh amanah adalah orang-orang yang menepati janji.

"Tidak sempurna keimanan bagi orang yang tidak amanah, dan tidak sempurna agama seseorang bagi yang tidak memenuhi janji." (HR Ahmad)

Secara umum, dalam bahasa Indonesia, amanah artinya berkaitan dengan dipercayakan atau dititipkan sesuatu oleh orang lain. Amanah artinya dapat dipercaya jelaskan contohnya! Makna ini menunjukkan bahwa contoh perilaku amanah memiliki nilai kepercayaan dan kejujuran yang tinggi.

”Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. al-Anfal ayat 27)


Contohnya

Semangat Anak-Anak Muslim Kashmir Belajar Baca Alquran saat Ramadan
Anak-anak Kashmir saat menghadiri kelas pembacaan Al-Quran di sebuah madrasah lokal selama bulan Ramadan di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, (30/5). (AP Photo / Mukhtar Khan)

Amanah artinya sesuatu yang dipercayakan atau dititipkan kepada orang lain. Amanah artinya dapat dipercaya dan jelaskan contohnya!

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Bahwa sahabatnya bertanya “Bagaimana amanah itu disia-siakan, ya Rasulullah?” Rasulullah bersabda, “Apabila sebuah persoalan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saatnya (kiamat).”

Ini contoh lain dari amanah artinya dapat dipercaya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

  1. Uang dalam sebuah bisnis. Dalam sebuah bisnis, uang seringkali menjadi amanah yang harus dipercayakan pada orang lain. Sebagai contoh, seorang pengusaha dapat mempercayakan keuangan bisnisnya pada seorang akuntan atau bendahara agar uang tersebut diatur dengan baik.
  2. Kunci rumah. Kunci rumah merupakan amanah yang sering dipercayakan pada orang lain. Biasanya, kita memberikan kunci rumah pada keluarga atau teman dekat yang dapat diandalkan untuk menjaga rumah dan barang-barang di dalamnya.
  3. Informasi pribadi. Informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, dan data lainnya juga merupakan amanah yang harus dipercayakan pada orang lain. Kita harus memilih orang yang bisa dipercaya untuk tidak menyalahgunakan informasi pribadi tersebut.
  4. Barang berharga. Barang berharga seperti perhiasan, emas, atau surat berharga adalah amanah yang harus dijaga dengan baik. Kita dapat mempercayakan barang-barang tersebut pada bank atau tempat penyimpanan barang berharga lainnya.
  5. Jabatan atau posisi. Jabatan atau posisi dalam sebuah organisasi atau perusahaan juga merupakan amanah yang harus diemban dengan baik. Seseorang yang memegang jabatan atau posisi tertentu harus bertanggung jawab dan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
  6. Pekerjaan atau proyek. Pekerjaan atau proyek yang diberikan pada seseorang juga merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik. Orang yang menerima amanah tersebut harus menjalankan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab atas hasilnya.
  7. Kesehatan. Kesehatan adalah amanah yang harus dijaga dengan baik. Setiap orang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatannya sendiri, dan juga harus membantu orang lain dalam menjaga kesehatannya.
  8. Amanah agama. Amanah agama seperti menjalankan ibadah, menunaikan zakat, dan lain sebagainya, merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh setiap umat beragama.
  9. Amanah moral. Amanah moral seperti menjaga kejujuran, menghindari perilaku yang merugikan orang lain, dan lain sebagainya, merupakan amanah yang harus dijaga oleh setiap individu.
  10. Lingkungan. Lingkungan adalah amanah yang harus dijaga dan dilestarikan oleh manusia. Setiap orang harus bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar untuk kebaikan bersama.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya