8 Cara Efektif untuk Move On dan Bahagia Lagi Usai Jadi Korban Ghosting Gebetan

Move on dari ghosting memang membutuhkan waktu dan usaha, tapi percayalah, kamu pasti bisa melewatinya.

oleh Miranti diperbarui 05 Sep 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 18:03 WIB
perempuan sedih ghosting putus cinta
ilustrasi sedih/photo created by freepik - www.freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Dighosting memang menyakitkan. Ketika seseorang yang kamu pedulikan tiba-tiba menghilang tanpa penjelasan, rasa kecewa dan bingung pasti menyeruak. Namun, ingatlah bahwa kamu tidak sendirian dan ada jalan keluar dari situasi ini.

Move on dari ghosting memang membutuhkan waktu dan usaha, tapi percayalah, kamu pasti bisa melewatinya. Mulailah dengan mengakui perasaanmu. Jangan takut untuk merasa sedih, marah, atau bingung. Menahan emosi hanya akan memperpanjang proses penyembuhan.

Nah di bawah ini akan dipaparkan secara lengkap mengenai tips efektif untuk move on setelah jadi korban ghosting gebetan. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (05/09/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Akui Perasaanmu dan Jangan Menahannya

perempuan sedih
gambar tentang move on dari ghosting/Foto oleh Trần Long dari Pexels

Merasa sedih, marah, atau bingung adalah hal yang normal setelah mengalami ghosting. Jangan mencoba untuk menolak atau menyembunyikan perasaan-perasaan ini. Dengan mengakui perasaanmu, kamu akan lebih mudah untuk melepaskannya.


2. Cari Tahu Alasan di Balik Tindakannya

patah hati merenung galau berpikir
gambar move on dari ghosting/Foto oleh Toàn Văn/Pexels

Meskipun tidak selalu mudah, mencoba memahami alasan di balik tindakannya dapat membantumu menerima kenyataan. Namun, ingatlah bahwa kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi.


3. Putuskan Semua Kontak dengannya

couple kencan romantis
gambar move on dari ghosting/Foto oleh Hồ Thành

Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya kamu memutuskan semua kontak dengan orang yang telah meng-ghosting-mu. Hal ini termasuk memblokir nomor teleponnya, menghapus akun media sosialnya, dan menghindari tempat-tempat yang mungkin kamu temui dengannya. 


4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir
Ilustrasi diam, tenang, kalem, diri sendiri, berpikir. (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Manfaatkan waktu ini untuk fokus pada dirimu sendiri. Lakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti membaca buku, menonton film, atau berolahraga. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.


5. Kembangkan Hobi dan Minat Baru

Ilustrasi fotografi, kamera
Ilustrasi fotografi, kamera. (Photo by Fidel Fernando on Unsplash)

Mencoba hal-hal baru dapat membantumu mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang kamu alami. Carilah hobi atau minat baru yang dapat membuatmu merasa lebih hidup.


6. Lingkungi Dirimu dengan Orang-Orang Positif

Pinjam
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Berkumpul dengan orang-orang yang positif dan mendukung dapat membantumu merasa lebih baik. Mereka dapat memberikan semangat dan perspektif baru dalam hidupmu. 


7. Jangan Takut untuk Memulai Hal Baru

Ilustrasi sahabat, teman, curhat, kepercayaan
Ilustrasi sahabat, teman, curhat, kepercayaan. (Photo by Melissa Askew on Unsplash)

Setelah kamu merasa lebih baik, jangan ragu untuk membuka lembaran baru dalam hidupmu. Cobalah hal-hal yang selama ini kamu takut untuk lakukan. Dengan begitu, kamu akan menemukan versi diri yang lebih baik dan percaya diri.


8. Bangun Kembali Rasa Percaya Diri

Ilustrasi wanita menghabiskan waktu bersama teman-temannya
Seorang istri yang juga menjadi mahasiswa juga dapat mengerjakan tugas bersama teman-temannya sembari menghabiskan waktu bersama agar tidak tertekan (Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Mengalami ghosting bisa merusak rasa percaya diri. Cobalah untuk mengingat kualitas baik yang kamu miliki dan pencapaian yang telah kamu raih. Berinvestasi dalam aktivitas yang membangun kepercayaan dirimu dan mengingatkan diri sendiri tentang nilai dirimu.

Setelah kamu merasa lebih baik, jangan ragu untuk membuka lembaran baru dalam hidupmu. Cobalah hal-hal yang selama ini kamu takut untuk lakukan. Dengan begitu, kamu akan menemukan versi diri yang lebih baik dan percaya diri.

Ingatlah, proses penyembuhan membutuhkan waktu. Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Yang terpenting adalah kamu terus berusaha untuk menjadi lebih baik.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya