14 Makanan Khas Kebumen Jawa Tengah, Penuh Cita Rasa Istimewa

Jangan lewatkan kuliner ini di Kebumen.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 19 Mei 2023, 03:30 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 03:30 WIB
makanan tradisional-kezo
ilustrasi masakan/pexels

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Kebumen Jawa Tengah punya beragam cita rasa yang menarik dicoba. Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang punya banyak potensi wisata, termasuk wisata kuliner. Makanan khas Kebumen Jawa Tengah menjadi kebanggaan kuliner bagi masyarakat sekitar.

Makanan khas Kebumen Jawa Tengah ini punya beragam bentuk mulai dari sate, soto, makanan manis, hingga camilan untuk oleh-oleh. Makanan khas Kebumen Jawa Tengah menjadi bagian yang tak boleh terlewat saat singgah di kota ini.

Deretan makanan khas Kebumen Jawa Tengah ini bisa ditemui di sepanjang sudut kota dengan mudah. Tak sedikit pula makanan khas Kebumen Jawa Tengah cocok dijadikan oleh-oleh. Berikut makanan khas Kebumen Jawa Tengah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (2/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

Ayam Panggang Pecel
Ilustrasi Ayam Credit: pexels.com/pixabay

Sate Ambal

Sate Ambal merupakan olahan sate ayam kampung yang berasal dari Kecamatan Ambal, Kebumen. Keistimewaan sate ini terletak pada bumbunya. Bumbu sate ambal terbuat dari tempe rebus yang dihancurkan hingga halus. Bumbu Sate Ambal memiliki konsistensi ender berwarna kuning kecokelatan. Bumbu sate ini memiliki cita rasa gurih, manis, dan pedas.

Ayam Es Bening

Ayam Es Bening merupakan makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang berasal dari Desa Es Bening, Kebumen. Ayam ini merupakan olahan ayam kampung goreng yang sudah dibumbui dengan rempah khas. Ayam ini bisa disimpan di dalam freezer hingga jangka waktu 5 bulan.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

Soto Daging Sapi Madura
Ilustrasi Soto Credit: pexels.com/pixabay

Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan merupakan kuliner yang sangat terkenal di Kebumen. Soto Ayam Petanahan disantap bersama potongan ketupat. Soto ini dikenal dengan kuahnya yang kental. kuning, dan kaya akan rasa rempah yang hangat.

Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun merupakan soto yang terkenal di daerah Tamanwinangun, Kebumen. Soto ini seperti soto pada umumnya yang berisi tauge, kubis, bihun, dan suwiran daging ayam. Soto ini banyak dijual di malam hari di Kebumen.

Soto Tahu

Soto Tahu khas Kebumen terbuat dari engkol, toge dan tahu Kebumen yang disiram dengan kuah sambal kacang. Kuliner satu ini mulai jarang dijumpai. Soto Tahu cukup populer di daerah Petanahan.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

Nasi Goreng
Ilustrasi Nasi Credit: pexels.com/Trista

Nasi Penggel

Nasi Penggel merupakan makanan khas Kebumen Jawa Tengah yang cocok disantap pada pagi hari. Nasi Penggel berisi nasi hangat dengan sayur lodeh, ptotngan nangka muda dan olahan jeroan seperti babat kikil dan tetelan. Nasi ini disajikan di atas daun pisang pincuk. Banyak penjual Nasi Penggel membolehkan pembelinya untuk mengambil nasi sendiri sesuai porsi yang diinginkan.

Yutuk Goreng

Makanan khas Kebumen Jawa Tengah selanjutnya adalah Yutuk Goreng. Yutuk merupakan jenis hewan laut yang banyak hidup di pesisir pantai. Yutuk termasuk hewan bercangkang yang mirip dengan undur-undur.

Biasanya yutuk diolah menjadi peyek, bakwan dan beragam camilan lainnya. Yutuk juga tersedia dalam bentuk goreng yang cocok dimakan dengan nasi hangat.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

Lanting
Lanting (sumber: Wikipedia)

Jipang Kacang

Jipang kacang merupakan camilan khas Kebumen yang populer. Makanan ini terbuat dari kacang tanah dan gula merah. Kacang tanah disangrai dengan pasir lalu ditumbuk kasar dan dicampur dengan gula merah cair. Jipang dibentuk kotak dan dibungkus dengan daun pisang. Camilan ini punya cita rasa manis dan gurih.

Lanting

Camilan yang tak kalah terkenal di Kebumen lainnya adalah lanting. Lanting menjadi oleh-oleh primadona di Kebumen. Lanting terbuat dari olahan singkong yang dibentuk dua bulatan seperti angka delapan. Makanan khas Kebumen Jawa Tengah punya rasa yang gurih dan manis.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

Pisang Sale
Pisang Sale (Sumber: wikimedia)

Sale pisang

Makanan khas Kebumen Jawa Tengah selanjutnya adalah sale pisang. Oleh-oleh khas ini dibuat dengan cara mengiris pisang tipis dan dijemur hingga kering. Pisang kemudian digoreng dan biasanya diolah bersama gula untuk memberi cita rasa manis di dalamnya.

Bengkoang Kebumen

Kebumen juga dikenal dengan produksi bengkoangnya. Di Kebumen bengkoang hampir bisa dipanen sepanjang tahun. Bengkoang Kebumen terkenal dengan kulitnya yang putih dan manis.

Serabi Kebumen

Camilan khas Kebumen yang tak boleh terlewat lainnya adalah Serabi Kebumen. Serabi ini terbuat dari tepung beras, kanju, kelapa parut, santan, dan ragi.


Makanan khas Kebumen Jawa Tengah

ilustrasi dodol (sumber: iStocphoto)
ilustrasi jenang (sumber: iStocphoto)

Jenang Sabun

Jenang Sabun terdapat di daerah kecamatan Petanahan. Jenang ini termasuk makanan tradisional yang makin jarang ditemukan. Jenang Sabun terbuat dari ketela pohon, gula jawa dan legen. Jenang Sabun punya cita rasa manis dan legit yang nikmat. Jenang Sabun bisa ditemkan di daerah Petanahan.

Kethek

Makanan khas Kebumen Jawa Tengah ini terbuat dari sisa atau ampas pembuatan minyak kelapa. Ampas ini dibumbui dengan cabai, garam, kencur, gula, bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas. Campuran ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Biasanya, kethek disantap dengan nasi hangat, tempe goreng atau juga dengan getuk.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya