Din Syamsuddin: MUI Bakal Temui 5 Parpol Islam 1-2 Hari ke Depan

Din menuturkan, silaturahmi ini nantinya hanya dihadiri sesama partai Islam tanpa adanya partai nasionalis.

oleh Widji Ananta diperbarui 21 Apr 2014, 19:15 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2014, 19:15 WIB
[FOTO] 66 Ormas Islam Ajak Parpol Islam Bersatu
Ketua MUI Din Syamsuddin di Gedung MUI, menuturkan forum ini sama sekali tidak membahas tentang kriteria calon pemimpin yang akan diusung, (21/4/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Forum Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (FUI MUI) bakal segera menggelar pertemuan dengan pimpinan 5 parpol Islam. Mereka masih berharap ada kemungkinan Poros Tengah jilid II terbentuk kembali pada Pilpres 2014 ini.

Ketua PP Muhammadiyah yang tergabung dalam FUI-MUI, Din Syamsuddin mengatakan, pertemuan dengan parpol Islam akan dilakukan 1-2 hari ke depan.

"Melakukan langkah-langkah Insya Allah dalam 1-2 hari ini kita upayakan ada silahturahim ada pertemuan antara MUI dengan sejumlah ketua umum ormas-ormas Islam dengan para pimpinan partai-partai Islam," ujar Din ketika hendak meninggalkan kantor MUI, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Siapa sajakah kelima parpol itu? "PAN, PKB, PKS, PBB dan PPP," ucap Din.

Din menuturkan, silaturahmi ini nantinya hanya dihadiri sesama partai Islam tanpa adanya partai nasionalis. "Besok itu hanya partai Islam, nggak ada partai nasionalis. Kita terus upayakan untuk pertemuan itu," ujar Din.

Lebih jauh Din Syamsuddin mengatakan, peran Muhammadiyah sebagai wadah yang mengakomodasi bersatunya partai Islam. Menurutnya, masyarakat muslim sangat menginginkan persatuan parpol Islam dalam mengusung tokoh capres dan cawapres.

"Forum FUI-MUI yang mengetuk hati parpol Islam untuk bangun koalisi strategis didorong dengan banyaknya aspirasi, harapan dan dambaan umat islam yang banjir agar mendorong parpol islam tuk bisa bersatu. Kami ingin mengakomodasi dan meneruskan itu kepada parpol Islam. Ada 66 ormas di tingkat pusat," tutur Din.

Din melanjutkan, alasan kedua mengapa Muhammadiyah terus mendorong seluruh parpol Islam bersatu adalah untuk menembus 32% suara dalam Pilpres 2014.

"Kami mendorong agar perolehan suara yang 32% yang signifikan menjadikan parpol islam sebagai kekuatan besar. Kalau digabung jumlahnya lebih besar dari parpol mana pun," pungkas Din. (Anri Syaiful)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya