60 Kata-Kata Bijak Islami tentang Sabar, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Salah satu motivasi agar menjadi seseorang yang penyabar adalah dengan kata-kata mutiara. Kata-kata mutiara islami tentang sabar yang mengandung makna sangat berarti bagi kehidupan dan membantu seseorang untuk bersikap sabar.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 02 Jun 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 08:30 WIB
Sumber: freepik
Ilustrasi sabar. Sumber: freepik

Liputan6.com, Jakarta - Sabar merupakan tindakan menahan diri dari emosi atau hal-hal yang ingin dilakukan. Sabar juga bisa diartikan bertahan dan tidak mengeluh ketika menghadapi musibah.

Islam mengajarkan agar seorang muslim selalu sabar atas segala hal yang menimpanya. Sabar merupakan tombak utama keimanan seseorang. Semakin dia bersabar, semakin tinggi pula tingkat keimanannya.

Orang yang sabar akan mendapatkan kemenangan pada waktunya. Orang yang sabar juga akan dijaga dan mendapatkan balasan dari Allah SWT atas kesabarannya. Keutamaan bagi orang yang sabar telah disebutkan dalam hadis nabi.

Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran.” (HR Bukhari No 1469)

Meski sabar itu penting dan memiliki banyak manfaatnya, namun tidak semua orang memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Bahkan, ada yang mengakui kesabarannya hanya setipis tisu.

Salah satu motivasi agar menjadi seseorang yang penyabar adalah dengan kata-kata mutiara. Kata-kata mutiara islami tentang sabar yang mengandung makna sangat berarti bagi kehidupan dan membantu seseorang untuk bersikap sabar.

Mengutip Brilio.net, berikut adalah kumpulan kata-kata mutiara islami tentang sabar yang penuh makna dan menyentuh hati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kata-Kata Islami tentang Sabar

Ilustrasi sabar
Ilustrasi sabar. (Photo created by benzoix on www.freepik.com)

1. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

2. "Allah tidak pernah mengatakan bahwa jalan hidup akan mudah. Tapi, Dia mengatakan 'Aku akan bersama dengan mereka yang mau bersabar'."

3. "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)." - QS Al-A’raf: 126

4. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar." - QS Ar-Ruum: 60

5. "Kunci utama dari kehidupan yang bahagia terletak pada tiga perkara, yakni bersyukur dalam keadaan apa pun, bersabar atas kesulitan dan ikhlas menerima segala ketetapan (takdir) Allah SWT."

6. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."

7. "Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu." - QS Luqman: 17

8. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."

9. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

10. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

11. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

12. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - QS Al-Insyirah: 5

13. "Janganlah kamu berdukacita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS At-Taubah: 40

14. "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar." - QS Al-Baqarah: 155

15. "Ketika hal-hal terlalu sulit untuk ditangani, mundurlah dan hitung berkat-berkat yang telah kamu peroleh."

16. "Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." - QS Al-Baqarah: 153

17. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." - QS Asy-Syuura: 43

18. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." - HR. Tirmidzi

19. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS Al-Baqarah: 216

20. "Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." - QS Huud: 115


Kata-Kata Islami tentang Sabar

Ilustrasi kata-kata, mutiara bijak, Islami, kesabaran
Ilustrasi kata-kata, mutiara bijak, Islami, kesabaran. (Photo on Freepik)

21. "Dalam hidup, kadang kamu harus menerima bahwa tak semua harapan jadi kenyataan. Dan yang kamu butuhkan adalah keberanian untuk merelakan."

22. "Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci." - Imam Al Ghazali

23. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." -Jalaludin Rumi

24. "Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah." - Ibnu Mas’ud

25. "Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan." - Umar bin Khattab

26. "Terkadang kita harus bersabar dan mengikhlaskan semua yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan."

27. "Kesabaran adalah kunci masuk untuk semua kenikmatan yang bertahan lama."

28. "Sabar dalam menjalani hidup dan sabar dalam menyelesaikan masalah merupakan langkah pendewasaan diri kamu."

29. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Bersabarlah, karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih.

30. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

31. "Tapi, sungguh siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama, dan menakjubkan seperti kupu-kupu.”

32. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

33. "Tidak ada waktu untuk mengeluh. Sabar, ikhlas, lalu lanjutkan hidupmu."

34. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

35. "Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri." - Buya Hamka

36. "Dan kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar?." - QS Al-Furqan: 20

37. "Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti nggak sabar." - Gus Dur

38. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." - HR. Bukhari

39. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan, dan mulut tidak mengeluh." – Ibnu Qayyim

40. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."


Kata-Kata Islami tentang Sabar

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati Tentang Sabar dan Ikhlas
Ilustrasi Muslimah Credit: shutterstock.com

41. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

42. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

43. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."

44. "Sabar adalah sikap yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Seberat apa pun, akan lebih mudah diselesaikan dengan kesabaran."

45. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Allah."

46. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

47. "Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupannya." QS Al-Baqarah: 286

48. "Sabarlah, perlahan hati akan membaik setelah itu."

49. "Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

50. "Apa yang akan ku dapatkan kalau aku bersyukur? 'Rezekimu akan bertambah.' Kalau aku bersabar? 'Hatimu akan dilapangkan.'"

51. "Tersenyumlah, jangan kau risaukan hal-hal yang tak bisa kau selesaikan sekarang asalkan kau sabar, Allah akan memberimu jalan."

52. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Allah , semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

53. "Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita untuk memikirkan jalan keluar hingga penat, Allah hanya meminta kita sabar dan salat."

54. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan kesabaran."

55. “Keterpurukan mengajari kita untuk belajar bangkit dalam hal apa pun dan setiap keterpurukan mengajari kita untuk selalu belajar bertahan dan sabar dalam memeranginya, tetap semangat untuk esok.”

56. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi karena tidak ada apa pun di dunia ini yang abadi." - Imam Syafi'i

57. "Dunia ini ibarat bayangan, kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

58. "Saat kita sabar dan tabah atas segala penghinaan dan kata-kata manusia, saat itulah Allah akan memberi kita kemuliaan."

59. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagian yang lebih."

60. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya dadakan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya