Doa untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya, Memohon agar Cepat Pulih

Simak bacaan doa untuk orang sakit perempuan dan artinya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 20 Apr 2023, 17:15 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 17:15 WIB
Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya, Memohon Agar Cepat Pulih
Ilustrasi Mimpi Melihat Orang Sakit Credit: pexels.com/Rodnae

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk orang sakit perempuan dan artinya perlu dipahami oleh setiap muslim. Penyakit bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa dari laki-laki sampai perempuan. Sakit termasuk bentuk ujian dari Allah SWT.

Ketika orang terdekat seperti ibu, istri, kakak, adik, maupun teman wanita anda sedang sakit, bacaan doa untuk orang sakit perempuan dapat membuatnya lebih tegas dan terus berjuang agar cepat pulih.

Setiap umat Islam diajarkan untuk mendoakan orang yang sakit agar cepat pulih dan sehat kembali. Ada bacaan doa untuk orang sakit perempuan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan bisa Anda amalkan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa untuk orang sakit perempuan dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bacaan Doa untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya

Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya, Memohon Agar Cepat Pulih
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Dikutip dari hadis yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra, berikut ini bacaan doa untuk orang sakit perempuan dan artinya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا 

Arab Latin: Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Masih dalam kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi, dalam riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, terdapat bacaan doa untuk orang sakit perempuan lain yang dianjurkan oleh Rasulullah saw dilafalkan sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Berikut bacaannya:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Arab Latin: As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka. 

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan 'arasy yang megah agar menyembuhkanmu."


2. Bacaan Doa untuk Orang Sakit Secara Umum

Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya, Memohon Agar Cepat Pulih
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Rasulullah SAW membaca doa untuk orang sakit berikut ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang dijenguk:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

Selain itu, doa selanjutnya yang bisa dibacakan untuk memohon kesembuhan pada orang yang sedang sakit. Berikut doa orang sakit:

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: "Hilangkanlah penyakit wahai Tuhan segala manusia. Di tangan-Mu kesembuhan. Tak ada yang menghilangkan penyakit, selain dari pada-Mu sendiri."

Tak sampai disitu, ada lagi doa untuk orang sakit yang bisa dipanjatkan. Seperti ketika menjenguk Sa'ad bin Abi Waqash sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW membaca doa untuk kesembuhan orang sakit berikut ini:

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. 

Artinya: “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Doa untuk orang sakit yang lainnya juga meliputi:

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”


3. Cara Mendoakan Orang Sakit

Doa Untuk Orang Sakit Perempuan dan Artinya, Memohon Agar Cepat Pulih
Ilustrasi Orang Sakit Credit: pexels.com/cottonbro

a. Berniat karena Allah SWT

Cara mendoakan untuk orang sakit yang pertama adalah dengan niat melakukannya hanya karena Allah Ta'ala. Mendoakan orang sakit adalah perbuatan yang baik, maka sudah sepatutnya Anda meniatkan hal tersebut untuk mengharap ridha dan pahala Allah SWT. Ada baiknya Anda juga membawa sedikit buah tangan seperti kue atau buah untuk diberikan kepada orang yang sedang sakit tersebut.

b. Menyebutkan nama penjenguk

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah menyebutkan nama. Hal ini berlaku ketika menjenguk orang sakit, anda bisa mengenalkan diri supaya orang yang sedang sakit itu pasti akan merasa senang dan diingat. Baru kemudian lanjutkan dengan mendoakannya.

c. Duduk dekat kepala

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah duduk dekat dengan kepala atau bagian samping dari posisi kepalanya. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan orang-orang soleh sesudahnya. Hal ini diriwayatkan oleh Anas RA, yang berkata: "Apabila Nabi Muhammad menjenguk orang yang sakit, beliau duduk di sisi kepalanya." (HR.Bukhari).

d. Berjabat tangan

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah berjabat tangan. Hal ini sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhamad, yakni menjabat tangan, memegang kening, tangan, atau bagian tubuh lainnya dari orang yang sedang sakit. Hal ini dilakukan sebagai wujud kasih sayang dan perhatian. 

Rasulullah bersabda; "Merupakan kesempurnaan menjenguk orang yang sakit adalah salah seorang kalian meletakkan tangannya pada wajahnya atau tangannya, kemudian bertanya bagaimana keadaannya. Dan, kesempurnaan penghormatan di antara kalian adalah berjabat tangan." (HR Ahmad dan Thabrani).

e. Bertanya kondisi penyakitnya

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah bertanya kondisi penyakitnya. Dengan begitu, anda sudah menunjukkan bentuk kepedulian terhadap sesama dan mencoba memahami kondisi pasien.

f. Hibur orang yang sedang sakit

Cara mendoakan untuk orang sakit yang berikutnya adalah menghibur orang yang sedang sakit. Hal ini untuk memberikan semangat dan dapat membantu mereka merasa lebih yakin untuk bisa sembuh, dan merasakan emosi yang lebih positif meski tengah diuji dengan penyakit. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya