Pemkot Depok Jamin Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadhan 2023

Pemkot Depok mengimbau masyarakat untuk tidak bersikap konsumtif berlebihan selama Ramadhan 2023, sehingga inflasi tetap terjaga.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 19 Mar 2023, 12:06 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2023, 11:45 WIB
Monitoring Kebutuhan Sembako di Pasar Agung Depok Jelang Ramadan
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi melakukan monitoring kebutuhan sembako di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berusaha memastikan pasokan kebutuhan pokok menjelang dan selama Ramadhan 2023 tetap aman. Selain itu, Pemerintah Kota Depok akan menjaga inflasi Month to Month (MTM) sebesar 0,37 persen.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengendalikan inflasi selama Ramadhan 2023. Salah satunya dengan melakukan inspeksi mendadak ke pasar Tradisional.

“Akan melakukan operasi pasar murah dan memantau harga per harinya,” ujar Idris, Minggu (19/3/2023).

Berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah Kota Depok, pergerakan inflasi MTM atau dari bulan ke bulan mencapai 0,37 persen. Hal itu berdasarkan data yang dimiliki pada periode Februari 2023.

“Sedangkan inflasi Year on Year atau YOY sebesar 6,20 persen, terhitung sejak Februari 2022 sampai Februari 2023,” tegas Idris.

Idris menjelaskan, walaupun pasokan kebutuhan pokok dipastikan aman dan tercukupi, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kenaikan harga. Namun kenaikan harga tersebut terjadi pada beberapa komoditi kebutuhan pokok.

“Tapi karena permintaan banyak terjadi kenaikan harga barang tertentu, seperti beras, cabai merah, telur, dan bawang bombai,” jelas Idris.

Kenaikan harga beberapa komoditi tersebut merupakan kebutuhan konsumsi selama Ramadhan. Namun kenaikan harga lainnya akan berubah dan berbeda menjelang hari raya Idul Fitri di sejumlah pasar Kota Depok.

“Rata-rata kebutuhan konsumsi di bulan Ramadhan, nanti jelang Idul Fitri beda lagi," ucap Idris.


Jangan Konsumtif Berlebihan Selama Ramadhan

Pemkot Depok Jamin Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadhan 2023
Salah satu pedagang menjual kebutuhan pokok di UPT Pasar Cisalak, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Pemerintah Kota Depok memiliki strategi lain dan akan mengikuti arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Nantinya, Pemerintah Kota Depok akan berkoordinasi dengan wilayah lain untuk mencegah kenaikan inflasi di Kota Depok.

“Diarahkan Gubernur Jabar, dapat melakukan kerja sama, berkoordinasi dengan daerah lainnya terkait barang yang pasokannya kurang yang bisa mempengaruhi inflasi,” terang Idris.

Idris menambahkan, masyarakat Kota Depok tidak konsumtif berlebihan menjelang maupun selama Ramadhan. Hal itu dapat mengakibatkan terjadinya kenaikan inflasi di Kota Depok.

“Jangan berfoya-foya atau mengkonsumsi berlebihan selama Ramadhan karena berdampak pada inflasi,” pungkas Idris.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya